Yuk Cari Tahu Karakterisitik Turbin Uap Shinko Untuk Pabrik Kelapa Sawit

Teknologi mesin yang berkembang tentunya akan membantu meringankan pekerjaan manusia. Seperti diketahui pabrik kelapa sawit adalah salah satu pabrik yang bergantung pada tenaga mesin yaitu turbin uap. Selama ini turbin uap shinko sudah dipercaya untuk membantu menjalankan proses industri yang tengah berlangsung dalam pabrik. Yuk simak ulasan menarik mengenai karakteristik dan jenis jenis mesin turbin berikut.

Turbin Pabrik Sawit Shinko RB4M dan RB5M

Turbin pabrik sawit RB4M adalah salah satu jenis turbin uap merk shinko yang telah diproduksi oleh perusahaan Jepang. Daya yang dihasilkan dari jenis turbin ini adalah kemampuan untuk mengubah energi panas uap air menjadi energi listrik. Turbin uap ini juga biasa digunakan saat akan menghantarkan daya pada alat atau mesin yang digunakan dalam proses pengolahan.

Sementara itu turbin uap RB4M memiliki beberapa output yang maksimum sebesar 10.000 KW. Dengan output sebegitu besarnya, maka tekanan uap yang dihaslkan sebesar 2.5 MpaG Glad Seal dengan sistem Labyrinth packing serta sistem lubrikasi yang memiliki empat katup pipa kontrol. Berbeda dengan turbin uap RB5M yang memiliki output maksimum yang lebih besar serta tekanan uap mencapai 0.5 MpaG.

RB5M sendiri merupakan turbin uap yang diproduksi oleh perusahaan yang sama. Kedua turbin ini juga memiliki fungsi yang sama hanya saja tekanan yang dihasilkan berbeda. Memiliki tekanan uap 0.5 MpaG dan output maksimum sebesar 16.000 KW, mesin ini memiliki sistem labyrinth packing serta sistem lubrikasi yang memiliki lima katur pipa kontrol.

Komponen dan Bagian Mesin Uap Turbin Kelapa Sawit

Tentunya agar mesin bisa beroperasi sesuai dengan fungsinya ada beberapa komponen utama yang akan membentuk turbin uap. Turbin uap adalah salah satu jenis turbin yang menggunakan media utama berupa uap air yang akan merubah energi panas menjadi energi listrik dengan cara konversi. Komponen lainnya adalah pompa air yang berfungsi menciptakan tekanan air dan mengalirkannya menuju boiler.

Kondensor juga komponen penting dari mesin tubin karena berfungsi untuk mengubah uap menjadi air. Selanjutnya adalah dearator yang berfungsi untuk menghilangkan oksigen dan gas lainnya yang terlarut dalam air pengisi. Selain komponen turbin ada beberapa bagian penting pembentuk mesin yang ada di dalam mesin uap turbin.

Bagian yang paling penting adalah poros dan casing turbin yang menggunakan sistem labyrinth seal. Shaft seal pada turbin  memiliki fungsi untuk mencegah uap air serta udara masuk melalui sela sela poros dan casing karena memiliki perbedaan tekanan. Selain itu ada juga bagian turbine bearing yang memiliki fungsi tak kalah penting dengan bebeapa bagian lainnya. Mesin ini memiliki fungsi untuk menambah bera dan diam komponen rotor.

Balance piston adalah bagian turbin yang memiliki fungsi untuk melawan gaya reaksi yang dapat menghasilkan gaya aksial pada sisi belakang silinder pertama turbin. Sementara itu ada juga turbine stop valves yang berfungsi untuk mengisolasi turbin dari pemasukan air dalam keadaan darurat. Selain stop velves, ada juga control valve yang berfungsi untuk mengontrol masukan uap air agar sesuai dengan sisem kontrol.

Itulah beberapa penjasan mengenai bagian dan komponen yang ada di dalam turbin uap pada mesin untuk pabrik kelapa sawit. Dengan menggunakan bantuan dari turbin uap ini maka produksi minyak kelapa sawit pun akan lebih maksimal. Anda bisa memilih untuk menggunakan mesin turbin Shinko RB4M atau mesin shinko RB5M yang memiliki kapasitas dan tenaga yang berbeda.

Leave a Reply