Mengulik Vibrating Screen Sebagai Komponen Yang Dibutuhkan Dalam PKS

Vibrating screen atau ayakan getar merupakan salah satu komponen dalam perpabrikan kelapa sawit yang berfungsi sebagai pemisah. Alat tersebut digunakan untuk memisahakn solid atau padatan yang terkandung dalam crude oil atau minyak kasar dengan cara di ayak. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai komponen penting dalam pabrik kelapa sawit, berikut penjelasannya.

Mengenal Lebih Jauh Ayakan Getar Atau Vibrating Screen

  1. Cara Menghitung Kapasitas Vibrating Screen Pabrik Sawit

Kapasitas ayakan bisa digetahui dari jumlah ton bahan sawit yang diayak perjamnya melalui 1 SQ ft ayakan. Namun, kapasitas akan berubah ubah sesuai dengan ukuran bukaan, kadar air, jenis material yang diayak, dan faktor yang lainnya. Karena banyaknya faktor, membuat vibrating screen tidak memilik kapasitas ayakan yang tepat dan benar.

Apabila jumlah muatan material yang ditempatkan pada mesin vibratin screen harus lolos perjamnya, maka proses pengayakan material tersebut harus dilakukan secara berulang dengan prosi 25 persen lebih besar dari jumlah material yang nanti akan disaring. Kapasitas yang diberikan dalam spesifikasi vibrating screen harus dimodifikasi sedemikian lupa agar mendapat faktor koreksi kapasitas yang tepat.

  1. Cara Perawatan Vibrating Screen Di Pabrik Kelapa Sawit

Di dalam proses penyaringan atau pemisahan vibrating screen membutuhkan air dengan suhu sekitar 80 hingga 70 derajat selsius. Melalui proses pemanasan tersebut, dapat memungkinkan terjadinya kerusakan apabila tidak memperhatikan SOP kerja pabrik kelapa sawit. Oleh sebab itu, selalu lakukan pengecekkantiap kali digunakan untuk mengayak material.

Jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan seluruh komponen dalam ayakan getar seperti bagian sand trap tank. Pastikan bagian tersebut tidak mengalami kerusakan seperti AUS. Dengan pemasangan dan perawatan snad trap tank yang tepat, maka hal tersebut dapat mengurangi terjadinya gesekan antara pasir yang terkandung dalam minyask kelapa sawit.

  1. Sparepart Mesin Vibrating Screen Di Pabrik Sawit

Vibrating screen terdiri dari beberapa komponen atau sparepart yang saling berkaitan satu sama lain guna menjalankan fungsi dari suatu alat pabrik kelapa sawit. Meski sama sama berfungsi untuk mengerjakan satu alat, beberapa komponen dalam ayakan getar pasti memiliki fungsi yang berbeda beda satu sama lainnya.

Untuk mendapatkan sparepart vibrating screen, memerlukan waktu yang cukup lama. Pasalnya, beberapa komponen tersebut tak dapat di temukan di dalam negeri. ini artinya, kesempatan untuk mengganti saprepart sangatlah sulit. Hal ini tentunya kurg efektif, mengingat pengolahan kelapa sawit harus dilakukan setiap waktu.

  1. Service Dan Perawatan Vibrating Screen Di Pabrik Sawit

Perawatan mesin vibrating screen merupakan hal yang sangat krusial dalam menjalankan bisnis produksi minyak kelapa sawit. Setiap produksi biasanya memiliki mekanis dan teknisi handal yang bekerja khusus untuk melakukan segala perbaikan dan perawatan dalam mesin. Hal tersebut dilakukan agar mesin selalu terjaga dan tetap prima.

  1. Pergantian Mesh, Gasket, Screen Di Mesin Vibrating Screen Pabrik Sawit

Mesin yang digunakan dalam waktu yang lama tentu saja akan mengalami penurunan performa. Sama halnya dengan vibrating screen dalam pabrik kelapa sawit. Jika beberapa bagian dan komponen mesin seperti mesh, screen, dan gasket sudah mulai rusak, maka ada baiknya untuk segera dilakukan perbaikan.

Demikian penjelasan singkat mengenai vibrating screen yang harus anda pahami sebagai pengelola bisnis minyak kelapa sawit. Mulai dari pemahaman mesin, cara kerja, cara perhitungan, hingga perawatan, semuanya harus diperhatikan secara mendalam. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produksi minya kelapa sawit yang sedang anda kelola.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply