Sparepart Empty Bunch Press Di Pabrik Kelapa Sawit

Dalam pengolahan kelapa sawit terdapat banyak proses yang harus dilewati produk ini. Salah satunya yaitu pengolahan tandan kosong yang menggunakan mesin press atau penghancur. Oleh sebab itu, mesin ini membutuhkan sparepart agar bekerja dengan optimal. Untuk lebih lanjut, berikut informasi detailnya mengenai sparepart empty bunch press.

Komponen Empty Bunch Press

  1. Sparepart Empty Bunch Press Di Pabrik Kelapa Sawit

Pengolahan di pabrik kelapa sawit tak lepas dari peranan alat atau mesin yang kuat. Salah satu mesin yang berguna dalam pemrosesan tandan kosong yaitu empty bunch press. Dalam kinerjanya, mesin ini dilengkapi dengan berbagai macam komponen, mulai dari Main Housing, Front Press Cage, Back Press Cage, Scroll, Shaft, High Pressure Worm, hingga Low Pressure Worm.

Tidak berhenti sampai disitu saja, ada juga komponen pendukung lainnya yang membuat kinerja mesin semakin optimal. Misalnya saja, Cone Point, Hydraulic Pump, Cylinder Shaft, Intermediate Frame, Bottom Frame, Cage Ring, Adjustable Knife, CS Scroll, Scraper Blade, Press Cage Screen, dan juga Main Shaft 705.

  1. Material Sparepart EFB Press Di Pabrik Kelapa Sawit

Seperti yang sudah diketahui jika mesin press ini digunakan untuk menghancurkan dan memberi tekanan pada tandan kosong. Karena alasan tersebut, material yang digunakan bagian sparepartnya dirancang khusus agar kuat menahan tekanan tinggi. Sehingga, kinerja mesin berjalan dengan lebih  lancar tanpa hambatan.

  1. Pergantian Sparepart EFB Press Tankos Di Pabrik Kelapa Sawit

Apabila ditemukan kerusakan pada bagian komponen mesin, maka ada baiknya melakukan pergantian secepat mungkin. Hal ini juga berlaku jika mesin sedikit usang, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Pergantian sparepart sangat penting diperhatikan agar performa mesin bisa semakin meningkat dalam proses pengolahan kelapa sawit.

Selain itu, pergantian sparepart juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar mesin press EFB tidak semakin rusak. Tentunya Anda sudah mengetahui jika mesin ini bertugas sebagai penghancur tandan kosong agar tidak menimbulkan limbah yang sulit diuraikan. Jika salah satu sparepartnya rusak, maka pengolahan limbah tidak dapat dilakukan dengan maksimal.

  1. Service Dan Perawatan Mesin Press Tandan Kosong Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin press tandan kosong menjadi salah satu alat berat yang berperan penting dalam proses pengolahan kelapa sawit. Karena alasan tersebut, maka mesin press EFB harus selalu dijaga dan dirawat agar tetap berjalan dengan baik. Lakukan proses pengecekan secara berkala guna mendeteksi adanya kerusakan pada komponen tertentu.

  1. Cara Perawatan Spare Part Mesin Pres Janjang Kosong Di Pabrik Kelapa Sawit

Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin EFB agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Langkah pertama, maka bisa dilakukan dengan cara pembersihan pada setiap sisinya. Setelah itu, dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kabel instalasi yang menghubungkan mesin tersebut.

Jika sudah memastikan kabel instalasi, langkah berikutnya melakukan pelumasan pada bagian tertentu. Cara perawatan ini dapat mencegah peningkatan oil loss akibat daya tampung yang overload. Selain itu, penting juga melakukan pembersihan berkala pada bodi dan bagian lainnya dari minyak dan kotoran yang menempel.

Mesin EFB memiliki peranan yang cukup penting dalam pabrik kelapa sawit. Sebab, minyak kelapa sawit akan memiliki nilai jual yang tinggi jika terbebas dari segala bentuk limbah. Namun penggunaan mesin EFP harus diimbangi dengan perawatan secara rutin setiap hari dan berkala. Tujuannya agar mempertahankan kualitas hasil pengolahan kelapa sawit.

Leave a Reply