Screw Press, Salah Satu Mesin di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin screw press tentu sudah tidak asing bagi Anda yang bergerak di bidang kelapa sawit. Mengenal bagian-bagian serta cara kerja dari mesin screw press akan menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis kelapa sawit, agar nantinya jika ada kerusakan dari mesin ini, baik secara keseluruhan atau spare partnya, Anda tidak kesulitan untuk menanganinya dan bisa dengan mudah mendapatkannya.

Screw press akan memproses biji inti kelapa sawit yang sudah dibersihkan. Minyak dari digester akan dipisah di mesin ini, dan akan dipress untuk menghasilkan minyak kelapa sawit dengan jenis Crude Palm Oil dan juga inti sawit. Cara kerja dari mesin ini adalah dengan memeras cincangan atau cacahan sawit untuk mendapat minyak sawit kotor atau kasar. Penting untuk diketahui, bahwa mesin screw press mempunyai beberapa bagian inti, yaitu double screw, press silinder, casing, gearbox, dan hydraulic double cone. Tentunya, setiap bagian dari screw press ini mempunyai peran masing-masing.

Untuk penggunaan mesin screw press pada pabrik kelapa sawit sendiri ada tiga tipe, yaitu speichim, unise de wecker, dan juga stork. Perbedaannya terletak pada pengaruh efisiensi pengempaan. Agar lebih mudah, akan dijabarkan sebagai berikut:

  • Alat kempa speichim memiliki feed screw, dan akan berpengaruh pada kontinuitas dan juga jumlah bahan yang masuk akan lebih konstan dibandingkan adonan yang masuk berdasarkan grafitasi. Tentu ini akan berpengaruh pad avolume ulir yang parallel dengan penekanan ampas
  • Tipe stork memproduksi alat press yang terdiri dari alat yang memakai feed screw dan non feed screw
  • Usine de Wecker sendiri adalah jenis screw press yang tidak dilengkapi dengan feed screw

Mesin screw press tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu dengan bantuan mesin penggerak yang dihidupkan dan mengaktifkan sistem hidroliknya. Sekali proses minyak yang dihasilkan akan disalurkan ke oil vibrating screen dan dialirkan ke crude oil tank untuk diproses lebih lanjut. Bayangkan, jika ada satu bagian dari screw press yang rusak, tentu akan menghambat proses pengolahan kelapa sawit ini. Meski ada banyak yang jual main shaft mesin pabrik sawit, namun tidak semua yang disediakan memiliki kualitas bagus.

Umumnya, mesin screw press didesain untuk mengolah kelapa sawit dalam jumlah banyak, yaitu 12 ton dalam satu jam. Namun, perlu diperhatikan beberapa hal agar hasilnya optimal, seperti masa tandan kelapa sawit yang akan berkurang dari waktu ke waktu, karena fungsinya akan menjadi tandan kosong kelapa sawit, dan juga sudah melalui perebusan dan juga pembersihan. Selain itu penting juga dipastikan untuk memenuhi mesin hingga batas maksimal agar menghasilkan minyak kualitas tinggi dan juga bersih.

Bagian inti dari screw press memang harus sangat diperhhatikan, karena bagian inti adalah bagian yang cukup rawan dan butuh perhatian. Jika terjadi kerusakan di bagian inti, kamu bisa mencari beberapa merek yang bagus dan direkomendasikan seperti main shaft screw press merek CB Modipalm, main shaft screw press merek Wang Yuen, main shaft screw press merek US (Universal Steel), main shaft screw press merek EMI.

Tips agar semua kelapa sawit terproses maksimal adalah jangan mengisi kelapa sawit hingga batas maksimal, karena akan membuat banyak kelapa sawit hancur bahkan sebelum proses selesai. Imbasnya, kualitas minyak yang dihasilkan pun berkurang. Batas maksimal yang ada pada mesin screw press baiknya sebagai penanda yang tidak boleh diacuhkan, karena ini akan berpengaruh banyak.

Last but not least, Anda harus paham bahwa tiga jenis screw press akan memiliki mekanisme kerja yang sama, namun setiap jenis punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kenali semua kelebihannya, dan carilah cara untuk mengatasi kekurangannya, agar jika mesin tersebut yang kamu butuhkan, tetap bisa menghasilkan minyak yang berkualitas dan tidak membuatmu salah pilih.

8 Comments

  1. Exceptional post but I was wondering if you could write a litte more on this subject?
    I’d be very thankful if you could elaborate a little bit more.
    Many thanks!

  2. I’m truly enjoying the design and layout of your website.
    It’s a very easy on the eyes which makees it much mlre
    pleasant for me to coke here and visit moore often. Did yyou hire out a developer to create your theme?
    Superb work!

  3. Great article! We are linking to this grea post on our site.

    Keep up the good writing.

  4. Hmm is аnyone else еxperiencing problems
    with the images on this blog loading? I’m trying to find out if its a ρгoblem onn mу end ᧐r
    if it’s the bl᧐g. Any responses would bee greatly appreciated.

  5. I’m not tһat much of a internet reader to be honest but your sites really nice, keep iit up!
    I’lⅼ go ɑhead aand bookmark your site to come back later.
    Many thanks

  6. Wow that was strange. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted
    to say fantastic blog!

  7. Please let me know if you’re looking for a article writer for your blog.
    Youu have some really good articles and I think I would be
    a glod asset. If you ever want tto take sone of the load
    off, I’d really like to write some content for youyr blog in exchange for a link back
    to mine. Please send me aan email if interested.
    Thanks!

  8. I am curious to find out what blog platform you are working with?
    I’m experiencing some minor security issues with my latest blog
    and I’d like to find something more safeguarded. Do you
    have any suggestions?

Leave a Reply