Mengenal Steam Separator pada Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Investasi pabrik kelapa sawit sekarang ini mungkin menjadi salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan, bahkan memiliki prospek yang begitu baik. Untuk menjadikan pabrik kelapa sawit sebagai pabrik yang sukses, kuncinya terletak pada penggunaan mesin yang berguna sebagai metode produksi. Berikut simak ulasan mengenai steam separator yang merupakan bagian penting dari mesin turbin pabrik kelapa sawit.

Steam Separator pada Mesin Turbin Kelapa Sawit

  1. Steam Separator di Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Turbin pabrik kelapa sawit adalah sumber utama pembangkit listrik yang ada di pks. Turbin ini juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah pabrik kelapa sawit. Cara kerjanya sendiri yaitu dengan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Mesin ini mampu bekerja karena adanya uap yang diperoleh melalui boiler, namun pekerjaannya tidak akan bisa maksimal bila tidak mendapat bantuan dari berbagai jenis peralatan pendukung lain.

Terdapat cukup banyak peralatan pendukung dari sistem turbin kelapa sawit tersebut, salah satunya yaitu separator. Steam separator memiliki fungsi mencegah terjadinya kemungkinan dari uap basah masuk pada steam turbin. Jadi separator bekerja dengan memisahkan kandungan air yang ikut terbawa oleh uap dari sisi shell, dimana uap kering yang dihasilkan oleh bagian separator akan digunakan untuk memutar turbin.

  1. Ukuran Valve di Steam Separator Turbin Uap Pabrik Sawit

Steam separator yang merupakan bagian penting dari turbin uap tidak akan mampu berjalan sesuai fungsinya, apabila tidak dilengkapi dengan klep valve turbin. Klep valve tersebut memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya tekanan serta jumlah steam yang masuk ke dalam turbin. Terdapat beberapa jenis valve turbin yang dapat anda gunakan untuk kelancaran produksi, dimana ukurannya sendiri disesuaikan terhadap ukuran dari steam separator yang ada.

  1. Prinsip Kerja Steam Separator Turbin Uap Pabrik Sawit

Prinsip kerja steam separator turbin uap yaitu uap masuk ke dalam turbin melalui nosel, dimana nosel ini berfungsi untuk mengubah energi panas uap menjadi energi kinetis. Kemudian uap yang memancar keluar dari nosel akan diarahkan pada sudu sudu turbin, yang terbentuk lengkungan serta dipasang di sekeliling rotor. Perubahan dari kecepatan uap menimbulkan gaya yang dapat memutar poros turbin, kemudian menghasilkan energi mekanik.

  1. Jual Steam Separator Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Turbin uap Shinko merupakan salah satu mesin yang paling banyak dipilih di Indonesia untuk media produksi. Turbin uap Shinko tersebut telah dirancang, diproduksi, serta diuji di negara Jepang sejak tahun 1956. Yang kemudian mulai diterima luas di bidang industri kelapa sawit. Turbin uap Shinko RB4, RB4M, RB5, RB5 bisa anda pilih sesuai kebutuhan untuk pabrik kelapa sawit yang anda jalankan. Segera dapatkan untuk proses produksi yang lebih lancar.

  1. Service dan Perawatan Turbin PKS

Perawatan dari mesin turbin bertujuan untuk menjaga kesinambungan kinerja antara mesin mesin selalu terjaga dengan baik. Apabila perawatan mesin turbin pada pabrik kelapa sawit tidak dilakukan secara periodik, maka mesin dapat mengalami exhausted dalam bekerja sehingga bisa mengganggu kapasitas produksi. Cara perawatan dimulai dari cek vibrasi turbin minimal sekali dalam satu tahun, dimana mesin sudah melakukan operasi sejauh 8 ribu jam.

Turbin uap beserta semua komponennya termasuk steam separator, merupakan bagian yang penting pada pabrik kelapa sawit. Semua sistem dalam mesin ini merupakan kunci dari suksesnya pengolahan kelapa sawit. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan atau service secara berkala pada mesin, untuk menjaga kesinambungan dari sistem yang ada di dalamnya. Dengan begitu mesin bisa bekerja dengan maksimal, dan menghasilkan kapasitas produksi yang juga maksimal.

Leave a Reply