Mengintip Macam Macam Sparepart Digester di Pabrik Kelapa Sawit

Pada pengolahan buah kelapa sawit di PKS, terdapat mesin bernama Digester yang menjadi salah satu alat penting dalam menjadikan buah sawit menjadi minyak. Digester ini berfungsi melumatkan brondol buah kelapa sawit, melalui sebuah proses pengadukan yang cepat yaitu sekitar 25 hingga 26 rpm. Fungsi dari alat ini tidak terlepas dari komponen atau sparepart di dalamnya.

Sparepart Mesin Digester di PKS

  1. Sparepart Digester Pabrik Sawit : V-Block, Bottom Plate, Expeller Arm, Long Arm, Short Arm, Fluid Coupling

Sebuah mesin atau alat di pabrik tidak akan bisa bekerja dengan baik sesuai fungsinya apabila tidak ada komponen pendukung. Mesin digester sendiri memiliki beberapa komponen seperti V-block, bottom plate, expeller arm, long arm, short arm, dan fluid coupling yang memiliki kegunaan berbeda beda.

Long arm dan short arm pada mesin digester memiliki fungsi bagian untuk melumat atau melunakkan brondol buah sawit. Jadi buah kelapa sawit yang dimasukkan ke dalam mesin digester, nantinya akan dicincang atau dilumat di dalam putaran dengan menggunakan bagian long arm dan short arm ini.

  1. Material Sparepart Digester 3500 Liter, 4000 Liter, 4500 Liter, 5000 Liter dan 6000 Liter di Pabrik Sawit

Digester memiliki kapasitas beragam dan berbeda beda di satu pabrik dan pabrik lainnya, dimana kapasitas tersebut dipilih sesuai dengan kapasitas produksi dari suatu pks itu sendiri. Kapasitas digester yang umum ditemukan yaitu mulai dari 3500 liter, 4000 liter, 4500 liter, 5000 liter, dan 6000 liter. Bahkan beberapa pabrik juga da yang menggunakan digester kapasitas 3000 liter.

Semakin besar ukuran dari diameter digester, maka akan semakin baik untuk menjaga retensi minyak agar semakin lama. Agar hasil dari digester terjaga dengan baik, maka anda atau bagian pengoperasian digester perlu mempelajari dengan betul bagaimana prosedur dan cara kerja dari mesin tersebut.

  1. Pergantian Sparepart Digester 3500 Liter, 4000 Liter, 4500 Liter, 5000 Liter dan 6000 Liter di Pabrik Sawit

Sebuah mesin di pabrik tentu lama kelamaan akan mengalami aus bila digunakan terus menerus. Oleh sebab itu beberapa pergantian perlu dilakukan pada komponen di dalam mesin, agar bisa menjaga fungsi kerja dari mesin yang bersangkutan. Sparepart mesin digester sendiri beberapa sudah mulai tersedia di Indonesia, dan bisa anda pesan untuk kebutuhan pabrik.

  1. Service dan Perawatan Spare Part Digester 3500 Liter, 4000 Liter, 4500 Liter, 5000 Liter dan 6000 Liter di Pabrik Sawit

Service dan perawatan dari berbagai komponen mesin digester perlu dilakukan secara berkala dan periodik, agar menjaga kinerja dari alat tersebut. Dengan perawatan yang baik, maka mesin digester akan memiliki umur yang lebih panjang, dan bisa digunakan lebih lama untuk proses produksi di sebuah pabrik kelapa sawit.

  1. Cara Perawatan Spare Part Digester 3500 Liter, 4000 Liter, 4500 Liter, 5000 Liter dan 6000 Liter di Pabrik Sawit

Untuk proses perawatan dari mesin digester, baik itu kapasitas 3500 liter, 4000 liter, 4500 liter, 5000 liter, dan 6000 liter sebenarnya tidak terlalu rumit. Dimana anda harus selalu memperhatikan mesin ini setiap kali digunakan. Jangan sampai terdapat komponen yang aus, karena bisa berpengaruh terhadap proses produksi keseluruhan.

Apabila terdapat sparepart yang sudah tidak layak atau tidak dapat diperbaiki lagi, maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. Agar proses produksi tidak terhambat dan malah membuat mesin menjadi rusak fatal akibat komponennya yang bermasalah. Anda bisa membeli sparepart yang baru di berbagai perusahaan di Indonesia, yang menjual sparepart mesin pabrik.

Leave a Reply