Mengenal Mesin Screw Press di Pabrik Sawit

Mengenal Mesin Screw Press di Pabrik Sawit

Pada pengolahan kelapa sawit biasanya terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan dengan menggunakan alat tertentu. Salah satu alat yang berperan penting di pabrik sawit adalah mesin screw. Alat ini umumnya digunakan dalam proses pemisahan minyak pada mesin digester. Untuk dapat memaksimalkan kinerjanya, ada beberapa komponen yang ada di screw press agar mesin bekerja lebih baik. Jika anda penasaran, berikut ulasan detailnya.

Sparepart Mesin Screw Press Di Pabrik Sawit Serta Perawatannya yang Wajib Anda Tahu

  1. Cara Menghitung Kapasitas Screw Press Pabrik Sawit

Mesin screw press bekerja dengan motor listrik sebagai sumber gerakannya. Untuk menghidupkannya harus melalui panel kendali khusus sekaligus sistem hidroliknya. Kemudian air panas batu dimasukkan dengan suhu yang mencapai 900 derajat celcius melalui pipa masuk. Jika motor listrik hidup, maka akan memutar poros motor dengan daya sekitar 30 Kw dengan putaran yang mencapai 1475.

Namun hal tersebut juga tergantung dengan kapasitas dari pabrik. Sebab, setiap pabrik memiliki kebutuhan yang berbeda yang sesuai dengan spesifikasi bangunan pabrik kelapa sawit sendiri. Jika untuk mengolah perkebunan kelapa sawit yang cukup besar, biasanya screw press akan bekerja dengan pengolahan berkisar antara 15 – 30 ton per jam dengan putaran 11 – 12 rpm. Jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan pabrik.

  1. Cara Perawatan Screw Press Pabrik Kelapa Sawit

Mesin screw press digunakan dalam pengolahan kelapa sawit menjadi minyak sawit. Dalam prosesnya, sawit dikompres dengan cara gravitasi. Karena intensnya penggunaan mesin ini, maka harus dilakukan perawatan agar tetap bekerja dengan baik. Untuk melakukan perawatan spare part dari screw press harus dilakukan secara berkala yang terdiri dari beberapa perawatan. Mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

  1. Sparepart Mesin Screw Press Pabrik Sawit

Screw press pada pabrik sawit berfungsi sebagai alat utama untuk memproses buah sawit. Supaya hasilnya baik, maka mesin yang harus digunakan harus terdiri dari beberapa bagian yaitu casing, press silinder, double screw, press cage, worm screw, dan main shaft. Komponen tersebut sangat penting untuk menentukan kecepatan dan kapasitas olah yang harus diproses dalam setiap pembuatan minyak sawit.

  1. Service Dan Perawatan Mesin Screw Press Pabrik Sawit

Selain menggunakannya, mesin pada pabrik harus diikuti dengan perawatan yang baik. Hal ini akan bermanfaat bagi pengolahan sawit supaya lebih cepat dan tidak terganggu. Namun dalam prakteknya, masih banyak perusahaan yang melakukan hal ini karena kurangnya pengalaman pada pengolahan minyak sawit. Padahal dengan mempertahankan perawatan yang baik dan tepat akan menghindarkan dari kerusakan alat.

  1. Pergantian Worm Screw Di Mesin Screw Press Pabrik Sawit

Apabila terjadi gangguan teknis atau kerusakan pada bagian mesin screw press di pabrik sawit, maka perlu dilakukan pergantian. Terlebih, jika worm screw atau yang biasa disebut dengan kempa ulir mengalami masalah, sparepart harus segera diganti. Pasalnya, komponen ini merupakan bagian utama pada mesin screw press untuk mengekstraksi Crude Palm Oil (CPO) yang mentah dari tandan buah segar sebagai langkah awal proses pengolahannya.

Screw Pres di pabrik kelapa sawit sangat berperan penting untuk kelangsungan proses ekstraksi bahan baku berupa buah sawit atau tandan segar menjadi minyak kelapa sawit. Maka dari itu, penggunaan dari mesin ini harus diimbangi sesuai dengan kapasitasnya agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Selain itu, perawatan mesin juga harus diperhatikan untuk menjaga mesin tetap berjalan dengan baik dan tidak merugikan.

Leave a Reply