Mengenal Mesin Digester di Pabrik Kelapa Sawit

Mesin digester adalah mesin yang ada di sebuah pabrik kelapa sawit, dimana mesin tersebut berfungsi untuk melumatkan buah sawit dengan menggunakan stirring arm atau pisau digester. Proses melumatkan brondolan sawit ini dilakukan  dengan pengadukan berkecepatan 25 hingga 26 rpm, sehingga daging dari buah sawit terpisah dari biji yang nantinya akan memudahkan proses pengepresan di dalam mesin screw press.

Mesin Digester PKS

  1. Cara Menghitung Kapasitas Digester Pabrik Sawit

Mesin digester yang termasuk dalam mesin pengolahan buah sawit memiliki kapasitas yang berbeda beda antara satu pabrik dengan pabrik lainnya, dimana kapasitas tersebut sesuai dengan spesifikasi dari bangunan pabrik itu sendiri. Sebagai contoh mesin digester yang termasuk dalam stasiun press memiliki diameter 1.200 mm dan tinggi 2.900 mm, yang memiliki kecepatan 20 put/menit.

Kapasitas digester sama dengan (60 x 0.655 x 20) / (4 x 60) = 3.275 ton. Dan volume digester sama dengan 3.275 ton / 1.050, serta volume digester teractual sama dengan 1/4 x 3.14 x (1.2) m2 x 2.9 = 3.78 m3 atau 3.78 ton. Sebagai catatan, volume digester actual tersebut mampu untuk kapasitas pengolahan sebesar 60 ton/jam. Dimana volume digester tersebut nantinya akan menentukan dari masa tahan digester (digester retention time).

  1. Cara Perawatan Digester Pabrik Kelapa Sawit

Perawatan adalah suatu fungsi pada sebuah aktivitas produksi dalam industri, hal ini karena dalam suatu industri tentunya memiliki peralatan atau fasilitas yang digunakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Sehingga agar semua peralatan untuk proses produksi terus berjalan lancar, maka dibutuhkan perawatan yang meliputi inspeksi pengecekan, lubrikasi, perbaikan, dan penggantian berbagai komponen yang ada di dalam mesin digester.

  1. Sparepart Mesin Digester Pabrik Sawit

Terdapat begitu banyak komponen yang ada di dalam mesin digester pabrik kelapa sawit, mulai dari komponen yang berukuran kecil hingga yang memiliki ukuran besar. Dan semua sparepart tersebut sangat penting untuk disuplai dengan produk yang asli, untuk menjamin life time dan mempertahankan fungsi digester dengan baik. Komponen di dalam digester antara lain oil seal, short arm, long arm, expeller arm, shaft holder, bearing housing, bush, chute, dan lain sebagainya.

  1. Service dan Perawatan Mesin Digester Pabrik Sawit

Secara umum perawatan pada peralatan pabrik dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu preventive maintenance dan corrective maintenance. Preventive maintenance memiliki  tujuan yaitu mencegah kerusakan yang bisa meminimalisir kerusakan yang lebih parah. Sedangkan corrective maintenance adalah suatu perawatan yang dilakukan setelah terjadinya kerusakan, sehingga mesin bisa digunakan kembali dengan baik seperti sedia kala.

  1. Pergantian Sparepart di Mesin Digester Pabrik Sawit

Sparepart di dalam mesin digester terdiri atas banyak komponen, yang semuanya memiliki fungsi dan andil tersendiri dalam membuat mesin digester bekerja dengan baik. Pengecekan terhadap sparepart ini perlu dilakukan secara berkala, agar bisa diketahui bila terjadi suatu masalah pada komponen tersebut. Jika komponen telah aus, maka bisa berdampak juga pada kinerja mesin digester dan otomatis berdampak pula pada keseluruhan proses produksi kelapa sawit.

Digester yang terdapat di pabrik kelapa sawit, memiliki fungsi untuk melumatkan brondolan sawit sehingga daging buah dapat terpisah dari biji dengan melibatkan proses pengadukan berkecepatan tinggi. Mesin ini menjadi salah satu yang begitu penting dalam pks, karena termasuk di dalam stasiun press dalam pengolahan kelapa sawit menjadi CPO atau crude palm oil. Sehingga berbagai komponen di dalamnya harus selalu diperhatikan, dan dilakukan perawatan berkala.

Leave a Reply