Yuk Kenali Crane Pabrik Sawit / Hoist, Pemindah FFB pada hopper thresher di Pabrik Sawit

Yuk Kenali Crane Pabrik Sawit.

Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal dengan industri kelapa sawitnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perkebunan sawit yang ada di Indonesia beserta dengan pabrik kelapa sawitnya. Di dalam pabrik kelapa sawit, terdapat beberapa alat untuk pengolahan, diantaranya crane / hoist. Alat ini berfungsi untuk memindahkan fresh fruit bunch (FFB) pada hopper thresher. Pada pembahasan kali ini, akan disinggung mengenai crane / hoist tersebut.

Penggunaan Crane / Hoist di Industri Kelapa Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Crane/ Hoist di Pabrik Sawit

Kapasitas setiap unit alat harus disetarakan dengan kapasitas alat yang berada di awal proses, begitupun dengan kapasitas pada crane / hoist. Faktor ini harus diperhatikan dengan baik, mengingat akan berpengaruh dengan kapasitas pemakaian tenaga dan investasi. Ketidak seimbangan kapasitas pada setiap alat pengolahan bisa menyebabkan pemborosan energi.

  1. Cara Perawatan Crane/ Hoist di Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan alat menjadi bagian yang tak kalah penting dalam proses produksi. Begitupun dengan mesin crane / hoist di pabrik kelapa sawit. Apalagi penggunaan alat yang dilakukan secara terus menerus dengan beban kerja yang sama, bisa menyebabkan penurunan kinerja dari alat itu sendiri. Selain itu, mesin yang sudah tidak beru juga lebih rawan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Perawatan pada mesin bertujuan untuk menghindari hal tersebut.

  1. Sparepart Mesin Crane/ Hoist DEMAG dan SWF Krantechnik di Pabrik Sawit

Bagi produsen minyak kelapa sawit, memahami spare part dari mesin untuk mengolah kelapa sawit sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dari proses pengolahan, sehingga dapat mengefektifkan setiap tahapannya. Ada beberapa merk dari mesin crane / hoist, salah satunya yang terbaik adalah DEMAG dan SWF Krantechnik. Beberapa sparepart dari mesin ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, mulai dari jutaan hingga puluhan juta.

  1. Service dan Perawatan Crane/ Hoist DEMAG dan SWF Krantechnik Pabrik Sawit

Penggunaan crane / hoist di pabrik kelapa sawit membutuhkan service dan perawatan. Service biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dan memahami mesin tersebut dengan baik. Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan service dan perawatan crane / hoist. Namun, anda juga perlu memilih perusahaan yang menyediakan service dengan pelayanan yang baik, untuk menjamin kualitas perbaikan pada alat tersebut.

  1. Pergantian Wire Rope, Rope Guide, Travel Wheel di Crane/ Hoist DEMAG dan SWF Krantechnik

Wire Rope, rope guide, travel wheel merupakan beberapa bagian dari crane / hoist. Wire Rope adalah tali kawat baja yang dibuat dari beberapa wire yang selanjutnya dipilin membentuk strand. Pergantian komponen di crane/ hoist diperlukan jika terjadi salah satu bagian yang sudah tidak berfungsi. Penggantian Wire Rope, rope guide, dan travel wheel sebaiknya dilakukan dengan memilih merk terbaik, yang sudah terjamin kualitasnya.

Pergantian bagian mesin dengan kualitas yang kurang baik dapat menyebabkan penggunaan alat produksi yang kurang maksimal. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan komponen tersebut dalam waktu yang tidak lama. Tentunya hal ini dapat menyebabkan penambahan biaya pada proses pengolahan minyak sawit.

Itulah beberapa informasi mengenai crane / hoist di pabrik kelapa sawit. Pemahaman  tentang crane / hoist, bagian dan sistem kerjanya, serta cara menghitung kapasitas, dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membuka industri kelapa sawit. Dengan pemilihan barang yang tepat, maka proses produksi pada pengolahan minyak sawit dapat dimaksimalkan.

Leave a Reply