Mengenal Sistem Fan / Blower di Pabrik Sawit

Mengenal Sistem Fan / Blower di Pabrik Sawit

Mengenal Sistem Fan / Blower di Pabrik Sawit

Dalam pengolahan buah sawit, ada banyak mesin yang digunakan. Sebagai produsen pabrik kelapa sawit, penting untuk mengetahui betul peralatan yang digunakan mulai dari nama mesin, cara perawatan hingga pergantian sparepart. Salah satu alat yang tidak kalah pentingnya adalah fan / blower di pabrik sawit. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, berikut ulasannya.

Penggunaan Sistem Fan / Blower di Pabrik Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Fan / Blower di Pabrik Sawit

Sebagai pebisnis kelapa sawit tentunya setiap anggaran yang dikeluarkan menjadi hal penting untuk diperhitungkan. Karena bisnis kelapa sawit ini memerlukan proses produksi yang cukup panjang, maka alurnya akan berbeda. Maka dari itu, penting untuk menghitung semua kapasitas pengolahan bahan, termasuk kapasitas fan / blower ini.

Sebelum daya yang ada di fan / blower bisa dihitung, sejumlah parameter pengoperasian harus diukur dengan tepat. Hal ini juga termasuk tekanan head, suhu aliran pada fan, dan kecepatan udara yang akan digunakan. Untuk itu, komponen di fan ini harus beroperasi dengan benar pada kecepatan sesuai standar.

Tidak berhenti sampai di situ saja, anda juga harus memastikan operasi mesin berada pada kondisi stabil, termasuk berat jenis, suhu, dan resistansi sistem yang teratur. Selanjutnya, barulah daya dari blower bisa dihitung efisiensi fan / blower. Perhitungan dimulai dari berat jenis gas, kecepatan udara rata – rata, aliran volumetrik, daya blower dan terakhir efisiensinya.

  1. Cara Perawatan Fan / Blower di Pabrik Kelapa Sawit

Setiap peralatan yang ada di pabrik kelapa sawit digunakan setiap harinya secara terus menerus. Pada umumnya kelangsungan proses produksi di pabrik sawit dapat beroperasi sepanjang tahun agar mencapai keuntungan yang maksimal. Untuk itu perlu adanya memonitor kondisi mesin, membersihkan peralatan dan perawatan berkala.

Pemeliharaan ini merupakan hal yang harus dilakukan agar meminimalkan biaya untuk membeli mesin baru. Karena harga peralatan yang digunakan di pabrik sawit tidaklah murah. Maka dari itu sangat dibutuhkan kegiatan perawatan mesin untuk digunakan setiap proses produksi.

  1. Sparepart Fan & Kernel Heater di Pabrik Sawit

Fan dan Kernel Heater pada pengolahan kelapa sawit digunakan untuk proses pengolahan biji. Oleh karena itu terdapat beberapa bagian penting yang berfungsi untuk membantu proses produksi. Yaitu CBC atau cake breaker conveyor, depericarper, nut silo, ripple milk, claybath, kerner dryer, dan yang terakhir kernel storage.

  1. Service Dan Perawatan Fan & Kernel Heater Pabrik Sawit

Selain menggunakan peralatannya, fan dan kernel heater yang ada di pabrik sawit harus dipelihara dengan sistem yang terukur. Mulai dari preventive maintenance yang dilakukan harian, mingguan, dan bulanan, sampai menganalisa kerusakan yang ada, sebagai langkah perawatan. Tipe pemeriksaan dan perbaikan ini dilakukan untuk mencegah kerusakan.

  1. Pergantian Sparepart Fan & Kernel Heater di Pabrik Sawit

Jika terjadi kerusakan atau kesalahan, maka sparepart fan dan kernel heater harus segera diganti. Dalam hal ini perbaikan dapat dilakukan sesegera mungkin sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal. Sebab, biaya penggantian dan lamanya mesin beroperasi dapat diminimalkan, dibandingkan dengan memperbaiki fan dan kernel heater setelah rusak total.

Itulah beberapa ulasan mengenai sistem fan / blower yang ada di pabrik sawit. Sebelum menggunakan peralatan yang ada, biasanya kapasitas dari peralatan dihitung terlebih dahulu untuk memastikan produksi diolah dengan tepat. Tidak hanya itu saja, proses produksi kelapa sawit yang bisa dilakukan sepanjang tahun membuat perawatan fan / blower harus dijaga secara berkala.

 

 

Leave a Reply