Mengintip Kinerja Genset Pabrik Kelapa Sawit pada Engine Room

Mengintip Kinerja Genset pada Engine Room Pabrik Kelapa Sawit

Yuk liat artikel tentang Genset Pabrik Kelapa Sawit ini,

Pengolah dari kelapa sawit menjadi CPO atau crude palm oil, tidak akan terjadi hanya dalam satu malam saja. Terdapat beberapa stasiun pengolahan yang harus dilewati terlebih dahulu hingga kelapa sawit bisa diolah dan siap digunakan. Semakin besarnya kapasitas produksi, maka penggunaan energi listrik yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi. Standarnya, pengolahan kelapa sawit membutuhkan sebesar 17 hingga 19 kWh/ton TBS.

Kinerja Genset Sebagai Pembangkit Listrik Pabrik Kelapa Sawit

  1. Engine Room Pabrik Kelapa Sawit

Di dalam engine room pabrik kelapa sawit terdapat diesel genset. Karena sebuah pabrik kelapa sawit umumnya terletak di tengah hamparan kebun kelapa sawit yang begitu luas, dan biasanya tidak ada suplai listrik dari PLN yang memadai. Sehingga diesel generator atau yang akrab disebut genset menjadi sangat penting, tentunya dengan kapasitas yang cukup besar.

Di dalam pabrik kelapa sawit sendiri, engine room station bisa disebut sebagai PLN skala kecil. Dimana semua pusat tenaga listrik dari semua mesin pengolahan kelapa sawit berasal dari sini. Kemudian di dalam engine room juga terdapat turbin uap, yang berguna untuk menghasilkan uap kering. Dimana turbin dan diesel genset harus beroperasi secara efisien agar dapat menjadi sumber pembangkit tenaga listrik.

  1. Efisiensi Genset Pabrik Kelapa Sawit

Diesel genset merupakan sumber tenaga listrik yang utama, ketika turbo alternator tidak dapat beroperasi. Genset ini juga berguna untuk membantu turbo generator pada saat mengalami kekurangan power. Apabila genset menimbulkan kerugian, maka efisiensinya turun dari 100 persen. Dimana efisiensi diesel ditentukan oleh kekuatan sirkuit beban serta total watt yang dihasilkan.

  1. Kamar Mesin Genset di Pabrik Kelapa Sawit

Kamar mesin genset harus memiliki sirkulasi udara yang baik, seperti ventilasi ataupun exhaust agar sirkulasi udara bisa lancar. Kamar mesin yang memiliki sirkulasi udara baik bisa membuat genset tidak cepat panas. Gas pembuangan dari genset juga perlu diperhatikan, pastikan gas tersebut terbuang di ruangan terbuka agar tidak mengganggu kamar mesin. Selain itu ada baiknya anda memilih genset yang gas pembuangannya lebih ramah lingkungan.

  1. Service dan Perawatan Genset di Pabrik Sawit

Service serta perawatan genset perlu dilakukan agar mesin tersebut bisa tetap bekerja dengan baik. Beberapa cara perawatan yang bisa anda lakukan mulai dari kebersihan genset yang harus terus dijaga. Kemudian ganti sparepart genset secara berkala, mulai dari radiator, filter oil, fuel filter, filter udara, dan lain lain. Lalu periksa juga bahan bakar genset terisi full atau cukup, agar genset bisa menyala dengan baik.

  1. Jual Genset untuk Pabrik Kelapa Sawit

Segera dapatkan genset yang memadai untuk pabrik kelapa sawit anda, karena genset ini berguna untuk mensuplai kebutuhan domestik saat pabrik  belum aktif, dan turbin tidak mampu bekerja. Genset dioperasikan untuk proses pertama pabrik hingga pabrik bisa menghasilkan fiber dan shell, yang berguna untuk bahan bakar boiler. Dimana boiler mampu menghasilkan steam untuk menggerakkan steam turbin hingga menghasilkan energi listrik secara berkelanjutan.

Proses pengolahan kelapa sawit memang melalui beberapa tahapan yang cukup panjang, sehingga memerlukan konsumsi energi listrik yang besar. Semakin besarnya kapasitas produksi, kompleksitas proses serta automation, konsumsi listrik yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Oleh karena itu genset diperlukan dalam engine room, untuk menjadi salah satu sumber pembangkit listrik yang berguna untuk rangkaian proses produksi kelapa sawit.

Leave a Reply