Yuk Simak Penggunaan Alat Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Yuk Simak Penggunaan Alat Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Yuk kita belajar tentang vibratory feeder di pabrik sawit,

Sudah merupakan rahasia umum bahwa perkebunan kelapa sawit adalah salah satu komoditas yang begitu berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Dimana olahan yang paling familiar adalah minyak goreng, yang dalam prosesnya memerlukan berbagai alat mesin canggih. Salah satu mesin canggih dalam pengolahan sawit yaitu vibratory feeder.

Mengenal Vibratory Feeder Pada Pengolahan Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Vibratory Feeder merupakan alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pengolahan minyak kelapa sawit. Perhitungan kapasitasnya sendiri disesuaikan dengan kapasitas alat ketika digunakan pertama kali. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja dari produk itu sendiri.

Yang mana umumnya kapasitas dari suatu alat atau mesin yang digunakan dalam pabrik, bisa diketahui melalui spesifikasinya. Perhitungan ini perlu dilakukan sebelum digunakan dalam proses produksi selanjutnya, agar mesin tidak menanggung beban terlampau besar. Adapun kapasitas dari vibratory feeder pada pabrik kelapa sawit umumnya bisa mencapai 7 ton/jam.

  1. Cara Perawatan Vibratory Feeder dan Permanent Magnet di Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan dari berbagai alat di pabrik kelapa sawit harus dilakukan secara berkala, termasuk juga vibratory feeder. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang sesuai dengan kapasitas beban yang dimilikinya. Perawatan ini dilakukan sebagai upaya menghindari terjadinya kerusakan pada vibratory feeder maupun mesin lainnya, yang bisa menghambat produksi.

  1. Sparepart Vibratory Feeder ERIEZ & ENMIN di Pabrik Sawit

Vibratory feeder yang berguna untuk mencegah penyumbatan ini memiliki beberapa merek. Namun yang biasa digunakan pada pabrik kelapa sawit yaitu ERIEZ dan ENMIN. Kedua merek tersebut telah banyak dikenal memiliki kualitas yang memadai, dan sesuai dengan kebutuhan dari berbagai pabrik kelapa sawit yang ada. Adapun kinerjanya ini tidak terlepas dari sparepart nya.

  1. Service dan Perawatan Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Untuk melakukan perawatan yang baik pada suatu alat, maka anda harus rajin melakukan pengecekan berkala terhadap vibratory feeder tersebut. Perawatan yang dilakukan ini bertujuan agar mesin di pabrik sawit bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, tanpa harus membeli mesin yang baru. Mengingat bahwa vibratory feeder ini tidak dijual dengan harga yang murah.

Sehingga untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin yang bisa berakibat fatal pada seluruh proses pengolahan, maka dilakukan perawatan secara rutin. Sementara apabila vibratory feeder mengalami kerusakan, maka anda bisa menggunakan jasa tukang service yang handal di bidangnya untuk mengatasi masalah mesin pabrik tersebut.

  1. Pergantian Sparepart Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Alat yang digunakan secara terus menerus tentunya lama kelamaan akan mengalami aus dan terjadi penurunan kinerja yang cukup signifikan. Hal ini bisa berakibat langsung terhadap pemberhentian proses produksi. Meski sudah dilakukan perawatan berkala sekalipun, namun setiap mesin tentunya suatu saat perlu dilakukan penggantian sparepart.

Pergantian sparepart dengan komponen yang baru, bisa memperbaiki mesin sehingga dapat digunakan kembali seperti sedia kala. Saat ini beberapa perusahaan di Indonesia sudah menyediakan stok sparepart vibratory feeder dari berbagai brand terkenal, yang dijual menyesuaikan mesin milik pelanggan. Sehingga anda tidak perlu repot melakukan pembelian luar negeri.

Vibratory feeder biasanya digunakan bersama dengan permanen magnet, dan menjadi salah satu alat yang digunakan dalam proses produksi minyak kelapa sawit. ERIEZ dan ENMIN adalah vibratory feeder yang banyak digunakan di pabrik kelapa sawit Indonesia. Untuk ERIEZ, model yang populer di antaranya yaitu model 36 C dengan controller model SDV21.

Leave a Reply