Yuk Cari Tau Cara Tepat Service dan Perawatan Sand Cyclone di Pabrik Kelapa Sawit

Dalam sebuah pabrik kelapa sawit tentu terdapat banyak sekali peralatan mesin pabrik yang mendukung untuk menghasilkan minyak yang berkualitas baik. Salah satunya adalah sand cyclone part yang merupakan suku cadang yang berfungsi untuk mengambil pasir halus yang masih terdapat pada sludge. Yuk simak ulasan mengenai sand cyclone yang membantu untuk memisahkan buah kelapa sawit berikut.

Mengenal Sand Cyclone (Pengolahan Sludge)

Alat ini umumnya ditempatkan sebelum cairan diolah dalam slude operatir. Penggunaan alat ini berfungsi untuk memisahkan pasir dengan sistem saring. Penyaring tersebut terdiri dari fibre yang jarang jarang sehingga pasir dan lumpur akan tersaring dengan baik. Alat ini dianggap kurang efektif untuk menyaring volume alat yang kecil, sehingga waktu tunggu pun akan membutuhkan waktu yang lama.

Pemisahan tersebut dilakukan dengan prinsip sentifuse di mana bagian dengan berat yang lebih akan terlempar keluar dan dialirkan ke bagian bawah. Sedangkan bagian dengan berat jenis yang lebih ringan akan terlempar ke bagian tengah yang kemudian dialirkan ke sand cyclone. Sand cyclone terdiri dari cyclone, ceramic cone, actuator, desanding pump, presserue gauge dan timer control. Spearpart presseure gauge dipasangkan pada inlet dan outle sand cyclone.

Kemudian setting timer control memiliki fungsi untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup pembuangan pasir di sand cyclone. Timer control ini disetting pada posisi menutup selama lima menit sedangkan membuka akan membutuhkan waktu 15 detik. Sementara itu kapasitas dari mesin ini mencapai 15 ton per jamnya. Tanpa adanya komponen di dalam mesin, maka sand cyclone tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Prosedur Operasional Sand Cyclone

Ada beberapa tahap untuk melakukan prosedur iperasional sand cyclone ini. Pertama adalah proses pengambilan pasir pada sand cyclone akan berhasil baik apabila ceramic cone dalam bentuk baik atau tidak mengalami aus. Biasanya perbedaaan tekanan antara inlow dan outflow minimal dua bar. Anda juga harus memperhatiakn pembuangan pasir pada tangki penampung agar tidak selalu penuh.

Rajinlah untuk selalu memeriksa dan memperhatikan ceramic cone atau stainless steel cone dalam keadaan baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya keausan dan juga kebocoran pada mesin sparepare. Pompa sludge dari sludge tanks juga harus selalu diarahkan ke sand cyclone. Selalu perhatikan cara kerja peralatan otomatik listrik pada saat pembuangan pasir pada tangki penampung, waktu pengeluaran pasir dan waktu pemasukan air.

Umumnya alat ini jarang sekali dipakai karena kurang efektif. Hal ini disebabkan karena ukuran penyaringan yang kecil sehingga membutuhkan banyak waktu. Banyak pembisnis yang menilai hal ini adalah pemborosan karena operator jaringan jarang untuk membuang lumpur. Apabila dibuang ke lumpur maka akan mengandung minyak yang lebih tinggi dan keluar dari slude separator.

Sementara untuk perawatan mesin ini harus selalu dilakukan pengecekan secara berkala. Hal ini untuk menghindari mesin yang rusak dan tidak berfungsi secara normal. Jangan sampai saat anda ingin menggunakan mesin tersebut justru akan beberapa komponen mesinnya bermasalah. Lakukan pergantian mesin secara berkala ketika mesin sudah aus, sehingga memudahkan anda untuk menggunkannya.

Dengan memanfaatkan secara maksimal fungsi dari sand cyclone pada mesin pabrik, maka mesin akan bisa bekerja dengan maksimal untuk menghasilkan minyak kelapa sawit yang berkualitas. Anda harus rutin untuk mengganti mesin yang sudah aus dan tidak bisa digunakan lagi sehingga daya yang dihasilkan akan maksimal. Selalu lakukan pengeceken secara rutin pada mesin pabrik kelapa sawit anda ya.

Leave a Reply