Yuk Intip Pemisahan Inti dan Cangkang dengan Hydrocyclone Pabrik Sawit

Hydrocyclone Pabrik Sawit sudah banyak ditemukan di Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan. Pembuatan minyak dari kelapa sawit di PKS (pabrik kelapa sawit), melibatkan sejumlah alat  untuk mengolah kelapa sawit tersebut, diantaranya hydrocyclone. Alat ini berfungsi untuk memisahkan antara inti dan cangkang yang terdapat dalam cracked mixture sesuai dengan perbedaan berat jenis. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai hydrocyclone pabrik sawit.

Pemisahan Inti dan Cangkang dengan Hydrocyclone

  1. Cara Menghitung Kapasitas Hydrocyclone Pabrik Sawit

Cara menghitung kapasitas hydrocyclone sebenarnya tidak sulit, karena biasanya sudah sesuai dengan spesifikasi dari alat itu sendiri. Alat yang digunakan dalam industri kelapa sawit biasanya sudah disetting dengan kapasitas produksi yang diinginkan. Untuk meningkatkan kualitas olahan dan meningkatkan kapasitas dari alat itu sendiri, dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi kerja dari mesin mesin produksi yang ada di pabrik kelapa sawit, sebagaimana dengan hydrocyclone.

  1. Cara Perawatan Hydrocyclone Pabrik Kelapa Sawit

Pemakaian alat yang dilakukan secara terus menerus, harus diimbangi dengan perawatan alat itu sendiri. Perawatan alat yang digunakan di pabrik pengolahan sawit bisa dilakukan dengan penggunaan alat yang sesuai dengan kapasitas olah. Perawatan pada hydrocyclone dapat meningkatkan kecepatan aliran di dalam hydrocyclone dan efektifitas jerja dari alat ini. Perawatan harus diserahkan kepada teknisi yang memang sudah ahli di bidang tersebut.

  1. Sparepart Mesin Hydrocyclone Pabrik sawit

Sparepart pada suatu alat atau mesin, merupakan komponen yang mendukung fungsi dari alat tersebut di dalam proses pengolahan minyak kelapa sawit. Setiap mesin di pabrik terdiri dari sparepart, sebagaimana dengan hydrocyclone di pabrik kelapa sawit. Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan sparepart mesin pabrik seperti hydrocyclone. Namun, sebaiknya perhatikan keaslian dari sparepart tersebut dan pengalaman perusahaan distributor yang menyediakan sparepart.

  1. Service dan Perawatan Mesin Hydrocyclone Pabrik Sawit

Perawatan mesin menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kegiatan produksi. Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan service dan perawatan mesin hydrocyclone pabrik sawit. Sayangnya, tidak semua perusahaan dapat memberikan perbaikan yang tepat. Untuk itu, anda perlu memilih perusahaan yang memang terjamin dalam memberikan layanan terbaik untuk service dan perawatan, agar nantinya alat tersebut dapat digunakan secara efektif pada pengolahan minyak sawit.

  1. Pergantian Spare Part di Mesin Hydrocyclone Pabrik Sawit

Sparepart menjadi hal yang penting, agar suatu alat dapat dijalankan dengan baik. Ada kalanya suatu mesin membutuhkan sparepart, apabila sudah aus sehingga tidak berfungsi lagi saat digunakan bersama mesin tersebut. Tentunya dibutuhkan penggantian sparepart, agar proses produksi tidak terganggu. Biasanya sparepart didapatkan di luar negeri dengan stok yang lebih banyak. Namun, untuk kebutuhan produksi yang mendesak, sebaiknya anda membeli di distributor lokal.

Selain lebih mudah dalam mendapatkan barang, perusahan lokal juga menyediakan berbagai merk dari sparepart. Tentunya sparepart ini harus disesuaikan dengan mesin yang anda gunakan. Ketidaksamaan sparepart dan mesin yang anda punya, bisa menyebabkan kinerja alat yang tidak maksimal. Selain itu, alat justru akan lebih mudah mengalami kerusakan.

Itulah beberapa informasi mengenai alat hydrocyclone. Hydrocyclone biasanya digunakan di stasiun pengolahan biji. Alat ini banyak digunakan sebagai pemisah, lantaran konstruksinya yang sederhana serta cara pemakaiannya yang lebih mudah. Selain itu, biaya perawatan dari alat ini tergolong minim. Setelah dilakukan pemisahan inti dan cangkang, maka selanjutnya dilakukan pengeringan inti hingga kadar air sesuai dengan ketentuan.

Leave a Reply