Mengulik Macam Macam Sparepart Ripple Mill PKS

 

Mengulik Macam Macam Sparepart Ripple Mill PKS

Yuk Bahas Macam-macam Sparepart Ripple Mill PKS.

Mesin ripple mill merupakan salah satu mesin yang sangat penting dalam pengolahan inti sawit. Untuk menunjang produktivitas industri kelapa sawit, tentu harus ditunjang dengan penggunaan mesin ripple mill yang bagus. Dimana ripple mill sendiri yang berguna sebagai pemecah nut buah sawit, bisa melaksanakan fungsinya bila memiliki komponen yang memadai.

Komponen Mesin Ripple Mill di Pabrik Kelapa Sawit

  1. Sparepart Ripple Mill / Nut Cracker Pabrik Sawit : Bottom Frame, Flange Bearing, Collar, Rotor Pulley, Motor Pulley, Rotor Tie Rod, Rotor Disc, Joint Plate, Rotor bar, Rotor Rod

Ripple mill atau mesin nut cracker digunakan di dalam proses produksi kelapa sawit sebagai pemecah nut atau cangkang biji. Sebelumnya nut yang berasal dari buah sawit telah melalui beberapa stasiun, hingga akhirnya menjadi nut dan kemudian dipecahkan pada mesin ripple mill tersebut di stasiun inti.

Nut cracker ini ditunjang atas berbagai komponen agar mampu melakukan tugasnya memecahkan nut. Mulai dari bottom frame, flange bearing, collar, rotor pulley, motor pulley, rotor tie rod, rotor disc, joint plate, rotor bar, dan rotor rod tersusun dalam ripple mill dan memiliki fungsi penunjangnya masing masing.

  1. Material Sparepart Ripple Mill / Nut Cracker / King Cracker di Pabrik Sawit

Berbagai komponen penunjang ripple mill ini terdiri atas berbagai material yang kualitasnya berbeda beda. Dimana semakin baik kualitas dari material komponennya, maka nut cracker atau mesin king cracker tersebut dapat bekerja dengan lebih baik dalam memecahkan nut. Anda kini bisa menemukan berbagai material sparepart ripple mill di beberapa perusahaan di Indonesia.

  1. Pergantian Sparepart Ripple Mill / Nut Cracker / King Cracker di Pabrik Sawit

Dalam produksi kelapa sawit, mesin menjadi salah satu hal yang sangat penting. Oleh sebab itu pergantian sparepart pada berbagai mesin tersebut perlu dilakukan secara berkala pada periode tertentu. Karena suatu mesin jika digunakan secara terus menerus tentu akan mengalami aus dan tidak bisa bekerja dengan baik.

Pergantian perlu dilakukan secepatnya tepat setelah komponen mesin tidak mampu sebagaimana mestinya. Apabila pergantian tidak dilakukan dengan segera, selain produktivitas yang menurun, tidak menutup kemungkinan mesin juga bisa mengalami kerusakan yang lebih fatal. Dan hal tersebut juga berlaku pada mesin ripple mill atau nut cracker ini.

  1. Service dan Perawatan Ripple Mill / Nut Cracker / King Cracker di Pabrik Sawit

Rotor bar dan berbagai komponen lainnya di dalam ripple mill berperan sangat penting terhadap kinerja mesin. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan secara rutin agar tidak terjadi kerusakan. Perawatan seperti ini perlu dilakukan agar umur dari mesin nut cracker di dalam pabrik bisa lebih lama, dan dapat digunakan tanpa harus mengganti dengan mesin yang baru.

  1. Cara Perawatan Spare Part Ripple Mill / Nut Cracker / King Cracker di Pabrik Sawit

Perawatan pada king cracker perlu dilakukan dengan rutin dan berkala, hal ini juga termasuk pada pengecekan sparepart dan penggunaan mesin yang sesuai dengan kapasitasnya. Apabila terjadi suatu masalah pada ripple mill, maka segera bawa ke pihak yang lebih paham di bidangnya. Sehingga mesin nut cracker tersebut bisa ditangani dengan baik hingga kembali seperti semula.

Keberadaan mesin ripple mill pada sebuah pabrik kelapa sawit, tepatnya pada stasiun pengolahan inti, memang begitu penting. Beberapa merek mesin ripple mill sendiri yang terkenal dan paling banyak digunakan yaitu EMI, MSB, Laju, CB, Modipalm, dan masih banyak lainnya yang bisa anda pesan di beberapa perusahaan di Indonesia.

 

Leave a Reply