Mengulik Lebih Dalam Mesin EFB Press Yang Dipergunakan Pada Usaha Kelapa Sawit

Mengulik Lebih Dalam Mesin EFB Press Yang Dipergunakan Pada Usaha Kelapa Sawit

Yuk kita kenali mesin EFB Press ya.

Bagi anda yang memiliki lahan tanaman kelapa sawit dan berniat untuk menjadikannya sebagai sektor bisnis, maka tak ada salahnya untuk mempelajari mesin press. Baik memahami cara hitungnya, cara perawatannya, jenis nya, dan penanganannya. Untuk memahaminya simak ulasan berikut ini.

Mengulas Lebih Dalam Tentang Mesin Press Kelapa Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas EFB Press Pabrik Sawit

Mesin pengolah tandan kosong atau EFB merupakan sebuah alat yang dapat mengolah limbah biologis dari hasil proses pengolahan minyak kelapa sawit. Pada tahapan awal, pemeras drum tunggal EFB memiliki fungsi untuk emmeras sisa minyak dengan mengurangi kandungan air dalam EFB. Ketika mesin press digunakan, EFB akan mengurangi kandungan air dan memotongnya menjadi bagian bagian kecil sepanjang 2 – 4 atau 1 hingga 2 inci.

Kapasitas fiber yang lebih pendek dapat meningkatkan efisiensi proses pembakaran di dalam mesin boiler. Setelah melalui beberapa proses pembakaran dan penyaringan, mesin press akan memiliki kapasitas memuat serat sepanjang 4 hingga 6 inci. Untuk mesin press jenis SE/SSP 50 memiliki kapasitas sekitar 6 MT yang diukur dengan proses pemerasan EFB segar selama perjamnya. Sedangkan pada proses peras EFB utuh akan memiliki kapasitas 12 MT.

  1. Cara Perawatan Mesin Press Tandan Kosong Di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin press tandan kosong EFB merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk mengolah limbah hasil proses penyaringan kelapa sawit. Karena digunakan untuk menyaring limbah biologis, maka mesin press harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Lakukan proses pengecekan secara berkala guna mendeteksi adanya kerusakan pada bagian tertentu. Adanya satu saja celah kerusakan, membuat mesin press tak dapat digunakan secara maksimal.

  1. Sparepart Mesin Press Janjangan Kosong Sawit Di PKS

Untuk bisa mendapatkan komponen mesin press janjangan kosong, anda perlu mencari jasa penjual mesin janjangan kosong yang terpercaya. Mengingat banyak jenis sparepart dari mesin press ini, maka anda perlu bijak dalam memilih komponen tersebut. Adapun jenis sparepart yang bisa digunakan ialah demag crane, nozzle, cutter, plate, knife bar, press cage, karet pintu rebusan, dan masih banyak lagi.

  1. Service Dan Perawatan Mesin Empty Bunch Press Di Pabrik Sawit

Beberapa cara merawat mesin empty bunch, ialah melakukan pembersihan pada setiap sisinya, melakukan pemeriksaan kabel instalasi, melakukan pelumasan pada bagian tertentu, mencegah peningkatan oil loss akibat overload, pembersihan berkala pada bodi dan bagian lainnya dari kotoran minyak yang lengket, dan pemeriksaan secara berkala. Setelah digunakan, ada baiknya untuk membersihkan bagian mesin yang susah dijangkau.

  1. Pergantian Sparepart EFB Press Di Pabrik Kelapa Sawit

Jika ditemukan kerusakan pada bagian mesin, maka anda perlu melakukan pergantian. Jika dirasa mesin sedikit usang, maka anda perlu menggantinya dengan yang lebih baru agar performanya semakin meningkat. Hal tersebut juga dilakukan agar kondisi mesin press EFB tidak semakin rusak. Anda tentunya tahu bahwa mesin press EFB digunakan untuk mengolah limbah. Jika mesin tersebut rusak, maka pengolahan limbah tidak bisa maksimal.

Mesin press EFB memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis minyak kelapa sawit. Pasalnya, minyak kelapa sawit akan memiliki nilai jual tinggi jika terbebas dari limbah biologis. Jika anda sudah memiliki mesin press EFB, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kualitas hasil minyak kelapa yang sedang anda kelola. Bila perlu lakukan penggantian spare part lama dengan komponen terbaru.

Leave a Reply