Sparepart Shredder atau Pencacah Tankos Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin shredder menjadi salah satu alat yang digunakan pada pengolahan pabrik sawit. Shredder atau yang lebih dikenal dengan pencacah tankos ini dapat berfungsi sebagai pencacah serbaguna. Penggunaan mesin ini dapat menghancurkan tandan kosong pada kelapa sawit. Maka dari itu, mesin ini dilengkapi dengan berbagai sparepart yang penting.

Sparepart Shredder atau Pencacah Tankos Di Pabrik Kelapa Sawit

Sparepart Shredder atau Pencacah Tankos

  1. Sparepart Shredder / Pencacah Tankos Di Pabrik Kelapa Sawit: Cutter Plate, Spacer, Main Shaft, Cutter Scroll, Knife,

Mesin shredder terdiri dari beberapa komponen yang membentuk menjadi satu untuk mencacah tandan kosong. Sparepart tersebut meliputi Cutter Plate, Spacer, Main Shaft, Cutter Scroll, Knife, yang berfungsi mempermudah proses pengolahan kelapa sawit. Komponen komponen vital tersebut sangat dibutuhkan oleh pabrik kelapa sawit.

  1. Material Sparepart Shredder Cutter Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin shredder pabrik kelapa sawit memudahkan pekerjaan dan membuat operasional lebih efisien. Tentu saja mesin ini dilengkapi dengan komponen penting di dalamnya yang mampu melakukan berbagai macam fungsi. Karena alasan tersebut, mesin ini dibuat dengan material yang kuat agar memaksimalkan kinerjanya.

  1. Pergantian Sparepart Pencacah Tandan Kosong Di Pabrik Kelapa Sawit

Untuk proses pengolahan kelapa sawit, ada banyak mesin yang dilalui pada setiap prosesnya. Mesin pencacah atau mesin shredder dibuat secara khusus untuk merajang atau menghaluskan kelapa sawit. Dalam pemakaiannya, terkadang terjadi kendala yang akan ditemui. Misalnya saja kerusakan pada spare part pencacah tandan kosong.

Apabila hal tersebut terjadi, maka ada baiknya melakukan pengecekan secara rutin dan berkala. Langkah ini bertujuan untuk memastikan komponen di mesin shredder masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika terjadi kerusakan, sebaiknya sparepart shredder harus segera diganti agar tidak mengganggu proses kinerja mesin.

  1. Service Dan Perawatan Shredder / Cutter Di Pabrik Kelapa Sawit

Service dan perawatan sparepart yang satu ini perlu dilakukan oleh ahlinya. Hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal asalan. Sebab, bisa jadi ada sparepart yang mengalami kerusakan dan harus ditangani dengan baik. Penanganan yang tepat akan membuat alat ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Cara Perawatan Spare Part Shredder Break Cutter Di Pabrik Kelapa Sawit

Karena mesin ini memiliki beberapa komponen penting, maka dibutuhkan perawatan sparepart dengan benar. Di dalam mesin ini terdapat sparepart seperti pisau dan spacer. Masing masing bagian alat pengolahan kelapa sawit ini memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Untuk itu, penting memastikan sparepart dalam kondisi yang prima.

Cara perawatan yang bisa diterapkan pertama yaitu dengan memperhatikan bagian pisau. Komponen ini perlu dirawat, sebab berfungsi untuk menghancurkan tandan kosong. Maka dari itu, penting bagi pabrik sawit untuk menjaga ketajaman pisau. Hal ini akan berpengaruh pada kapasitas untuk memotong tandan sawit agar terpecahkan dengan baik.

Ketajaman sparepart shredder ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin gerinda. Tetapi jika pisau sudah benar benar aus dan pendek, maka cara terbaik yang bisa dipilih yaitu menggantinya dengan pisau yang baru. Dengan begitu, sparepart shredder dapat berfungsi dengan normal dalam proses pengolahan kelapa sawit.

Demikianlah informasi mengenai sparepart mesin shredder untuk pengolahan kelapa sawit. Penting untuk selalu memperhatikan kondisi dan performa mesin agar tidak menghambat kinerjanya. Tidak hanya dicek saja, merawat komponen mesin juga perlu dilakukan agar mesin lebih awet digunakan. Namun, jika sparepart dirasa sudah rusak, maka ada baiknya cepat diganti.

Leave a Reply