Yuk Simak Perhitungan Kapasitas dan Perawatan Sand Cyclone

Pabrik kelapa sawit yang dibangun di sekitar perkebunan kelapa sawit, membutuhkan beberapa alat untuk kegiatan produksi minyak kelapa sawit itu sendiri. Proses pengolahan sawit tersebut melalui beberapa tahapan dan menggunakan beberapa mesin. Sand Cyclone merupakan satu diantara beberapa mesin yang digunakan di pabrik kelapa sawit. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai sand cyclone termasuk juga perawatan alat ini pada industri kelapa sawit.

Pemakaian Sand Cyclone di Industri Kelapa Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Sand Cyclone di Pabrik Kelapa Sawit

Perhitungan kapasitas alat biasanya dapat dilihat dari rincian mesin yang digunakan dalam proses produksi. Umumnya kapasitas alat yang digunakan untuk pengolahan sawit yaitu beberapa ton. Dan tidak menutup kemungkinan untuk proses pengolahan dengan kapasitas olah yang lebih tinggi, menggunakan alat dengan kapasitas yang lebih besar pula. Beberapa sand cyclone di pabrik kelapa sawit, memiliki kapasitas sekitar 3 ton/jam.

  1. Cara Perawatan Sand Cyclone di Pabrik Kelapa Sawit

Alat ini menggunakan sistem pembuangan pasir dengan menggunakan gaya sentrifuge. Penggunaan alat yang memang sudah sesuai dengan prosedur menjadi salah satu perawatan paling sederhana. Namun, seiring dengan pemakaian yang semakin sering, maka bukan tidak mungkin jika nantinya terjadi gangguan dalam penggunaannya sehingga membutuhkan perawatan khusus. Perawatan beberapa alat yang ada di pabrik sawit sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli.

  1. Sparepart Mesin Sand Cyclone di Pabrik Sawit

Sand Cyclone terdiri dari beberapa bagian yang saling mendukung satu sama lain untuk menjalankan sebuah fungsi dari sand cyclone itu sendiri. Penggunaan setiap komponen dinilai penting, sehingga harus dijaga dengan baik. Beberapa pabrik biasanya melakukan ready stock terhadap komponen  dari mesin ini. Ada baiknya melakukan perawatan pada setiap bagian tersebut, agar nantinya tidak sampai terjadi kerusakan sehingga harus dilakukan pergantian.

  1. Service dan Perawatan Sand Cyclone Pabrik Sawit

Setiap alat yang digunakan di pabrik, membutuhkan perawatan secara berkala. Ada baiknya hal ini diserahkan kepada mereka yang sudah ahli di bidangnya sendiri. Tentunya mereka lebih mengetahui mengenai kerusakan dan perawatan yang harus dilakukan pada mesin tersebut. Anda juga bisa menggunakan jasa dari perusahaan yang memang menyediakan layanan untuk melakukan perawatan dan service sand cyclone pabrik sawit, sehingga menjadi lebih mudah.

  1. Pergantian VORTEX & Cone Sand di Pabrik Sawit

Seiring berjalannya waktu, setiap alat atau mesin akan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Biasanya ini terjadi karena penggunaan yang terlalu lama. Atau bisa jadi karena beban kerja yang terlalu besar pada komponen tersebut. Sebagaimana misalnya jika terjadi pada sand cyclone, sehingga dibutuhkan pergantian VORTEX dan Cone Sand.

Anda tidak perlu khawatir, karena jika pergantian harus dilakukan dengan membeli di luar negeri dengan jarak yang cukup jauh. Ada beberapa perusahaan di Indonesia yang memang menyediakan VORTEX dan Cone Sand untuk kebutuhan industri sawit, dengan berbagai merek dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan mesin yang anda gunakan di pabrik kelapa sawit.

Itulah beberapa informasi mengenai sand cyclone yang ada di pabrik kelapa sawit. Penempatan dari alat ini biasanya sebelum continuous settling tank maupun sebelum decanter. Adapun perbedaan antara inflow dan outflow sebaiknya minimal 2 bar. Perawatan alat juga meliputi perhatian terhadap ceramic cone agar tidak terjadi aus maupun kebocoran saat digunakan dalam proses pengolahan kelapa sawit. Dengan demikian, proses produksi dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply