Tapis Vibrating Screen Pabrik Kelapa Sawit

Sebagai salah satu komoditi impor paling tinggi, tentu tidak heran jika banyak pabrik dibangun untuk mengolah buah kelapa sawit. Dimana dalam setiap pabrik kelapa sawit tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai mesin memadai, guna menghasilkan minyak sawit terbaik. Salah satu yang menjadi bagian dari stasiun pengolahan di PKS yaitu vibrating screen.

Mengenal Vibrating Screen di PKS

1. Tapis Vibrating Screen PKS

Mesin vibrating screen atau juga dikenal sebagai ayakan getar, merupakan sebuah alat di pabrik kelapa sawit yang fungsinya yaitu untuk memisahkan solid atau padatan yang masih terkandung pada minyak kasar. Jadi dengan cara diayak dalam mesin tersebut, maka padatan atau partikel solid yang masih bercampur di dalam minyak bisa terpisah.

Sehingga pabrik dapat memperoleh crude palm oil jernih dan bersih, tanpa adanya berbagai partikel di dalamnya. Umumnya, mesin vibrating screen dipasang sebelum CST atau continous settling tank. Jadi pemasangannya sebelumnya minyak kelapa sawit masuk ke dalam tangki minyak. Dimana proses penyaringan tersebut nantinya akan dibantu dengan air panas sebagai pelarut.

2. Tapis Mesh Vibrating Screen Pabrik Sawit

Untuk menjalankan fungsinya yaitu mengayak partikel solid dari dalam minyak kelapa sawit kasar, mesin vibrating screen dilengkapi dengan media saringan yang berukuran mesh tertentu. Jika mesin lain biasanya dipilih berdasarkan kapasitasnya, maka mesin vibrating screen dipilih berdasarkan ukuran mesh-nya yang mana akan disesuaikan dengan kebutuhan pabrik.

Biasanya penggunaan ukuran mesh ini akan menjadi faktor yang dapat mempengaruhi proses pemisahan dalam mesin. Dalam hal ini mesh vibrating screen tersedia beberapa, seperti mesh 20, mesh 40, mesh 60, dan lainnya. Pada proses pengayakan di mesh itulah, pemberian air panas akan dilakukan sebagai pelarut. Dimana air panas yang digunakan berkisar 80°C hingga 90°C.

3. Jinsheng Vibrating Screen PKS

Karena memiliki fungsi yang cukup vital di dalam pengolahan minyak kelapa sawit murni, mesin vibrating screen mulai banyak diproduksi. Dimana salah satu merek yang banyak digunakan yaitu Tapis. Meski sebelumnya produk mesin ayakan getar yang sering disebut sebagai vibro separator tersebut pada awalnya berasal dari negara Eropa dan Amerika.

Namun saat ini sudah ada beberapa produsen dari negara China, Malaysia, hingga India yang masih termasuk dalam kawasan Asia sehingga pengiriman mesin ke dalam negeri menjadi lebih mudah. Salah satu yang bisa anda jadikan pilihan yaitu Jinsheng Vibrating Screen yang terkenal cukup mumpuni di kelasnya.

4. Amkco Mesh Vibro Pabrik Kelapa Sawit

Selain Jinsheng, ada juga Amkco Mesh Vibro yang bisa dipilih untuk digunakan di pabrik kelapa sawit. Nantinya alat ini akan mampu menyaring berbagai partikel solid yang ada di dalam minyak, seperti pasir dan tanah maupun serat atau ampas sawit. Pasalnya tidak semua tanah dan pasir dapat terpisah dari minyak lantaran retention time yang cukup singkat.

5. Remeshing Vibrating Screen Jinsheng Amkco PKS

Apabila mesin vibrating screen telah digunakan dalam waktu yang lama baik merek apapun, seperti Tapis, Jinsheng, maupun Amkco. Maka perlu dilakukan remeshing terhadap mesin tersebut agar performanya tetap terjaga. Berkaitan pula dengan hal ini, perawatan secara berkala juga perlu diterapkan agar vibrating screen tidak mudah rusak.

Saat ini, baik penghadiran maupun perawatan dan service mesin vibrating screen sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah guna menunjang operasional di pabrik kelapa sawit. Pasalnya di Indonesia sendiri sudah tersedia mesin ready stock yang bisa dikirim setelah pemesanan, tanpa harus menunggu impor lama terlebih dahulu dari luar negeri.

 

Leave a Reply