Mengulas Lengkap Komponen Turbin Shinko di Pabrik Sawit

Turbin uap di pabrik kelapa sawit menjadi salah satu alat yang sangat krusial, karena turbin uap ini digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik di PKS selain menggunakan genset. Turbin uap yang banyak digunakan umumnya yaitu turbin uap Shinko, dimana mesin besutan Jepang tersebut memiliki berbagai komponen penunjang berkualitas di dalamnya.

Sparepart Turbin Uap Shinko di Pabrik Sawit

  1. Sparepart Turbin Shinko di Pabrik Kelapa Sawit : Gland Seal, Emergency Trip Device, Sentinel & Hand Nozzle Valve, Steam Strainer, Solenoid Valve, Governor Valve, Spindle, Turbine Shaft

Komponen atau sparepart di dalam turbin Shinko terdiri atas berbagai macam seperti gland seal, emergency trip device, sentinel & hand nozzle valve, steam strainer, solenoid valve, governor valve, spindle, dan turbine shaft. Dimana semua bagian ini memiliki fungsi serta kegunaannya masing masing dalam meningkatkan kinerja dari turbin uap Shinko.

Selain itu pada turbin uap itu sendiri terdiri atas turbin yang berguna sebagai pengubah energi menjadi panas dari uap air. Lalu ada juga bagian pompa air yang berperan penting untuk menghasilkan tekanan pada air dan mengalirkannya ke boiler. Semua bagian ini bekerja sama membentuk sebuah fungsi dari mesin turbin uap.

  1. Material Sparepart Turbin SHINKO RB4, RB4M, RB5, RB5M di Pabrik Kelapa Sawit

Material dari sparepart turbin uap Shinko baik kapasitas RB4, RB4M, RB5, dan RB5M memiliki jenis yang hampir sama. Mulai dari stainless steel, carbon steel, white metal with steel, bronze, dan cast steel. Dimana berbagai material ini dipilih sesuai dengan suatu fungsi dari sparepart yang bersangkutan, dalam meningkatkan kinerja dari mesin turbin.

  1. Pergantian Sparepart Turbin SHINKO RB4, RB4M, RB5, RB5M di Pabrik Kelapa Sawit

Sebuah komponen atau sparepart yang menyusun suatu mesin atau alat produksi di pabrik sawit perlu dilakukan pergantian. Hal ini karena sebuah alat yang digunakan pada proses produksi secara terus menerus dengan kapasitas yang sama, lama kelamaan tentu akan mengalami penurunan kinerja. Akibat dari aus pada komponennya atau masalah lainnya.

Oleh sebab itu pergantian komponen pada turbin uap Shinko baik itu dengan kapasitas RB4, RB4M, RB5, dan RB5M perlu dilakukan secara berkala. Dengan sparepart baru yang berkualitas dan resmi, tentunya turbin uap Shinko akan berjalan dengan baik sebagaimana fungsinya. Kini beberapa perusahaan di Indonesia sudah mulai menyediakan sparepart serta suku cadang turbin.

  1. Service dan Perawatan Turbin SHINKO RB4, RB4M, RB5, RB5M di Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan serta service perlu dilakukan pada mesin mesin di pabrik kelapa sawit, termasuk juga mesin turbin uap Shinko ini. Dimana perawatannya sendiri dilakukan sesuai dengan kapasitas dari turbin tersebut, baik itu pada kapasitas RB4, RB4M, RB5, dan RB5M. Sedangkan service perlu diberikan pada tangan tangan ahli, agar mesin turbin uap tersebut ditangani dengan tepat.

  1. Cara Perawatan Spare Part Turbin SHINKO RB4, RB4M, RB5, RB5M di Pabrik Kelapa Sawit

Pada proses perawatan turbin uap Shinko, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Pengecekan berkala terhadap minyak pelumas mesin turbin harus selalu diterapkan, selain itu minyak pelumas ini juga harus diganti apabila turbin telah beroperasi selama kurang lebih 8000 jam. Dengan begitu mesin turbin Shinko pun bisa digunakan dalam waktu lama.

Penggunaan mesin turbin uap di pabrik kelapa sawit memang menjadi hal yang sangat penting, dimana tanpa mesin ini semua mesin di pabrik tidak bisa beroperasi dengan baik. Pasalnya turbin uap berguna sebagai pembangkit listrik, yang nantinya bisa digunakan untuk menjalankan seluruh mesin di berbagai stasiun pengolahan kelapa sawit.

Leave a Reply