Turbin Uap Shinko di Pabrik Kelapa Sawit

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia. Tidak heran, jika Indonesia memiliki banyak perkebunan sawit, sekaligus pabrik pengelola minyak sawit. Setiap pabrik kelapa sawit tentu membutuhkan alat yang digunakan untuk mengolah buah mentah sawit, sebelum diolah menjadi minyak sawit. Dimana dalam proses tersebut dibutuhkan pembangkit listrik.

Dalam hal ini supplier turbin menyediakan turbin uap dengan berbagai jenis dengan berbagai kategori. Shinko merupakan salah satu merk yang sering digunakan dalam industri kelapa sawit, berikut ini adalah ulasannya:

  1. Turbin uap shinko di pabrik kelapa sawit

Turbin uap Shinko dirancang khusus, di produksi dan melaui proses uji di Jepang. Turbin Uap Shinko banyak digunakan di beberapa pabrik kelapa sawit, karena kualitas yang sudah dipercaya. Turbin uap Shinko merupakan sistem turbin untuk pembangkit listrik yang berfungsi untuk mengkonversi energi panas uap air menjadi energi listrik.

  1. Komponen turbin uap shinko di pabrik kelapa sawit

Dalam sebuah alat pasti terdapat komponen- komponen yang memiliki peran dalam setiap proses  penggunaan. Komponen dari turbin tersebut ada Turbin itu sendiri yang berfungsi untuk mengubah energi menjadi panas dari uap air. Kemudian ada pompa air, berperan penting dalam menghasilkan tekanan pada air serta mengalirkannya pada  boiler. Selanjutnya ada Kondensor, berfungsi sebagai alat untuk mengubah uap menjadi air. Terakhir ada Derator, berfungsi untuk menghilangkan O2 dan gas lain yang bisa larut ke air pengisi.

  1. Perawatan turbin uap shinko di pabrik sawit

Di dalam proses perawatan turbin, tentunya ada beberapa hal atau beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam penggunaan turbin pabrik sawit. Selalu lakukan pengecekan terhadap minyak pelumas mesin turbin. Jangan pernah menghidupkan turbin secara berulang, ketika dalam keadaan berputar. Mengganti minyak pelumas setelah turbin beroperasi selama 8000 jam.

Dengan demikian perawatan adalah hal yang harus selalu diperhatikan.  Proses merawat turbin uap pabrik sawit ini, dengan cara melakukan pengecekan turbin harian, pengecekan mingguan, pengecekan bulanan, bahkan pengecek kan tahunan.

  1. Sparepart turbin pabrik sawit

Terkadang beberapa sparepart yang digunakan keberadaannya langka di pasaran, sehingga perlu membeli di perusahaan pembuat mesin yang mayoritas berada di luar negeri. Karena itu pasti membutuhkan waktu yang lama untuk mendatangkannya dan apabila terjadi kerusakan mendadak tidak ada stok sparepart yang dapat digunakan. Sekarang tidak perlu khawatir dalam hal ini, banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan sparepart mesin industri. Namun tentu saja perusahaan tersebut harus mempelajari terlebih dahulu apakah sparepart memungkinkan untuk membuat sendiri atau harus impor dari luar.

  1. Service dan teknisi turbin berpengalaman untuk pabrik sawit

Pemeliharaan suatu alat dalam suatu industri, perlu dilakukan berkala. Begitu juga dengan mesin turbin untuk pabrik sawit. Service alat industri, tentunya harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Jika tidak, akan terjadi kemungkinan kerusakan yang lebih parah pada alat tersebut. Karena, teknisi yang tidak berpengalaman belum menguasai bagian- bagian alat yang akan diperbaiki. Untuk mengatasi kondisi ini memiliki team reparasi yang sangat memahami kebutuhan mesin yang nantinya akan anda gunakan akan sangat penting untuk kelangsungan produksi perusahaan.

Itulah ulasan dari mesin turbin uap yang digunakan dalam proses industri minyak sawit. Penggunaan turbin uap, telah membantu meringankan pekerjaan karyawan pabrik kelapa sawit. Selain itu, penggunaan mesin turbin uap adalah nilai ekonomisnya yang tinggi. Dengan demikian, penggunaan turbin uap, akan mengurangi biaya produksi yang tinggi.

Leave a Reply