Yuk Simak, Cara Mudah Memperbaiki Genset di Pabrik Kelapa Sawit

Genset di Pabrik Kelapa Sawit adalah salah satu sumber listrik alternatif yang cukup populer digunakan sekarang ini. Dengan menggunakan genset maka suatu pabrik memiliki pasokan listrik cadangan. Namun anda juga perlu mengetahui kemudahan menggunakan genset pun juga mengalami beberapa kerusakan. Bermacam masalah dapat muncul seiring dengan pemakain genset pada sebuah pabrik. Nah yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki genset.

Cara Mudah Memperbaiki Genset Rusak

Untuk memperbaiki genset yang bermasalah anda bisa melakukan menstarter genset yang sudah dalam keadaan lemah atau habis. Cobalah untuk mengisi ulang aki yang sudah habis atau menggantinya dengan aki yang baru sebagai langkah untuk memperbaiki genset yang rusak. Cara mengatasi kerusakan lainnya adalah dengan membenarkan kabel yang tidak tersambung. Mungkin saja ada beberapa kabel yang tidak tersambung sehingga membuat genset tidak bisa difungsikan.

Lakukanlah pengecekan dengan melihat apakah ada kabel yang terputus di dalam genset. Apabila ada maka cobalah untuk menyambungkan kembali kabel yang tersambung. Apabila mesin tidak bisa dihidupkan, bukan berarti keadaan motor starter yang rusak. Nah untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan penggantian motor starter yang baru.

Apabila genset tiba tiba saja mati ketika dinyalakan maka ada beberapa kemungkinan kerusakan pada genset. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut pertama adalah adanya air di tangki bahan bakar. Untuk mengatasinya anda harus membuang air pada tangki bahan bakar sekaligus semua saluran tangki bahan bakar yang menuju ke mesin genset.

Mesin genset yang tiba tiba mati setelah berhasil dihidupkan bisa terjadi karena terdapat bagian lubang ventilasi yang tersumbat. Untuk mengatasinya perbaikilah semua lubang ventilasi tesebut untuk kembali menyalakan genset yang rusak. Terdapatnya bagian yang tersumbat terhadap saringan bahan bakar, bisa diatasi dengan membersihkan saringan tersebut atau dapat menggantinya dengan saringan yang baru.

Selain karena beberapa hal yang menyebabkan ganset tidak bisa dihidupkan, ada beberapa kemungkinan masalah yang menjadi hilangnya mesin pada ganset. Seperti kondisi mesin yang sudah aus sehingga perlu untuk dilakukan pergantian. Bisa juga disebabkan karena patahnya bagian pegas kutub, namun bisa diatasi dengan menggangti pegas yang baru.

Penggunaan Daya Listrik Untuk Pabrik Kelapa Sawit

Apabila anda ingin menggunakan genset untuk proses produksi, maka anda harus bisa menghitung berapa banyak listrik yang anda butuhkan untuk menyalakan ganset dalam pabrik. Beban listrik yang dibutuhkan oleh sebuah pabrik ini bisa dihitung dengan menggunakan alat pengukur yang bernama amperemeter. Sedangkan energi listrik yang terpakai terukur melalui kWh-meter yang terdapat pada masing masing pmbangkit listrik.

Umumnya penggunaan daya listrik untuk proses pengolahan lebih dominan sebesar 77,62%. Sementara itu beban domestic menempati urutan kedua mencapai 16,75%, dan beban lain berupa head office, kantor pabri, dan penerangan jalan akan memiliki beban listrik yang ringan yaitu sebesar 0,5 – 3%.

Sehingga penggunaan untuk beban ini tidak terlalu berpengaruh besar terhadap daya yang ditanggung pembangkit. Namun berapa banyak listrik yang digunakan tergantung dari seringnya pemakaian genset itu sendiri. Tentunya energi alternatif ini tidak dijadikan sumber utama untuk penggunaan mesin pabrik kelapa sawit.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara memperbaiki ganset dan juga gambaran kebutuhan listrik untuk genset itu sendiri. Anda bisa mencoba beberapa cara untuk bisa memperbaiki ganset yang rusak. Apabila anda sudah mencoba berbagai cara, cobalah untuk menghubungi tukang perbaikan genset yang akan membantu anda memudahkan mengatasi ganset yang rusak.

Leave a Reply