Mengenal Vibrating Screen, Pemisah Material pada Pengolahan Minyak Kelapa Sawit

Vibrating Screen

Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang biasanya diolah menjadi minyak sawit. Pada proses pengolahan sawit melalui menggunakan beberapa tahapan. Salah satu tahapan di dalamnya yaitu pemisahan padatan partikel yang terkandung pada minyak kasar dengan menggunakan vibrating screen, sehingga menghasilkan bahan yang murni. Berikuti ini ulasan mengenai perhitungan kapasitas vibrating screen dan perawatannya.

 Pemisahan Non Oil Solid dengan Vibrating Screen

  1. Cara Menghitung Kapasitas Vibrating Screen Pabrik Sawit

Prinsip kerja vibrating serupa dengan penyaringan menggunakan ayakan getar dengan ukuran mesh tertentu. Kapasitas dari vibrating screen tergantung dari spesifikasi alat. Proses pengolahan akan berdasarkan kapasitas beban yang diterima oleh seluruh unit pengolahan termasuk juga vibrating screen. Dengan mengetahui kapasitas yang akan menjadi beban pada proses penyaringan, maka dapat diketahui beberapa hal untuk merancang bangunan inclined  vibrator screen.

  1. Cara Perawatan Vibrating Screen di Pabrik Sawit

Setiap peralatan yang digunakan di pabrik besar terutama pabrik kelapa sawit membutuhkan perawatan, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada setiap komponennya. Begitupun dengan vibrating screen, adanya perawatan akan membantu alat ini agar dapat bekerja secara maksimal. Kerusakan pada alat justru akan membuat biaya pengeluaran produksi menjadi lebih banyak, karena harus melakukan perbaikan komponen mesin atau pergantian alat yang baru.

  1. Sparepart Mesin Vibrating Screen di Pabrik Sawit

Alat ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain untuk menjalankan fungsi alat. Meskipun demikian, setiap komponen biasanya memiliki fungsi yang berbeda beda. Sparepart mesin vibrating dapat diperoleh dengan membeli di perusahaan mesin pembuat mesin ataupun atau perusahaan yang menjual sparepart. Biasanya sparepart harus lebih banyak dijual di luar negeri, sehingga pembuatannya membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini tentunya kurang efektif, mengingat pengolahan harus dilakukan setiap waktu. Namun, untuk lebih menyingkat waktu dan tidak menghambat proses produksi, anda bisa memesan di perusahaan yang melayani pembuatan sparepart. Sebelumnya, perusahaan tersebut harus memahami jenis mesin yang anda gunakan. Hal ini bertujuan agar sparepart yang dihasilkan lebih sesuai dengan mesin tersebut, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi.

  1. Service dan Perawatan Vibrating Screen di Pabrik Sawit

Perawatan mesin memang menjadi hal yang sangat penting dalam suatu proses produksi. Setiap pabrik biasanya memiliki teknisi yang memang bekerja khusus untuk melakukan perawatan pada mesin. Selain itu, perawatan juga dapat dilakukan dengan memakai jasa teknisi dari perusahaan pendistribusi mesin tersebut. Service dan perawatan yang tidak dilakukan oleh ahlinya dapat menyebabkan kesalahan perawatan yang berakibat pada kerusakan mesin tersebut.

  1. Pergantian Mesh, Gasket, Screen di Mesin Vibrating Screen di Pabrik Sawit

Mesin yang sudah digunakan cukup lama akan menunjukkan penurunan performa. Bahkan beberapa komponen ditemukan mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku pada alat vibrating screen. Jika sparepart seperti mesh, gasket dan screen sudah mulai usang dan kurang maksimal dalam menjalankan proses produksi, maka anda harus melakukan pergantian pada komponen tersebut. Pergantian alat ini juga berfungsi untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

Itulah beberapa informasi mengenai vibrating screen. Adapun kelebihan dari penggunaan vibrating screen yaitu dapat menghasilkan produk yang uniform. Selain itu, papan lubang pada alat ini dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Adanya getaran pada alat ini berfungsi untuk mempercepat proses pengayakan dan menghindari terjadinya penyumbatan. Selain digunakan di industri kelapa sawit, alat ini juga kerap digunakan di industri makanan maupun penambangan.

Leave a Reply