Mengupas Komponen Sludge Centrifuge Pada Pabrik Kelapa Sawit

Siapa sih yang tidak tahu bahwa minyak kelapa sawit adalah satu dari banyaknya komoditi ekspor Indoneesia yang banyak dicari. Banyak negara di luar sana yang mencari minyak kelapa sawit dengan kualitas bagus. Semakin tingginya permintaan akan minyak kelapa, maka tidak heran jika semakin banyak pabrik-pabrik kelapa sawit yang muncul dan memulai aktifitas mereka.

 

Di Indonesia, pabrik-pabrik kelapa sawit banyak muncul di sekitar daerah Kalimantan. Di sini, aktivitas pengolahan minyak kelapa sawit terjadi dengan sangat pesat. Jangan heran jika di sana kamu menemui banyak pabrik dengan aneka macam mesin yang terlihat aktif sepanjang hari. Salah satu mesin yang berperan besar dalam proses pengolahan kelapa sawit adalah Sludge Centrifuge. Mesin ini adalah salah satu mesin yang mempunyai peran besar dan vital di pabrik kelapa sawit.

Mesin sludge centrifuge atau dikenal juga dengan sebutan mesin sludge separator berfungsi untuk memisahkan cairan dengan benda padat yang ada di dalam sludge. Alat ini meanfaatkan gaya sentrifugal dari pemutaran mangkok yang terisi padat di dalam sludge. Sehingga, minyak kelapa sawit yang tersaring adalah yang benar-benar murni dan sudah terpisah dari cairan atau benda padat lain. Contohnya seperti air, atau benda-benda lain.

Mesin ini bekerja dengan cara berputar dengan kecepatan tinggi. sehingga penting untuk memastikan mesin ini tetap ada dalam kendali. Untuk ukuran, sludge centrifuge sendiri tersedia dalam beberapa ukuran, antara lain kapasitas 6000 liter, 8000 liter, hingga 10.000 liter. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang bergelut di bidang kelapa sawit pasti paham betul akan fungsi dari mesin ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan mesin sludge centrifuge dengan kapasitas dan kemampuan terbaik. Jadi, jangan pilih mesin yang abal-abal ya!

Untuk bagian dari mesin ini sendiri tentu terdiri dari beberapa bagian, seperti:

  • Motor listrik add coupling
  • Pipa oil discharge
  • Pipa sludge inlet
  • Pipa sludge discharge
  • Top cover
  • Pipa hot water
  • Pipa water cooling
  • Rotor shaft
  • Bearing
  • Star blow
  • Nozzle

Nozzle, salah satu bagian penting dari mesin ini menjadi bagian yang harus diperhatikan. Karena, semakin bertambah ukuran nozzle akan semakin berpengaruh pada tingkat keberhasilan pemakaian sludge separator. Selain itu banyak yang sering mengalami masalah saat penggantian nozzle separator. Bisa bayangkan jika bagian ini rusak? Jangan sampai. Maka penting kiranya untuk melakukan pemeriksaan secara rutin kepada nozzle bagian ini. Jika sampai rusak, mau tidak mau harus dilakukan penggantian agar proses pengolahan minyak kelapa sawit tetap berjalan.

Nozzle yang rusak akan menyulitkanmu dan membuatmu mencari toko online atau offline yang jual nozzle housing sludge centrifuge atau jual nozzle holder sludge centrifuge, atau bis ajuga jual nozzle (durat) sludge centrifuge. Nozzle akan tetap berperan banyak, baik di mesin two phase atau three phase. Beberapa jenis merek sludge centrifuge yang banyak di pakai di pabrik kelapa sawit adalah CB, MODIPALM, EMI Charp Ngea dan LAJU.

Meski keberhasilan proses pengolahan kelapa sawit tidak hanya pada mesin ini, namun penting untuk tetap memperhatikan proses pemisahan minyak dengan benda padat atau cair pada mesin ini, karena ini juga akan berpengaruh pada kualitas minyak tersebut. Setiap bagian dari sludge centrifudge harus dipahami dengan baik, agar jika ada kerusakan di satu sisi dapat segera diperbaiki. Seperti, jika ada kerusakan di bagian gland packing, Anda bisa segera mencari pihak yang jual gland packing sludge centrifuge. Pun jika terjadi di bagian adapter sleeve, akan mudah juga untuk mencari pihak yang jual adapter sleeve sludge centrifuge dengan mudah.

Pilihlah produsen mesin yang memang terpercaya dan terkenal kualitasnya. Salah pilih mesin, bisa jadi akan merusak proses usahamu lho!

24 Comments

  1. Helⅼo arе ᥙsing WordPress forr yⲟur blog platform?
    I’m neᴡ to tһe blog woгld bᥙt I’m tryіng to get started and set uρ my оwn. Do
    you need аny coding knowledge tߋ maҝе your own blog? Ꭺny help wouⅼd ƅe really appreciated!

    Feel free to visit my web ρage: pabrik kelapa sawit

  2. Hey There. I foᥙnd yoᥙr blog using msn. Τhis is a verү weⅼl wrіtten article.
    Ӏ wіll be suгe t᧐ bookmark іt ɑnd come back to read more oof youur useful
    information. Thɑnks foг the post. I’ll certаinly return.

    my website Water Treatment

  3. Ηello exceptional blog! Ɗoes running a blog ⅼike this taкe a loot of wоrk?
    I’ve ѵery littlе understanding оf programming Ƅut
    I had beеn hoping to start my own blog soon. Αnyways, if yoᥙ hɑᴠe
    any recommendations ⲟr techniques fⲟr new blog owners please share.
    I understtand tһiѕ is оff subject neveгtheless Ι sjmply һad
    to asк. Kudos!

    my blog post; conveyor cbc mesin pabrik sawit

  4. Great website you have here but I was wondering if you
    knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed
    in this article? I’d really like to be a part of community
    where I can get feedback from other experienced people that share the same interest.

    If you have any recommendations, please let me know. Thanks!

Leave a Reply