Sparepart Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Kernel Silo Heater menjadi salah satu alat yang digunakan dalam proses pengolahan kelapa sawit. Alat ini digunakan untuk proses pengolahan biji sawit. Mengingat kinerja dari mesin di pabrik kelapa sawit ini cukup berat, maka dibutuhkan sparepart dengan material kuat. Untuk ulasan lengkapnya, berikut informasi yang wajib Anda tahu.

Sparepart Kernel Silo Heater

1 . Sparepart Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Kernel silo heater berguna untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam inti sawit. Pengeringan ini dilakukan dengan cara yang cukup panjang, mulai dari menghembus udara panas ke dalam nut silo hingga proses pemasakan. Untuk itu, ada beberapa sparepart yang digunakan dalam mesin ini, seperti blower, temperatur, inlet heater, wire mesh dan suplai steam.

Sparepart yang ada di kernel silo heater akan mempengaruhi kinerja dari mesin ini. Sebagai contoh, indikator temperatur menjadi penanda tingkatan suhu yang diperlukan beserta waktu pemasakannya. Selain itu, ada juga komponen lainnya berupa suplai steam yang akan memasok udara panas dalam proses pengolahan kelapa sawit tersebut.

2. Material Sparepart Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, kernel silo berfungsi sebagai alat yang dapat mengeringkan inti basah kurang dari 7% kadar air. Oleh karena itu, material yang digunakan sparepart kernel silo heater dibuat dengan bahan yang cukup kuat, seperti stainless steel. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu panas ketika proses menghilangkan kadar air.

3. Pergantian Sparepart Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Penggunaan kernel silo heater cukup intensif, sebab diperlukan waktu pengeringan mencapai 15 hingga 16 jam. Selain itu, pengolahan kelapa sawit di mesin kernel silo ini juga memerlukan suhu yang cukup tinggi agar kadar air dalam biji sawit berkurang. Karena alasan tersebut, spare part kernel silo heater mengalami potensi kerusakan yang cukup besar

Ada baiknya jika segera mengganti spare part yang rusak atau usang agar tidak mengganggu proses pengolahan sawit. Bahkan apabila pihak pabrik membiarkan hal tersebut terjadi, maka bisa saja berdampak pada hasil dan kualitas olahan sawit yang buruk. Tentu kondisi ini akan menyebabkan pabrik mengalami kerugian yang cukup signifikan.

4. Service Dan Perawatan Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Kernel silo heater harus dikosongkan dan dibersihkan minimal setiap satu tahun sekali secara berkala. Pengontrolan kondisi mesin ini akan lebih baik jika menggunakan secara manual dari pada otomatis. Sebab, kernel silo heater rawan kebakaran jika tidak diperhatikan dengan baik. Bersihkan juga sekitar kisi kisi feeder fiber di alat tersebut.

5. Cara Perawatan Spare Part Kernel Silo Heater Di Pabrik Kelapa Sawit

Cara perawatan sparepart mesin ini harus dilakukan oleh profesional yang ahli dibidangnya. Biasanya, teknisi akan memasang wire mesh 8 sampai 19 buah di inlet heater untuk memisahkan kotoran. Untuk merawat alat ini, teknisi menggunakan brush kawat dan angin dari kompresor. Selain itu, temperature gauge juga perlu diperhatikan agar monitoring suhu panas dapat bekerja dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai mesin kernel silo heater beserta sparepart yang ada di dalamnya. Perawatan dan service yang baik akan membuat mesin bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak berhenti sampai di situ saja, pengecekan secara rutin dan berkala dapat mencegah kerusakan pada mesin. Dengan begitu, produktivitas pengolahan kelapa sawit tidak terganggu.

Leave a Reply