Mengenal FOSS NIR DA1650 Alat Analisa Oil Loss Cepat

Untuk meningkatkan jumlah produksi minyak sawit ada banyak cara yang dilakukan. Mulai dengan meningkatkan mesin yang digunakan hingga menggunakan metode khusus untuk mengurangi loses produk. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan kebutuhan akan minyak kelapa sawit yang semakin banyak. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah NIR atau pengukuran oil loses dengan NIR atau Near Infra Red DA1650. Selain itu juga masih ada alat oil loss cepat lainnya dalam ulasan berikut.

Alat Untuk Menganalisa Oil Loses Cepat Yang Harus Anda Tahu

  1. FOSS NIR DA1650 Alat Analisa Oil Loss Dengan Cepat

NIR DA1650 merupakan sebuah teknologi paling baru yang digunakan untuk mengukur oil loss. Tak hanya itu alat ini juga bisa menghasilkan tingkat akurasi yang paling tinggi pada sebuah analisa di Pabrik Kelapa Sawit. NIR DA1650 juga bisa memberikan hasil dalam waktu yang cepat yakni sekitar 1  menit saja. Dengan hadirnya metode ini tentunya membawa angin segar agar bisa lebih efisien untuk mengontol proses di PKS.

Tak hanya itu, metode ini juga berperan untuk menjaga agar oil loses dalam sebuah pabrik memiliki angka yang rendah. Sejak beberapa tahun terakhir alat satu ini telah digunakan oleh Refinery CPO secara luas. Sementara untuk di perusahaan sawit memang baru mulai dikembangkan sekitar 1 tahun lalu. Diharapkan hadirnya alat analisa oil loss ini mampu untuk memberikan kontribusi positif pada semua PKS yang menggunakan.

  1. FOSS NIR DA2500 Alat Analisa Pupuk Dan Daun

Selain alat untuk mengukur oil loss juga ada sebuah alat yang bisa digunakan untuk menganalisa daun dan juga pupuk dengan cepat. Alat tersebut disebut FOSS NIR DA2500 yang mampu menganalisis kurang dari 2 menit saja. Dengan adanya alat ini tentunya akan memudahkan PKS dalam mengontol asupan pada bahan baku yakni tanaman sawit. Dimana hal ini juga akan mendukung untuk bisa memproduksi secara efisien dan mengurangi loss.

  1. Penyebab Oil Loss Di Pabrik Kelapa Sawit

Produktivitas pada PKS bisa menurun diakibatkan oleh masih banyak kadar minyak yang tersimpan. Kadar minyak ini biasanya akan ikut terbuat bersama dengan ampas ataupun fiber. Penyebabnya biasanya terletak pada cone hydraluc yang tidak menekan secara optimal. Sehingga pressing yang ada pada fiber tak maksimal dan oil loss. Untuk menguranginya dibutuhkan alat screw press dan juga Alat Analisa Oil Loss.

  1. Sumber Oil Loss Di Pabrik Sawit

Sumber utama terjadi oil loss ini adalah di kinerja mesin yang kurang efisien yang juga bisa membuat pabrik mengalami kerugian. Kadar minyak yang terus menerus hilang akan membuat produktivitas sebuah PKS juga ikut menurun. Sumber adanya minyak yang hilang tentunya harus segera di atasi. Dengan cara melakukan perawatan pada mesin mesin yang ada atau justru langsung mengganti sparepartnya.

  1. Cara Menghitung Rendemen Kelapa Sawit

Rendeman adalah perbandingan antara total jumlah CPO yang harusnya dihasilkan untuk setiap 1 kg tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Hal ini menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan agar bisa meningkatkan produktivitas. Untuk menghitungnya bisa menggunakan rumus RKS = (CPO/TBS) x 100%. RKS adalah Presentase Rendemen Kelapa Sawit. Dari hasil teersebut dan dipadukan dengan Alat Analisa Oil Loss tak jarang bisa meningkatkan produktivitas.

Setiap tetes minyak yang terbuang tentu saja berharga, mengingat kebutuhan akan minyak sawit banyak yang harus dipenuhi. Jika tidak ada tindakan khusus maka perusahaan atau PKS harus mengalami kerugian yang besar. Maka dibutuhkan beberapa langkah konkrit agar bisa mengatasi masalah yang terjadi terutama perihal oil loss.

Leave a Reply