Saling Berkaitan, Ini Manfaat Digester dan Screw Press

Kw: fungsi digester pada pabrik kelapa sawit, komponen mesin press kelapa sawit, screw press p15, stasiun press pabrik kelapa sawit, screw press parts, spare part pabrik kelapa sawit

Pada proses pengolahan kelapa sawit ada sebuah proses yang disebut digester atau pelumatan buah. Digester adalah sebuah bejana lengkap dengan lengan pengaduk, tangkai pelumat serta pemanas. Fungsi digester pada pabrik kelapa sawit adalah merajang buah, sehingga pelepasan mesocarp dan biji, serta memecah kantong minyak. Selama prosesnya, digester tidak boleh terisi terlalu penuh, karena jika volumenya terlalu penuh maka akan berpengaruh pada waktu pengadukan.

 

Kelapa sawit yang sudah melewati digester akan diteruskan untuk diproses di dalam screw press. Ektraksi dengan melakukan pengepressan dipengaruhi oleh jenis buah yang diolah. Serta, bergantung juga pada komposisi jenis buah. Pada proses ini, semua komponen mesin press kelapa sawit bekerja dengan maksimal dan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pada praktiknya, pemakaian digester harus disesuaikan dengan besarnya kapasitas screw press. Tujuannya, agar tidak terjadi perubahan masa aduk yang bias menurunkan kuantitas hilangnya minyak dalam ampas.

Perlu diperhatikan bahwa, agar proses pelumatan berjalan lama maka perhatikan volume digester agar selalu terisi penuh. Karena jika tidak terisi penuh, buah tidak akan dilumat dengan sempurna dan risiko kehilangan ampas minyak akan jauh lebih tinggi. Umumnya pengisian yang tidak sempurna seringkali terjadi saat awal pabrik dioperasikan, karena kurangnya persediaan bahan bakar. Maka tidak heran, pemeriksaan bahan bakar jadi hal penting yang harus dilakukan operator setiap waktu.

Di dalam stasiun press kelapa sawit bisa terdapat bermacam-macam jenis screw press, mulai dari screw press p5, screw press p10 dan screw press p15. Semua tergantung kebutuhan. Namun yang pasti, alat press yang paling ternama dan banyak dipakai di pabrik kelapa sawit adalah screw press. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pemilihan screw press sebagai salah satu mesin yang banyak digunakan, yaitu:

  • Alat ini mempunyai kapasitas yang tinggi, sehingga lebih bisa menghemat dibandingkan penggunaak Hydraulic Press pada pabrik kelapa sawit
  • Kapasitas yang tinggi akan berpengaruh pada biaya operas per ton TBS yang jauh lebih rendah.
  • Power atau tenaga yang digunakan untuk memeras buah pun lebih rendah
  • Kerja operator untuk mengoperasikan mesin juga menjadi lebih sedikit.

Menjadi andalan di pabrik kelapa sawit, maka sudah sewajarnya jika screw press parts menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Baik dari segi perawatan maupun penggantian. Sedangkan untuk digester, komponen dari mesin ini terdiri dari komponen kecil hingga yang berukuran besar. Bagi para produsen dianjurkan untuk menyuplai komponen yang asli untuk menjamin usia dari spare part yang ada di pabrik. Hal ini berlaku baik untuk digester, maupun screw press. Kualitas dan keaslian spare part yang digunakan harus diperhatikan betul, agar tidak berpengaruh pada minyak yang dihasilkan dari proses pengolahan kelapa sawit.

Beberapa komponen yang terdapat pada mesin digester antara lain seperti outer plate, wear plate, lapisan penahan panas, as vertikal yang lengkap dengan lengan pemutar, chute, outlet pipe, base plate, steam pipe, short arm, long arm, expeller arm, shaft holder, dan masih banyak lagi. Bayangkan, jika salah satunya mengalami kerusakan dan berpengaruh pada keseluruhan mesin, bagaimana dengan hasil olahan kelapa sawit Anda?

Jika sudah menemukan spare part pabrik kelapa sawit yang rusak, maka segera cari gantinya agar bisa digunakan untuk bekerja lagi. Ingat, utamakan keaslian dan kualitas dari spare part yang Anda gunakan.

19 Comments

  1. Youu coulⅾ defіnitely see your skills within tһe worҝ you wгite.
    Τhе sector hopes fߋr even more passionate writers ⅼike you who are not afraid tⲟ mention how they believe.

    At alll timeѕ go aftеr yoսr heart.

    Take а lo᧐k аt my web-site: cangkang sawit

  2. Yestеrday, wһile I waas at wοrk, my cousin stole mʏ apple ipad ɑnd tested to ssee
    іf iit ccan survive a tһirty foot drop, juѕt so she can be a youtuve
    sensation. My iPad iis noow broken аnd sshe has 83 views.
    I know thiѕ is totally off topic Ƅut I hаd to share it with someօne!

    Αlso visit my web blog; penjernih air

  3. Grdat blog here! Allso you site lotѕ up fast!

    Ꮤһat host aгe ʏoᥙ using? Сan I am getting your associate
    link on үߋur host? Ι ԝant my site loaded ᥙp aѕ fаst as yоurs lol

    Ηere iѕ my site demag crane

  4. Its lіke yoᥙ reɑd my thougһts!Yⲟu appеar to knoᴡ
    a lot appгoximately tһiѕ, lіke you wrote the e-book іn it or somеthing.
    Ι thіnk that yoou just coulɗ ⅾo witһ a few %to power the message home a little bit, but instead of that, this is fantastic blog. A great read. I will certainly bee back.

    my webpage; harga pabrik kelapa sawit

Leave a Reply