Sudah Tahu Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit? Cek Disini

Minyak Inti Kelapa sawit atau yang juga disebut dengan palm kernel oil merupakan salah satu produk yang bisa dihasilkan dari pabrik inti sawit. Untuk mengolahnnya dibutuhkan sebuah mesin khusus yang dinamakan boiler. Boiler ini sebenarnya adalah sumber tenaga uap yang digunakan untuk mengolah inti sawit. Proses pengolahan tersebut dilakukan untuk membantu agar ekstrasi minyak inti sawit semakin efisien. Lebih jelas tentang pengolahnnya silahkan simak ulasan berikut.

Proses Pengolahan Palm Kenel Oil Yang Harus Anda Tahu

  1. Proses Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit

Untuk mendapatkan ekstrasi efisien dan lebih mudah dari inti sawit maka pengolahan bisa dilakukan dengan membersihkan bagian inti sawitnya terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar inti sawit tidak terkontaminasi dengan material lain yang tidak berguna dan bisa saja berbahaya. Umumnya untuk sawit yang diperjual belikan merupakan inti dari sawitnya. Begitu pula dengan yang diolah hingga menghasilkan Palm Kenel Oil.

  1. Pengertian PKO

PKO merupakan singkatan dari Palm Kenel Oil atau bisa juga disebut dengan minyak inti kelapa sawit. PKO ini dibuat dari inti kelapa sawit yang telah diproses serta diolah hingga jadi minyak inti kelapa sawit. Di tahun 2000 hingga tahun 2001, produksi PKO bisa mencapai 2,5% dari semua total mintak yang ada. Tingkat produksi akan minyak inti sawit ini memang mengalami perkembangan yang pesat dibandingkan dengan total lemak dan minyak. Dan untuk sifat asam lemak PKO mirip dengan Cocounut Oil.

  1. Alur Pabrik Pengelola Inti Sawit

Pabrik Pengelola Inti Sawit atau yang disebut juga dengan Kernel Crushing Plant merupakan tempat pengolahan dari inti kelapa sawit. Dalam proses kernel crushing plant hal yang pertama kali dilakukan adalah proses pembersihan. Setelah itu dilakukan proses pemilihan atau size reduction sebelum dilakukan proses flaking. Dilanjutkan dengan proses steam conditioning dan screw pressing. Masih ada proses lagi yakni coarse screen filter dan filter press. Baru kemudian pengemasan dan penyimpanan.

  1. Perbedaan PKO dan CPO

Seperti yang diketahui PKO merupakan minyak yang didapatkan dari inti buah kelapa sawit dengan proses ekstrasi pelarut dan juga dengan cara di press. Sementara CPO merupakan minyak yang didapatkan dari serabut kelapa sawit dengan beberapa proses seperti pengepressan, steril dan klarifikasi. Yang membedakan keduanya berada di bahan dasar untuk mendapatkan minyaknya. PKO atau minyak inti sawit karakternya hampir sama dengan minyak kelapa.

  1. PKO Adalah

PKO merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari kelapa  sawit dan bisa dimakan. Warnya berbeda dengan warna minyak inti kelapa sawit. Minyak sawit memiliki warna merah kejinggan, sementara minyak inti memiliki warna kuning. Warna kuning dihasilkan dari inti ataupun biji kelapa sawit. Minyak inti kelapa sawit  yang memiliki kualitas bagus memiliki kadar asam lemak yang lebih rendah dan juga memiliki warna kuning yang pucat.

Dalam kehidupan sehari hari PKO ini memiliki banyak kegunaan. Mulai bisa digunakan untuk membuat bahan makanan sehari hari seperti mentega contohnya. PKO juga bisa dijadikan bahan campiran untuk membuat sampo yang berguna untuk membersihkan rambut. Palm Oil Kernel juga bisa di olah hingga menjadi makanan ternak. Tentu saja manfaat dari Minyak Inti Sawit masih sangat banyak.

Dengan mengetahui lebih dalam tentang PKO tentunya anda akan bisa membedakan mintak sawit yang berkualitas paling baik. PKO merupakan minyak dari inti sawit yang dibuat oleh pabrik inti sawit. Pengolahannya memang terbilang panjang untuk bisa digunakan pada kehidupan sehari hari. Ada banyak sekali produk harian yang didapatkan dari produk hasil olahan kelapa sawit ini.

Leave a Reply