Mengenal Mesin Crane / Hoist di Pabrik Sawit

Mengenal Mesin Crane / Hoist di Pabrik Sawit

Crane / hoist merupakan salah satu pesawat angkat yang digunakan untuk memindahkan lori di pabrik sawit. Alat ini dilengkapi dengan lintasan rel dan roda yang bisa bekerja secara maju dan mundur. Penggunaan dari Crane Hoist ini menunjang proses pengangkatan dengan berat yang ringan sampai muatan dengan berat medium. Untuk lebih detailnya, berikut ulasannya.

Mengenal Bagian Penting Mesin Crane / Hoist Serta Perawatannya di Industri Kelapa Sawit

  1. Cara Menghitung Kapasitas Crane / Hoist di Pabrik Sawit

Untuk mengolah kelapa sawit, terdapat beberapa peralatan yang menunjang prosesnya. Salah satu yang biasanya digunakan adalah peralatan pengangkat lori, dan yang sering disebut juga dengan crane / hoist. Alat ini digunakan sebagai pemindah lori yang berisi buah sawit untuk selanjutnya diproses ke hopper thresher.

Kapasitas atau berat yang bisa dicapai dari setiap mesin crane kurang lebih mencapai lima ton. Umumnya jumlah hoist yang tersedia di pabrik sawit adalah 30 ton per jamnya jika terdapat dua unit mesin crane / hoist. Sedangkan untuk pabrik kelapa sawit yang produksinya mencapai 60 ton per jamnya, maka akan dipasang tiga unit mesin crane.

  1. Cara Perawatan Crane / Hoist di Pabrik Kelapa Sawit

Selain menggunakan alatnya, mesin juga perlu dirawat. Sebagai perawatan dasar, biasanya mesin diberi pelumas pada bagian gear box, bearing dan elektrik motor. Tidak hanya itu saja, wire rope, dan rope drum juga perlu diberi pelumas agar mengurangi keausan akibat gesekan. Namun, bila ditemukan kerusakan pada kawat tersebut, maka sebaiknya cepat diganti.

Setelah melakukan pelumasan, anda harus memeriksa gigi transmisi pada mesin crane agar  mengurangi risiko macet saat digunakan. Tidak kalah pentingnya, pemeriksaan kabel instalasi dan panel elektrikal yang terpasang, juga harus ditata dengan rapi  dan dirawat secara benar untuk menghindari terjadinya hubungan arus listrik singkat.

  1. Sparepart Mesin Crane / Hoist DEMAG & SWF Krantechnik di Pabrik Sawit

Untuk produsen pabrik sawit, mengenal spare part dari mesin crane / hoist sangat penting karena menunjang proses pengolahannya. Oleh karena itu, pemilihan sparepart juga harus diperhatikan dengan detail. Seperti merek dari mesin crane / hoist DEMAG & SWF Krantechnik digadang gadang menjadi yang terbaik untuk digunakan di pabrik sawit.

  1. Service dan Perawatan Crane / Hoist DEMAG & SWF Krantechnik Pabrik Sawit

Semua peralatan yang digunakan untuk pengolahan kelapa sawit membutuhkan perawatan yang benar. Service dan perawatan crane / hoist di pabrik kelapa sawit umumnya dilakukan oleh teknisi ahli untuk menghindari dari risiko kerusakan. Namun, jika memilih tenaga ahli dalam perawatan mesin, sebaiknya menggunakan penyedia layanan yang sudah terpercaya.

  1. Pergantian Wire Rope, Rope Guide, Travel Wheel di Crane / Hoist DEMAG & SWF Krantechnik di Pabrik Sawit

Jika terjadi kerusakan pada wire rope, rope guide, dan travel wheel di crane / hoist, sebaiknya segera melakukan pergantian. Pergantian ini sangat diperlukan karena kawat tersebut berperan penting di mesin crane /hoist dalam proses pengolahan kelapa sawit. Untuk itu, wire rope, rope guide, dan travel wheel harus diganti dengan pemilihan produk yang terbaik.

Itulah beberapa ulasan mengenai crane /hoist yang ada di pabrik kelapa sawit. Dengan mengenal tentang bagian dari mesin, cara menghitung kapasitasnya, serta perawatannya, dapat membuat pengolahan kelapa sawit lebih efektif. Tidak hanya itu saja, pemilihan produk yang benar, akan memaksimalkan produksi dari pengolahan kelapa sawit.

Leave a Reply