Yuk Intip Berbagai Komponen di Dalam Mesin Sand Cyclone di PKS

Dalam menghasilkan minyak pada industri kelapa sawit, PKS memiliki beragam mesin yang digunakan untuk pengolahan buah sawit itu sendiri. Salah satu mesin yang tidak kalah penting pada proses pengolahan ini yaitu sand cyclone, yang bertugas langsung menjaga kemurnian dari minyak sehingga tidak ada pasir dan lain sebagainya yang terikut.

Sparepart Mesin Sand Cyclone di Pabrik Sawit

  1. Sparepart Sand Cyclone Di Pabrik Kelapa Sawit: Valve, Top Cylinder, Gasket, Ceramic Cone, Festo Pneumatic Actuator, Solenoid Valve, Ball Valve

Kegunaan serta fungsi dari mesin sand cyclone untuk menyaring pasir serta berbagai material lainnya, hingga menghasilkan minyak yang jernih, tidak terlepas dari kinerja komponen penyusunnya. Dimana alat satu ini terdiri dari valve, top cylinder, gasket, ceramic cone, festo pneumatic actuator, solenoid valve, dan ball valve yang masing masing memiliki fungsinya tersendiri.

  1. Material Sparepart Sand Cyclone Di Pabrik Kelapa Sawit

Berbagai komponen penyusun dari mesin sand cyclone terbuat atas bahan material berbeda beda, tergantung juga pada kegunaan dari komponen itu sendiri. Beberapa material penyusun yang umumnya digunakan yaitu stainless steel wetted parts dan teflon vortex cone, yang memiliki bahan anti karat dan lebih awet dalam pemakaiannya.

  1. Pergantian Sparepart Sand Cyclone Di Pabrik Kelapa Sawit

Semakin lamanya suatu alat atau mesin digunakan pada sebuah proses produksi, maka alat tersebut akan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Hal ini sangat wajar terjadi, karena akibat dari penggunaan yang terlalu lama. Atau mungkin saja hal tersebut timbul sebagai akibat dari adanya beban kerja yang terlampau besar pada suatu alat.

Oleh sebab itu pergantian pada beberapa komponen ini perlu dilakukan, agar mesin bisa bekerja kembali pada kondisi prima. Hal ini juga berlaku pada mesin sand cyclone, sehingga dibutuhkan pergantian pada cone sand dan vortex maupun komponen lainnya. Terdapat beberapa perusahaan di Indonesia yang telah menyediakan vortex dn cone sand yang berkualitas.

  1. Service Dan Perawatan Sand Cyclone Di Pabrik Kelapa Sawit

Sama halnya dengan semua alat atau mesin lainnya yang ada di pabrik sawit yang membutuhkan perawatan, maka sand cyclone juga perlu dirawat dengan baik. Perawatan ini dilakukan sesuai dengan jenis mesin serta kapasitasnya. Dimana cara perawatannya sendiri juga tidak lepas dari prosedur atau teknik penggunaan mesin tersebut.

Untuk service nya, ada baiknya bila diserahkan pada tenaga ahli yang telah berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu kerusakan yang terjadi pada mesin sand cyclone dapat diidentifikasi dengan baik dan tepat, langsung pada akar permasalahannya. Anda juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan yang menawarkan service mesin pabrik kelapa sawit.

  1. Cara Perawatan Spare Part Sand Cyclone Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin sand cyclone di pabrik sawit menggunakan sistem pembuangan pasir dengan gaya sentrifuge. Pengetahuan mengenai seluk beluk serta prosedur dari alat ini perlu dipelajari terutama oleh bagian operator mesin tersebut. Ini menjadi salah satu bentuk perawatan mendasar pada mesin sand cyclone, karena penggunaan yang salah juga bisa berakibat pada kerusakan mesin.

Penempatan dari sand cyclone sendiri umumnya ada di sebelum continous settling tank ataupun sebelum decanter, dimana letak penempatan ini juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pemilik usaha. Agar efisiensi waktu pengolahan bisa diterapkan pada seluruh rangkaian proses produksi dari kelapa buah kelapa sawit di suatu pabrik tersebut.

Leave a Reply