Yuk Cari Tahu Macam Macam Mesin Sparepart Digaster Pabrik Sawit yang Wajib Anda Tahu

Digester adalah mesin di pabrik kelapa sawit yang memiliki fungsi untuk melumatkan brondol atau buah kelapa sawit melalui roses pengadukan. Biasanya kecepatan untuk pengadukan ini memiliki kecepatan pengadukan sekitar 25 hingga 26 rpm di dalam sebuah bejana silinder tegak. Tanpa adanya mesin digester maka penghancuran kelapa sawit tidak akan mudah. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

 

Mengenal Mesin Sparepart Digester Pabrik Kelapa Sawit

Fungsi utama mesin digester pabrik kelapa sawit adalah untuk melumatkan buah kelapa sehingga daging buah kelapa bisa terpisah dengan bijinya. Hal ini untuk memudahkan proses press buah sawit selanjutnya. Alat yang digunakan ialah screw press yang berfungsi untuk press kelapa sawit dengan maksimak. Cara kerja digester dan perancangan mesin biasa dilakukan oleh Tim R&D ada sebuah pabrikan kelapa.

Kapasitas digester sendiri beragam mulai dari 3000 liter, 3500 liter, 4000 liter, 4500 liter, 5000 liter dan 6000 liter. Semakin besar ukuran diameter digaster maka akan semakin baik, dimana waktu retensi minyak akan semakin lama. Untuk menjaga hasil kelumatan digeter ini agar terjaga dengan baik, maka anda harus mengetahui cara kerja digester kelapa sawit. Tentunya anda juga harus menjaga mesin sparepar digester dengan main misalnya di bagian short arm, long arm, expeller arm dan lain sebagainnya.

Ukuran yang dipilih harus mamu memenuhi kebutuhan alat yang ada dengan kualitas dan bahan yang sesuai kebutuhan. Anda harus mengetahui bahwa masa aduk sangat berhubungan erat dengan hydraulic press yang bisa mencapai 60 menit. Sehingga akan dibutuhkan waktu digester waktu sekitar 60 menit, maka waktu untuk screw press cukup 30 menit saja.

Ada beberapa bagian dari digester yang merupakan komponen wajib untuk dimiliki. Apabila tidak ada komponen ini maka sebauh digester tidak akan bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Salah sat bagian yang penting adalah wearing plat yang berfungsi untuk melindungi outerplate dari abrasive akibat gesekan dengan dinding silinder digester.

Wearing plat sendiri memiliki bentuk yang sama dengan outer plate namun terbuatd ari plat mild steel 5 mm. Hal ini kemudian mengakibatkan murahnya biaya penggantian spare part. Selanjutnya adalah rock wall atau heating isolator yang merupakan lapisan isolator anas setebal 50 mm dengan bagian terluar dilapisi dengan alumunium doil 0,8 mm thick.

Cara Perawatan Mesin Sparepart Digester

Masih banyak lagi bagian dari digester yang wajib ada untuk sebuah alat pengadukan stirring arm. Untuk proses perawatan mesin digester pun tidaklah rumit, anda harus selalu memperhatikan alat mesin setiap kali penggunaan. Jangan sampai ada komponen mesin yang aus dan sudah tidak layak pakai karena akan menyebabkan terhambatnya proses produksi.

Anda bisa membelikan alat yang baru atau menggantinnya dengan sparepart. Beberapa masalah yang timbul biasanya karena tumpatnya perforasi bottom plate akibat tertutup fibre. Untuk mencegah tertutupnya lubang perforasi botton plate karena fibre bisa dilakukan dengan menginjeksikan uap sebelum digester, sehingga tekanan akan mendorong padatan yang ada. Pada tahap akhir digester harus benar benar kosong dan kembali steam diinjeksikan kembali.

Nah itulah ulasan singkat mengenai spareart digester yang akan membantu untuk proses produksi. Ada baiknya anda harus memperhatikan mesin digester untuk kelancaran produksi pabrik kelapa sawit. Hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pada proses produksi. Anda juga harus bisa menyesuaikan berapa banyak  ukuran untuk melakukan proses digester. Selalu pastikan jika kapasitas digester sesuai dengan ukuran mesin yang ada.

Leave a Reply