Sparepart Vibrating Screen Di Pabrik Kelapa Sawit

Berbicara tentang pengolahan kelapa sawit, ada beberapa mesin yang digunakan dalam prosesnya. Tentunya, tak sedikit mesin yang berperan penting agar kelapa sawit menjadi bahan yang siap pakai lebih bernilai. Salah satunya yaitu vibrating screen atau dikenal dengan ayakan getaran. Mesin ini terdiri dari beberapa komponen yang membantu proses pengolahan.

Sparepart Mesin Vibrating Screen

  1. Sparepart Vibrating Screen Di Pabrik Kelapa Sawit: Perforated Plate, Table Frame, Lower Table Weldment, Distributing Frame, Centre Tie Down.

Vibrating screen merupakan sebuah mesin yang ada di pabrik kelapa sawit untuk memisahkan padatan yang ada pada crude oil. Seperti namanya, mesin ini bekerja dengan cara digetarkan atau diayak. Kinerja dari mesin ini tidak bisa berjalan dengan sendirinya, sebab perlu adanya bantuan dari air panas sebagai pelarutnya.

Selain itu, vibrating screen juga berperan penting agar tidak sering terjadi sumbatan pada nozzle sludge. Maka dari itu, mesin ini dilengkapi oleh beberapa sparepart di dalamnya. Mulai dari Perforated Plate, Table Frame, Lower Table Weldment, Distributing Frame, hingga Centre Tie Down agar mesin dapat bekerja lebih optimal.

  1. Material Sparepart Ayakan Getar Di Pabrik Kelapa Sawit

Vibrating screen ini letaknya cukup unik yaitu di raw oil tank. Penempatan ini dimaksudkan agar tidak memicu pembentukan emulsi dan memudahkan kinerja keseluruhan mesin. Seperti yang sudah diketahui, mesin ini bekerja dengan cara bergetar atau diayak. Sehingga, sparepart mesin ini tak jarang mengalami kerusakan karena goyahnya screen penyaringan.

Selain itu, padatan yang dipisahkan di vibrating screen bersifat abrasive. Maka, pabrik kelapa sawit disarankan memilih mesin dengan material yang terbuat dari stainless steel. Hal ini bertujuan agar vibrating screen dapat berumur lebih lama. Penggunaan material yang kuat juga akan mempengaruhi hasil akhir pengolahan kelapa sawit.

  1. Pergantian Sparepart Vibrating Screen Single Deck Di Pabrik Kelapa Sawit

Jika menemukan kerusakan pada bagian vibrating screen ini, maka Anda harus segera memperbaikinya. Temuilah produsen yang menyediakan dan jual sparepart vibrating screen untuk melakukan penggantian komponen yang rusak. Meskipun produsen sparepart mesin ini hanya dijumpai pada daerah tertentu, namun kualitasnya cukup terjamin.

  1. Service Dan Perawatan Vibrating Screen Double Deck Di Pabrik Kelapa Sawit

Komponen komponen yang ada di dalam mesin vibrating screen harus mendapatkan perawatan secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada kendala atau kesulitan pada mesin vibrating screen atau sparepart di dalamnya. Untuk itu, mulailah perawatan pada bagian double deck dan dilanjutkan ke komponen lainnya

Perhatikan sparepart tersebut apakah ada kendala saat mesin digunakan. Jika iya, maka lakukan service secepat mungkin pada ahlinya. Sebab, dalam proses perawatan vibrating screen tidak harus menunggu jika ada kerusakan. Hal ini akan membuat biaya perbaikan semakin membengkak dan tidak sebagaimana mestinya.

  1. Cara Perawatan Spare Part Vibrating Screen Triple Deck Di Pabrik Kelapa Sawit

Cara perawatan sparepart vibrating screen harus dilakukan oleh agen yang terpercaya dan ahli di bidangnya. Perlu diketahui, ketika mesin ayakan bekerja, maka fibre akan menyumbat dan melewati saringan brush strainer. Untuk itu, sparepart tersebut perlu dibersihkan secara rutin dan berkala agar tetap bekerja dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai sparepart yang ada di mesin vibrating screen pada proses pengolahan kelapa sawit. Komponen vibrating mesin sangat perlu dijaga dan diperhatikan agar berjalan tetap prima. Perlu diingat, cek secara rutin dan berkala sparepart mesinnya supaya proses pengolahan yang ada di pabrik kelapa sawit tidak terganggu.

Leave a Reply