Salah Satu Mesin Terpenting, Mari Cari Tahu Sparepart Pintu Rebusan Di Pabrik Sawit

Pabrik pengelolan kelapa sawit menjadi sebuah pabrik yang tak asing didengar oleh masyarakat indonesia. Meskipun sudah tumbuh beberapa namun peluang untuk bisnis ini masih sangatlah lebar. Dalam pengelolaan sawit dibutuhkan beberapa mesin yang mumpuni agar bisa menghasilkan minyak yang berkualitas. Salah satu mesin yang penting tersebut adalah mesin perebusan yang memiliki sparepart pintu rebusan. Untuk lebih tahu sparepart ini yuk simak ulasannya berikut.

 

Mengenal Sparepart Pada Mesin Perebusan di Pabrik Kelapa Sawit

  1. Sparepart Pintu Rebusan Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin perebusan atau mesin sterilizer merupakan salah satu dari sekian banyak mesin yang memiliki peranan penting dalam pengolahan sawit. Ada beberapa fungsi dan juga kegunaan dari mesin ini namun yang utama yaitu merebus buah sawit. Tekanan pada stelizzer ini umumnya adalah 3kg/cm2 ketika melakukan perebusan. Dan dalam mesin ini terdapat sparepart yang juga sangat penting yakni pintu rebusan.

Perebusan buah kelapa sawit bertujuan agar mudah ketika akan dilepaskan brondol buah sawitnya dari TBS atau tandan buah segar. Tak hanya itu, perebusan juga akan memudahkan kernel untuk dipisahkan dari cangkangnya. Sehingga bisa dikatakan jika perebusan merupakan proses awal sebelum cangkang kelapa dilepas. Perebusan juga berguna untuk menghilangkan enzim enzim yang menghasilkan asam lemak bebas pada kelapa.

  1. Karet Pintu Rebusan Pks Ukuran 1200mm, 1750mm, 2100mm, 2700mm, 3200mm

Mengingat mesin ini sangat penting dalam proses rebusan, maka penting untuk mengetahui lebih dalam perihal sparepart yang ada yakni pintu rebusan. Pintu rebusan ini nantinya akan membantu proses perebusan sehingga bisa berjalan lancar. Untuk itulah pintu rebusan ini juga harus dilakukan pengecekan dengan berkala. Pada pintu rebusan terdapat 5 karet yang biasanya digunakan yakni 1200mm, 1750mm, 2100mm, 2700mm,  dan 3200mm.

  1. Seal Pintu Rebusan Pabrik Sawit Material EPDM / BUNA

Dalam komponen di mesin steriller yang dinamakan pintu rebusan memiliki seal yang digunakan untuk menjaga performa. Sementara untuk Ethylene Propylene Diene Monomer atau EPDM adalah salah satu gasker yang digunakan untuk lapisan sambungan pada setiap komponen mesin. Gasket ini juga berfungsi sebagai penahan untuk kebocoran. Tak hanya gasket EPDM dalam mesin ini juga terdapat bahan lain seperti BUNA.

  1. Ready Stok Sparepart Pintu Rebusan Pabrik Kelapa Sawit

Bagaimanapun mesin mesin yang berjalan membutuhkan sparepart yang selalu dalam kondisi yang prima. Jika ada satu saja komponen yang tidak baik maka akan mempengaruhi jalannya mesin. Inilah yang mengharuskan pabrik terus melakukan pemeriksaan terkait sparepart yang ada. Jika harus menggantinya maka sebaikny menggunakan toko toko yang menyediakan barang ready stock agar tidak menganggu produksi.

  1. Repair Dan Rekondisi Pintu Rebusan Pabrik Sawit

Mesin steriller merupakan salah satu mesin yang berkerja pada tahap awal pengolahan minyak sawit. Jika memang ada komponen yang tidak berkerja dengan baik maka harus dilakukan perbaikan. Namun jika perbaikan tidak bisa membantu maka memang harus dilakukan penggantian komponen. Saat ini juga sudah banyak penyedia komponen atau sparepart untuk mesin di pabrik sawit yang dijual di Indonesia tanpa harus import.

Perebusan menjadi langkah awal ketika buah baru saja tiba di tempat pengolahan. Jika mesin rebusan tidak bisa digunakan tentunya pengolahan tidak berjalan dengan baik. Untuk itu pihak pabrik harus rajin melakukan pengecekkan pada mesin maupun setiap sparepart yang ada. Jika harus diperbaiki maka harus segera begitu juga jika harus diganti. Meskipun harga setiap komponen tidak murah, sehingga harus membeli yang kualitasnya paling bagus.

Leave a Reply