Yuk Mengenal Sparepart Rotary Brush Strainer di Pabrik Kelapa Sawit

Untuk mengolah kelapa sawit menjadi minyak goreng tentu membutuhkan proses yang panjang dan melewati beragam mesin pengolah yang ada di pabrik. Kelapa sawit sendiri merupakan komoditi utama di Indonesia yang membantu pemasukan perekonomian di negeri. Untuk proses yang diolah ini membutuhkan mesin yang canggih salah satunya adalah brush stainer dalam mesin pengolahan minyak. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Brush Strainer Alat Untuk Menyaring Kotoran

Brush strainer adalah alat yang ditempatkan pada pipa antara clarifier tank dengan sludge separator yang berfungsi untuk mengurangi jumlah pasir dan padatan kasar. Selain itu brush strainer juga berfungsi untuk menyaring kotoran fiber dan lumpur yang masih terikat pada sludge dengan cara tekanan pompa dan penyaringan yang meggunakan strainer screen.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penyumbatan pada nozzle sludge centrifuges dan memaksimalkan pengutipan minyak dari sludge. Alat ini sebenarnya terbuat dari logam atau porelein yang dapat memisahkan lumpur atau pasir secara gravitasi dengan bantuan pompa.

Untuk mengaktifkan pemisahan ini akan sering ditambahkan alat yang berfungsi untuk menstabilkan aliran dan tekanan pada ujung cone alat, sehingga pasir akan turun dan keluar melalui siphon. Untuk mengetahui kapasitas brush stainer sendiri dari spesifikasi mesin tersebut. Proses pengolahan akan sangat dipengaruhi oleh kapasitas beban yang diperoleh dari masing masing rotary brush strainer.

Bisa jadi dalam satu mesin memiliki kapasitas yang berbeda beda, karena kebutuhan produksi dari setiap pabrik tentunya tidak sama. Anda harus lebih teliti untuk memperhatikan spesifikasi mesin yang anda beli untuk penunjang produksi kelapa sawit. Perlu diingat bahwa setiap komponen mesin yang digunakan pada pabrik, tentunya memiiki fungsi yang berbeda. Meskipun komponen komponen berada dalam satu mesin.

Brush strainer sendiri terdiri dari saringan dan sikat gigi yang berputar. Saringan dalam alat tersebut memiliki fungsi untuk memisahkan material sedangkan skat gigi yang berputar akan mempercepat pemisahan alat itu sendiri. Kondisi sparepart yang masih baru memiliki performa yang lebih baik untuk proses pengolahan.

Beberapa macam sparepart yang bisa digunakan adalah nozzle housing, nozzle duart, liner low, liner uppear, glad nut dan masih banyak lainnya. Sebaiknya anda harus meperhatikan keadaan mesin lebih sering dan rutin untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak atau sudah waktunya ganti. Sehingga tidak akan menganggu aktivitas produksi minyak kelapa sawit.

Cara Perawatan dan Service Rotary Brush Strainer

Tidak hanya menggunakan, anda tentu harus memperhatikan perawatan dari sebuah mesin pabrik kelapa sawit. Cara untuk melakukan perawatan ini terbilang gampang gampang susah. Untuk menangani mesin pabrik kelapa sawit, maka anda bisa menyerahkannya ke ahli yang sudah berpengalaman dalam mengurusi mesin kelapa sawit.

Perawatan harus dilakukan cukup intens apabila sudah digunakan cukup lama. Hal ini karena kondisi mesi yang terlalu lama dipakai akan memiliki kondisi yang menurun sehingga membutuhkan pergantian mesin. Namun penggunaan secara terus menerus dan tidak disertai perawatan juga akan membuat umur alat yang semakin pendek. Untuk itu penting bagi anda untuk melakukan perawatan serta service mesin yang menunjang produksi pabrik kelapa sawit.

Itulah ulasan singkat mengenai rotary brush strainer yang memiliki peran untuk menyaring debu dalam sebuah pabrik kelapa sawit. Hampir semua komponen mesin yang ada di pabrik kelapa sawit memiliki peran yang sangat penting. Oleh karenanya anda harus selalu memperhatikan kondisi mesin pabrik kelapa sawit  sehingga bisa menjaga produksi minyak kelapa tetap bisa berjalan seperti biasanya.

9 Comments

  1. It is really a nice and useful piece of info. I am happy that you simply shared this useful info with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  2. Ιt’ѕ aϲtually a nice and uѕeful piece of info.
    I’m satisfied that you simply shared tһis helpful info
    wiith սs. Please keeр us uр tо date ⅼike tһis.
    Thanks for sharing.

    Take a loⲟk at my website; brush strainer

  3. My brother suggested Ӏ migһt like this blog. He was entіrely right.
    Tһis post tгuly maxe mү ɗay. You cann’t imagine just hߋw much time I had spent for thіѕ info!

    Thɑnks!

    Feel free to visit my blog post – rotary brush strainer model cb

  4. Its like you read my mind! You appear to know a lot approximately this, like you wrote the e-book in it or something.
    I feel that you simply could do with a few p.c. to power the message house a bit,
    but other than that, that is great blog. A fantastic read.
    I will definitely be back.

  5. I think this is among the most important information for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark
    on few general things, The web site style is wonderful, the articles is really nice :
    D. Good job, cheers

  6. Post writing is also a excitement, if you be acquainted with after that you can write if not it is difficult to write.

  7. It’s great that you are getting thoughts from this article as well as from our argument made at this time.

  8. I am not sure where you are getting your info,
    but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding
    more. Thanks for wonderful info I was looking for this info for my mission.

  9. Hello, its fastidious paragraph concerning media print, we all know media is a impressive
    source of facts.

Leave a Reply