Mengulik Komponen dari Pintu Rebusan PKS di Pabrik Sawit

Mengulik Komponen dari Pintu Rebusan Sawit di PKS

Apa saja sih Komponen Pintu Rebusan PKS?

Pabrik kelapa sawit merupakan sebuah tempat pengolahan sawit yang terdiri atas banyak mesin, dimana salah satunya yaitu sterilizer dengan pintu rebusannya. Mesin ini berupa bejana yang menggunakan uap dengan tekanan tertentu, yang berguna untuk merebus sawit. Tujuan dari perebusan tersebut adalah untuk mempermudah pelepasan brondolan buah sawit.

Mesin Sterilizer di Pabrik Kelapa Sawit

  1. Sparepart Pintu Rebusan Sawit : Door Packing, Sterilizer Door Key, Ratchet

Mesin sterilizer atau pintu rebusan sawit merupakan salah satu dari sekian banyak mesin, yang mempunyai peranan penting dalam pengolahan buah sawit. Terdapat beberapa fungsi dan juga kegunaan dari pintu rebusan ini, dimana fungsinya tersebut tidak terlepas dari adanya sparepart atau komponen yang menunjangnya.

Pintu rebusan sawit terdiri atas beberapa komponen di antaranya yaitu door packing, sterilizer key, dan ratchet. Dimana bagian door packing atau karet pintu rebusan sendiri merupakan bagian yang sangat penting pada sterilizer. Banyak produsen di Indonesia yang telah menyediakan berbagai sparepart ini, sehingga anda tidak perlu melakukan impor dari luar negeri.

  1. Material Sparepart Pintu Rebusan Diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm dan 3200mm di Pabrik Sawit

Mesin pintu rebusan sawit sangat penting di dalam proses pengolahan buah sawit di pks, maka merupakan hal yang wajib untuk mengetahui lebih dalam mengenai sparepart yang ada di dalamnya. Pada pintu rebusan terdapat sekitar 5 karet yang umumnya digunakan pada pabrik kelapa sawit, yaitu dengan diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm, dan 3200mm.

Pintu rebusan ini memiliki seal yang berguna dalam menjaga performa keseluruhan mesin sterilizer yang bernama ethylene propylene diene. Ethylene propylene diene atau EPDM ini adalah salah satu contoh dari gasket, yang digunakan untuk pelapisan sambungan antar komponen di dalam mesin tersebut.

  1. Pergantian Sparepart Pintu Rebusan Diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm dan 3200mm di Pabrik Sawit

Sama halnya dengan mesin lainnya di pabrik kelapa sawit, baik itu mesin sterilizer dan pintu rebusannya juga perlu untuk diganti komponennya bila mengalami aus atau masalah lain. Packing pintu rebusan yang menggunakan EPDM sendiri memang sebenarnya lebih awet dan dapat bertahan lama, namun bukan tidak mungkin bahwa komponen ini juga bisa mengalami aus.

  1. Service dan Perawatan Spare part Pintu Rebusan Diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm dan 3200mm di Pabrik Sawit

Service serta perawatan yang dilakukan pada mesin pabrik kelapa sawit merupakan hal yang wajib dilakukan, untuk menunjang proses pengolahan sawit itu sendiri. Agar kapasitas kerjanya tidak menurun, dan tidak ada hambatan apapun dalam pengolahan buah sawit tersebut menjadi CPO atau crude palm oil.

Oleh karena itu selain perawatan berkala, apabila terdapat komponen yang bermasalah maka harus segera dilakukan service kepada tim ahli di bidangnya, agar bisa mengembalikan kinerja dari sterilizer. Untuk saat ini sudah terdapat cukup banyak perusahaan yang telah menyediakan jasa service dan perawatan pintu rebusan sawit.

  1. Cara Perawatan Spare part Pintu Rebusan Diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm dan 3200mm di Pabrik Sawit

Agar sebuah mesin bisa berjalan dengan baik dan memiliki umur yang panjang, maka alat tersebut harus digunakan sesuai dengan kapasitasnya. Termasuk juga dengan pintu rebusan sawit, dimana dna harus menggunakannya sesuai dengan kapasitasnya baik itu diameter 1200mm, 1500mm, 2100mm, 2700mm, dan 3200mm. Hal ini juga termasuk salah satu cara perawatan sterilizer.

Pengetahuan serta cara perawatan yang lengkap sesuai dengan diameter pintu rebusan sawit perlu untuk diketahui, terlebih oleh bagian yang mengoperasikannya. Agar mesin yang merupakan bagian penting dari proses produksi sawit ini, bisa terus berjalan dan bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Leave a Reply