Mengenal Macam Macam Sparepart Screw Press di Pabrik Kelapa Sawit

Pabrik kelapa sawit yang dibangun sebagai tempat produksi minyak sawit, memiliki berbagai tahapan mulai dari penimbangan hingga proses pemurnian minyak. Dan yang tidak kalah penting pada berbagai tahapan ini yaitu proses pemerasan dengan menggunakan alat screw press. Untuk menunjang kinerja dari screw press, mesin ini terdiri atas beberapa sparepart di dalamnya.

Sparepart Mesin Screw Press

  1. Sparepart Screw Press Pabrik Sawit : Worm Screw, Press Cage, Main Shaft, Spur Gearbox dan Drive Shaft

Penggunaan dari mesin screw press yang berguna dalam proses pemerasan buah sawit, tidak terlepas dari sparepart nya. Seperti worm screw, press cage, main shaft, spur gearbox, dan drive shaft. Gearbox sendiri adalah salah satu komponen dari screw press yang sangat penting, dimana komponen ini mampu mengubah tingkat kecepatan dari mesin tersebut.

Selain itu gearbox juga berguna untuk mengubah momen sesuai dengan kecepatan dari mesin screw press. Meskipun berbagai sparepart ini bisa digunakan pada lingkungan yang cukup menantang seperti kebun kelapa sawit, namun bukan tidak mungkin bila nantinya komponen ini mengalami kerusakan.

  1. Material Sparepart Screw Press p10, p15, p20 di Pabrik Sawit

Mesin screw press yang banyak digunakan di pabrik kelapa sawit terdiri atas beberapa kapasitas di antaranya yaitu p10, p15, dan p20. Bahkan ada juga beberapa pabrik kelapa sawit besar yang menggunakan screw press berkapasitas p30. Adapun masa yang diperas oleh screw press berasal dari mesin digester, yang berguna untuk pelumatan brondolan sawit.

Tentunya mesin screw press ini harus dijaga dengan sedemikian rupa agar bisa menunjang proses produksi, baik itu pada p10, p15, maupun p20. Mengingat bahwa pergantian sparepart dari alat screw press ini cukup mahal, bahkan beberapa komponen bisa mencapai harga ratusan juta rupiah atau lebih.

  1. Pergantian Sparepart Screw Press p10, p15, p20 di Pabrik Sawit

Apabila terjadi kerusakan pada komponen mesin screw press, baik itu p10, p15, maupun p20. Maka perlu segera dilakukan pergantian terhadap spare part yang mengalami kerusakan tersebut. Sebaiknya pergantian komponen ini dilakukan sesuai dengan spesifikasi dari mesin screw press itu sendiri, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal.

  1. Service dan Perawatan Spare Part Screw Press p10, p15, p20 di Pabrik Sawit

Penggunaan alat di pabrik yang secara terus menerus untuk proses produksi, sebaiknya diimbangi dengan berbagai perawatan secara berkala. Tentunya hal ini akan berguna bagi proses pengolahan sawit yang lebih cepat dan lancar. Beberapa perusahaan jasa di Indonesia telah menyediakan layanan service sparepart screw press baik itu p10, p15, maupun p20.

Namun anda perlu mengetahui bahwa tidak semua perusahaan jasa mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih jasa yang telah lama berkecimpung pada bidang service dan perawatan sparepart khusus pabrik sawit, sehingga mesin anda dijamin berada di tangan yang tepat.

  1. Cara Perawatan Spare Part Screw Press p10, p15, p20 di Pabrik Sawit

Perawatan sparepart dari screw press ini perlu dilakukan secara berkala, dengan memperhatikan kapasitas dari produksinya. Dan tentunya anda juga harus memastikan bahwa tidak terdapat kesalahan dalam pengoperasian mesin screw press ini. Karena pengorepasian yang salah juga bisa berakibat fatal terhadap kinerja mesin.

Itulah beberapa kapasitas screw press yang banyak digunakan di pabrik kelapa sawit. Pengetahuan mengenai setiap bagian dari alat ini, bisa berguna bagi anda untuk menganalisis kapasitas produksi pada satu siklus pengolahan kelapa sawit. Selain itu anda juga bisa menentukan jenis yang tepat guna menunjang proses produksi di pabrik yang anda dirikan.

 

 

Leave a Reply