Mesin Screening Cangkang Sawit

Industri kelapa sawit menjadi salah satu komoditas terbesar Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan. Pengolahan minyak kelapa sawit di pabrik ini melibatkan sejumlah alat berat dan canggih. Salah satunya yaitu mesin screening cangkang sawit. Dimana alat ini berfungsi untuk memisahkan antara inti serta cangkang dalam cracked mixture. Untuk lebih lanjut, berikut informasinya!

Mesin Screening Cangkang Sawit

Mesin Pemisah Cangkang Pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

1. Mesin Screening Cangkang Sawit

Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi suatu hasil yang lebih berkualitas yaitu minyak. Pada proses pengolahan sawit, tentu harus dilalui oleh beberapa tahapan. Salah satu tahapan yang harus dilewati yaitu pemisahan cangkang dengan inti kelapa sawit. Maka dari itu, pabrik sawit memerlukan mesin screening cangkang sawit.

Agar hasilnya lebih maksimal, maka penggunaan mesin ini harus disesuaikan dengan kapasitasnya. Alat untuk pengolahan kelapa sawit sudah dilengkapi dengan penyetel khusus sesuai kapasitas produksi. Hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi kerja dari mesin produksi tersebut. Sehingga, minyak sawit yang dihasilkan lebih berkualitas dan bermutu tinggi.

2. Ekspor Cangkang Pabrik Sawit

Selain sumber utama pabrik sawit menghasilkan minyak, ternyata ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari pengolahan ini. Salah satunya yaitu cangkang atau tempurung sawit yang memiliki banyak manfaat. Kandungan di dalam cangkang ini cukup beragam, mulai dari kadar abu yang minim, intensitas kadar air lembab, dan karbon aktif.

Karena unsur tersebut, tak heran jika cangkang sawit dijadikan bahan yang cukup bermanfaat hingga diekspor ke mancanegara. Pandangan cangkang yang semula hanya berupa limbah, kini bisa memiliki daya guna yang cukup tinggi. Pasalnya, cangkang sawit bisa dijadikan sebagai bahan baku arang, bahan bakar boiler, hingga campuran pakan ternak.

3. Mesin Pemisah Cangkang Sawit Dari Kotoran Dan Besi

Mesin pemisah cangkang juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan besi. Mesin ini berperan penting agar menghasilkan kualitas minyak yang bagus sesuai standar pabrik. Mengingat kinerja mesin ini yang cukup intensif, maka perlu dilakukan perawatan yang cukup intensif agar mesin pemisah cangkang tidak cepat mengalami kerusakan.

Perawatan periodik perlu dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan yang cukup parah. Beberapa hal perlu dilakukan yaitu mulai dari pengecekan, pelumasan mesin, penggantian sparepart yang sudah usang, hingga pengetesan fungsi setelah dilakukan perawatan tersebut. Dengan begitu, mesin pemisah cangkang bisa bekerja dengan baik untuk mengolah kelapa sawit.

4. Mesin Vibrating Screen Cangkang Sawit

Pada tahapan pemisahan cangkang, maka membutuhkan mesin yang bernama vibrating screen. Penggunaan mesin ini akan bermanfaat untuk menghasilkan bahan yang murni dan berkualitas. Prinsip kerjanya akan didasarkan pada kapasitas yang dibebankan pada alat ini. Dengan mengetahui kapasitas pengolahan, maka kinerja mesin pemisah cangkang menjadi lebih efisien.

5. Mesin Screening Cangkang Sawit Model Trommel

Mesin pemisah cangkang tidak hanya tersedia dalam model getar saja. Pasalnya juga ada mesin screening cangkang sawit model trommel yang dapat dipilih. Kinerja mesin ini berputar dalam waktu tertentu untuk memisahkan cangkang sawit. Tak hanya itu saja, mesin ini juga lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin vibrating yang bekerja dengan cara bergetar.

Itulah beberapa ulasan mengenai mesin pemisah cangkang yang digunakan pada pengolahan pabrik kelapa sawit. Adapun kelebihan penggunaan mesin yaitu dapat menghasilkan produk sawit yang berkualitas. Selain itu, mesin ini dapat bekerja dengan optimal jika digunakan sesuai kapasitas beban yang diberikan. Dengan begitu, pabrik kelapa sawit dapat menghasilkan sawit bermutu tinggi.

 

Leave a Reply