Mengulas Secara Lengkap Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Mengulas Secara Lengkap Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Yuk kita belajar tentang rotary brush strainer di pabrik sawit,

Kelapa sawit adalah salah satu komoditi lokal yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dimana dari proses pengolahannya bisa didapatkan minyak kelapa sawit serta minyak inti. Proses pengolahan tersebut melibatkan berbagai mesin, salah satunya rotary brush strainer yang berfungsi untuk mengurangi jumlah pasir dan padatan.

Penyaringan Kotoran dengan Mesin Rotary Brush Strainer

  1. Cara Menghitung Kapasitas Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Kapasitas dari rotary brush strainer bisa diketahui melalui spesifikasi dari mesin itu sendiri. Dimana proses pengolahan sawit juga akan dipengaruhi oleh kapasitas beban yang mampu ditanggung oleh mesin rotary brush strainer ini. Bisa jadi dalam satu jenis mesin memiliki kapasitas yang berbeda beda, karena kebutuhan produksi dari setiap pks pun tidaklah sama.

  1. Cara Perawatan Rotary Brush Strainer di Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan yang dilakukan pada berbagai mesin di pabrik kelapa sawit dilakukan dengan cara yang beragam, mulai dari cara yang mudah hingga cara yang sulit. Yang mana tugas ini biasanya akan diserahkan kepada ahli yang telah memahami perihal seluk beluk mesin yang ada di pabrik kelapa sawit.

Perawatan yang dilakukan pada rotary brush strainer ini akan menjadi lebih intens apabila mesin tersebut telah digunakan cukup lama. Kondisi ini umumnya juga diikuti oleh penurunan kinerja dari alat tersebut. Salah satu solusi yang bisa mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti beberapa bagian yang telah aus dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Sparepart Mesin Rotary Brush Strainer Pabrik Sawit

Setiap komponen yang terdapat di dalam alat di pabrik, memiliki fungsi yang berbeda beda meski berbagai komponen tersebut berada di dalam satu mesin yang sama. Alat rotary brush strainer sendiri terdiri atas saringan dan sikat gigi yang bisa berputar. Saringan berfungsi untuk memisahkan material, dan sikat gigi digunakan untuk mempercepat proses tersebut.

  1. Service dan Perawatan Rotary Brush Strainer Pabrik Sawit

Service dan perawatan adalah beberapa hal yang perlu dilakukan pada mesin mesin yang digunakan di pabrik kelapa sawit. Karena penggunaan alat yang secara terus menerus tanpa disertai dengan perawatan dapat berakibat langsung pada umur mesin itu sendiri, yang akan menjadi semakin pendek. Kerusakan yang semakin parah bisa membuat mesin tidak dapat digunakan kembali.

Dengan begitu satu satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah mengganti mesin yang telah rusak tersebut dengan yang baru, yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka service dan perawatan dijadikan sebagai alternatif dalam mempertahankan kinerja dan umur dari mesin rotary brush strainer tersebut.

  1. Pergantian Sparepart Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Sebagaimana halnya dengan mesin mesin yang lain yang ada di pabrik sawit, alat rotary brush strainer yang telah mengalami aus atau kerusakan harus segera diganti agar pengolahan di pabrik dapat terus berjalan dengan baik. Berbagai komponen di dalam rotary brush strainer ini diganti dengan yang baru, sehingga dapat bekerja seperti sedia kala.

Untuk mendapatkan sparepart dari rotary brush strainer, anda bisa membelinya melalui proses impor dari luar negeri tetapi dengan kekurangan waktu pengiriman yang dapat berlangsung lama. Namun saat ini juga sudah ada beberapa perusahaan dalam negeri yang menyediakan stok spare part dari mesin rotary brush strainer yang bisa anda pesan.

Alat rotary brush strainer umumnya ditempatkan pada pipa aliran, antara clarifier settling tank atau CST dengan sludge separator. Dengan adanya mesin rotary brush strainer, maka penyulingan minyak dari sludge mampu dimaksimalkan. Dimana rotary brush sendiri terbuat dari porselen maupun logam yang bisa memisahkan pasir maupun lumpur dengan bantuan pompa.

Leave a Reply