Pemakaian Vibartory Feeder di Industri Minyak Kelapa Sawit

Industri kelapa sawit di Indonesia bisa dikatakan menjadi salah satu pendukung perekonomian di Indonesia. Apalagi dengan jumlah pabrik sawit yang cukup banyak. Adapun hasil dari pengolahan sawit biasanya berupa minyak sawit yang menjadi bahan utama minyak goreng. Dalam membuat minyak sawit, dibutuhkan beberapa alat salah satunya vibartory feeder. Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai vibartory yang berfungsi untuk mmfeeding material.

Pemakaian Vibartory Feeder di Industri Minyak Kelapa Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Perhitungan kapasitas suatu alat biasanya disesuaikan dengan kapasitas alat yang digunakan pada tahap pertama kali produksi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari produk itu sendiri. Biasanya kapasitas alat yang digunakan di dalam pabrik, dapat diketahui dengan melihat spesifikasi dari alat tersebut. Perhitungan kapasitas perlu dilakukan sebelum dilakukan proses produksi. Adapun kapasitas dari vibratory feeder di pabrik sawit bisa mencapai 7 ton/jam.

  1. Cara Perawatan Vibratory Feeder dan Permanent Magnet di Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan dari suatu alat yang ada di pabrik, harus dilakukan secara berkala dengan menggunakan alat sesuai dengan kapasitas beban yang dimiliki. Perawatan perlu dilakukan agar alat tersebut dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. Mengingat alat seperti vibartory veeder dan permanent magnet, tidak dijual dengan harga yang murah. Hal ini dapat menghindari terjadinya kerusakan pada alat tersebut, yang dapat berakibat juga pada proses produksi.

  1. Sparepart Vibratory Feeder ERIEZ dan ENMIN di Pabrik Sawit

Vibratory feeder di pabrik sawit memiliki peran penting, terutama untuk mencegah terjadinya penyumbatan. Ada beberapa merk dari vibratory feeder yang biasa digunakan di pabrik sawit, sepert ERIEZ dan ENMIN. Kedua merek ini dikenal memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan di pabrik kelapa sawit. Adapun kinerja dari Vibratory Feeder ERIEZ dan ENMIN, tidak terlepas dari sparepart pada alat ini.

  1. Service dan Perawatan Vibratory Feeder Pabrik Sawit

Service pada alat yang ada di pabrik tentunya perlu dilakukan agar proses produksi minyak kelapa sawit dapat berjalan dengan lancar. Service dan perawatan vibratory feeder sebaiknya diserahkan kepada ahlinya yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa menggunakan jasa service dari perusahaan yang menyediakan pelayanan perbaikan dan perawatan pada alat vibratory feeder. Namun, pastikan untuk memilih perusahaan yang memang sudah terpercaya.

  1. Pergantian Sparepart Vibratory Feeder di Pabrik Sawit

Alat yang digunakan secara terus menerus dengan beban produksi yang sama, bisa menyebabkan penurunan kinerja dari alat ini. Hal ini bisa berakibat pada pemberhentian proses pengolahan yang akhirnya menyebabkan produksi menjadi lebih berkurang. Meskipun sudah dilakukan perawatan secara berkala, namun setiap mesin pasti ada waktunya harus melakukan pergantian sparepart.

Pergantian sparepart dengan yang lebih baru, dapat memperbaiki suatu mesin, sehingga dapat digunakan kembali. Apalagi jika sparepart tersebut merupakan brand yang terkenal. Saat ini, di Indonesia ada banyak penjual sparepart vibartory feeder, yang dijual menyesuaikan dengan mesin dari vibartory yang dimiliki oleh pelanggannya.

Vibartory feeder dan permanent magnet menjadi salah satu alat yang diperlukan dalam proses produksi minyak sawit. Alat ini biasanya digunakan di atas ripple mill maupun di bawah kernel soil untuk feeding ke conveyor. ERIZ dan ENMIN merupakan vibratory feeder yang biasa digunakan di industri kelapa sawit. Model ERIZ yang banyak digunakan di pabrik kelapa sawit, diantaranya model 36 C dengan controller model SDV21 dan ERIZ model 46 C dengan controller model SDVC 21.

Leave a Reply