Sparepart pintu rebusan di pabrik kelapa sawit

Sparepart pintu rebusan di pabrik kelapa sawit akan dibahas di artikel ini,

Pabrik kelapa sawit merupakan pabrik yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Pasalnya terdapat beberapa pabrik kelapa sawit yang menyebar di Indonesia. Pabrik kelapa sawit menghasilkan minyak sawit terbaik mereka yang siap untuk di jual di pasar, baik nasional maupun internasional. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan minyak sawit termasuk kebutuhan pokok setiap orang.

 

Karena faktor kebutuhan itulah pabrik kelapa sawit didirikan dan dengan mesin – mesin canggih terbaiknya mengolah kelapa sawit dari pohonnya langsung hingga menjadi minyak. Tentunya proses tersebut membutuhkan proses panjang yang tidak sebentar. Namun dengan adanya mesin, semua proses tersebut menjadi lebih cepat. Salah satu mesin terpenting adalah mesin perebusan yang mempunyai sparepart pintu rebusan di dalamnya. Untuk penjelasan lebih jauh, simak ulasan di bawah ini.

Sparepart pintu rebusan di pabrik kelapa sawit

1. Sparepart pintu rebusan di pabrik kelapa sawit

Salah satu mesin terpenting dalam pengolahan minyak sawit adalah mesin perebusan. Mesin tersebut kerap dikenal dengan nama mesin sterilizer. Mesin tersebut mempunyai banyak sekali fungsi, yang paling utama adalah merebus buah kelapa sawit. Sterilizer sendiri mempunyai tekanan 3 kg/cm2 saat merebus kelapa sawit. Salah satu sparepart dari sterilizer yang sangat penting adlaah pintu rebusan.

Fungsi lain dari perebusan itu sendiri adalah untuk memudahkan dalam melepaskan brondol buah sawit dari tandan buah segar. Selain itu juga untuk memudahkan kernel atau bagian dalam kelapa dilepas dari cangkangnya. Berarti perebusan ini merupakan bagian awal sebelum cangkang kelapa benar – benar dilepaskan oleh mesing pelepas cangkang. Selain itu, fungsi perebusan juga untuk menghilangkan enzim yang menghasilkan ALB atau asam lemak bebas dari kelapa, dan lain sebagainya.

2. Karet pintu rebusan pks ukuran 1200mm, 1750mm, 2100mm, 2700mm, 3200mm

Setelah membahas betapa pentingnya proses rebusa kelapa sawit tersebut, sekarang mari kita menilik lebih dalam tentang sparepart dari sterilizer yang tak kalah penting, yaitu pintu rebusan. Pintu rebusan disini membantu proses perebusan berjalan dengan lancar. Maka dari itulah pintu perebusan ini harus di cek secara berkala untuk memantau apakah fungsinya tetap berjalan optimal. Ada 5 jenis karet pintu rebusan yang biasa digunakan, yaitu 3200 mm, 2700 mm, 2100 mm, 1750 mm, dan 1200 mm.

3. Seal pintu rebusan pabrik sawit material EPDM / BUNA

Komponen dalam mesin sterilizer yang bernama pintu rebusan tersebut mempunyai seal yang diperuntukan menjaga performa dari mesin tersebut. Dan EPDM atau Ethylene Propylene Diene Monomer ini merupakan salah satu contoh gasket yang dipakai sebagai lapisan sambungan antar sparepart mesin. Selain itu, gasket juga berfungsi untuk menahan kebocoran atau bisa dibilang penghambat sementara sebelum terlambat. Selain EPDM, terdapat macam gasket atau bahan lain pada mesin ini yaitu BUNA.

4. Ready stok sparepart pintu rebusan pabrik kelapa sawit

Karena mesin perebus ini merupakan tahap awal dalam pengolahan minyak sawit, tentunya pihak pabrik harus benar – benar menjaga agar tidak terjadi hal – hal yang merugikan. Cara menanggulangi selain itu adalah dengan cara memantaunya secara berkala. Setelah itu, anda juga harus mencari toko yang dapat dijadikan langganan ready stock untuk membeli sparepart pintu rebusan.

5. Repair dan rekondisi pintu rebusan pabrik sawit

Jika memang kondisi komponen pintu rebusan pabrik sawit rusak dan macet, tentunya anda harus segera memperbaikinya. Namun, jika perbaikan tak cukup membuahkan hasil, anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Hal tersebut dikarenakan ini merupakan tahap awal yang sangat penting pada pengolahan kelapa sawit sehingga menjadi penentu mutu dari minyak sawit yang dihasilkan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang mesin perebusan atau sterilizer dan juga sparepartnya. Kedua komponen tersebut sama pentingnya untuk keberlangsungan pabrik anda, maka dari itu saat hendak membeli mesin sebaiknya pilih yang berkualitas. Meski harganya cukup mahal, namun hal tersebut sepadan dengan kualitas mesinnya. Semoga arrtikel di atas bisa membantu anda.

Leave a Reply