Mengenal Boiler, Jantung Pada Pabrik Kelapa Sawit

Yuk Mengenal Boiler si Jantung Pada Pabrik Kelapa Sawit.

Indonesia adalah Negara yang kaya.Kekayaan alamnya tidak akan habis tujuh turunan. Dari ujung keujung, pulau-pulaunya menyimpan begitu banyak hasil alam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warganya.Salah satu hasil alam yang banyak dihasilkan Indonesia dan bisa menjadi salah satu bahan ekspor adalah kelapa sawit.Sebut saja Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera, Provinsi Kalimantan danProvinsi Sulawesi yang menjadi daerah penghasil kelapa sawit paling besar di Indonesia.

 

Olahan kelapa sawit yang paling besar adalah berupa minyak.Konsumsinya sendiri biasa digunakan oleh warga dalam negri, namun ada pula yang diekspor keluar negri. Namun tahukah, sebelum siap untuk diekspor kelapa sawit harus mengalami pengolahan terlebih dahulu. Pada sebuah pabrik, kelapa sawit diolah dan siap diedarkan kemana saja hasil bumi sesuai permintaan. Di pabriknya, kelapa sawit dipastikan diolah dengan benar sehingga tetap berkualitas bagus saat sampai di tempat.

Adalah boiler, yang menjadi jantung pada pabrik pengolahan kelapa sawit.Bagian boiler pabrik kelapa sawit berfungsi untuk memanaskan air yang nantinya digunakan untuk membangkitkan listrik dengan menggunakan turbin kelapasawit. Perawatan boiler pabrik kelapa sawit ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan. Sedikit saja terjadi kesalahan pada bagian boiler pabrik kelapa sawit, maka akan berimbas pada kualitas boiler yang ada di pabrik. Harganya pun cukup fantastis, nggak heran jika produsen kelapa sawit akan memberikan sikap sangat protektif kepada mesin boiler ini.

Untungnya, di zaman yang canggih sekarang ini sudah ada jasa perawatan boiler. Mereka bisa dibilang menjadi sang ahli dan paham benar bagaimana memperlakukan mesin ini. Jika ada kerusakan dan masih bisa diperbaiki, para produsen diharapkan segera meminta bantuan kepada jasa servis boiler untuk menghilangkan keluhan. Harapannya, adanya jasa servis boiler ini akan membuat produsen tidak dengan mudah mengeluarkan uang untuk membeli boiler yang baru. Tapi, apakah hanya boiler satu-satunya jantung atau alat yang memegang fungsi besar pada pabrik kelapa sawit?

Selain boiler, ada juga screw press, alat yang bermanfaat besar pada pabrik kelapa sawit. Dengan kemampuannya, screw press mampu menekan kelapa sawit dengan tidak biasa. Komponen pada screw press sangat beragam dan bisa ditemui dengan mudah. Boiler dan screw press disebut sebagai duo mesin yang paling baik dalam mengolah kelapa sawit. Penasaran, bagaimana cara kerja boiler dan juga screw press pada pabrik kelapa sawit?

kelapa sawit ini cukupbisa untuk turbin uap, pemanas ruangan, hingga sebagai mesin kelapa sawit sangat besar, sehingga cukup multifungsi. Nggak heran, boiler disebut sebagai jantungnya pabrik kelapa sawit
Screw press. Beda halnya dengan boiler yang multifungsi,screw press bekerja mengubah kelapa sawit menjadi barang jadi dengan cara seperti menekan yang Anda akan memisahkan minyak kasar yang ada pada kelapa sawit dengan biji dan ini mempunyai 2 tabung di ujungnya dan dapat bergerak maju-mundur sesuai dengan kebutuhan.

Kedua alat ini tidak hanya dianjurkan ada di pabrikkelapa sawit, melainkan juga ada di semua pabrik. Melihat fungsinya yang begitu besar, nggak heran deh harga dari kedua mesin ini cukup fantastis. Di dalam pabrik kelapa sawit juga ada beberapa Anda penasaran sekokoh apasih mesin boiler dan screw press? Anda bisa temukan gambar boiler pabrik kelapa sawit di mesin pencarian dengan mudah.

Leave a Reply