Membantu Kelancaran Produksi, Yuk Simak Sparepart Sludge Centrifuge di Pabrik Kelapa Sawit

Sebuah pabrik kelapa sawit tentu membutuhkan peralatan yang canggih untuk bisa membantu produksi. Salah satunya adalah sparepart sludge centrifuges yang digunakan untuk mengutip minyak yang tergantung dalam sludge. Untuk sebuah pabrik kelapa sawit biasanya akan membutuhkan mesin sludge centrifuge dengan kapasitas dan kemampuan yang terbaik. Yuk simak ulasan mengenai keunggulan dari produk sludge centrifuge berikut.

Mengenal Sparepart Sludge Centrifuge

Seperti sudah dijelaskan bahwa alat untuk memproduksi minyak kelapa sawit tidaklah sedikit. Alat sludge centrifuges merupakan salah satu alat yang sangat membantu untuk kelancaran produksi kelapa sawit. Alat ini berkeja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal dari pemutaran bowl yang telah terisi padat dengan sludge.

Sludeg sendiri memiliki berat jenis (BJ)>1,0 (heavy phase) yang akan terlempar keluar melalui nozzle. Ukuran dari nozzle sendiri beragam mulai dari 1,9 sampai dngan 2,0 mm. Sedangkan minyak yang memiliki berat jenis lebih ringan yang akan terkumpul di tengah bowl melalui discharge pipe untuk dikirim kembali ke sand trap tank atau collection tank.

Perlu anda tahu jika keberhasilan peggunaan sludge separator sangat menentukan terhadap persetase kehilangan minyak. Kemampuan alat untuk memisahkan ini terdapat dua macam yaitu volatile material (VM) dan non oil solid (NOS) yang akan berkerja tergantung dari beberapa kondisi.

Kondisi yang dimaksud adalah ketika kapasitas olah unit sludge separator, suhu minyak dalam sludge separator yang dipertahankan diatas 90 derajat Celsius sehingga dapat membantu pemberian uap panas. Selain itu kondisi lain yang memungkinkan terjadi adalah ketika ukuran noozlle yang semakin besar maka semakin besar juga kapasitas olah. Namun semakin besar juga minyak yang ikut terbuang pada sludge.

Anda juga harus mempertahankan keseimbangan pemisahan lumpur dari cairan yang masuk kedalam sludge separator yang perlu untuk dipertahankan. Cara untuk mempertahakan tekanan pada outlet sludge separator adalah dengan membuat bak yang berisi air sehingga tekanan akan melawan konstan.

Fungsi dan Cara Perawatan Sludge Centrifuge

Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur volume outlet sekaligus menjadi stabilitator tekanan. Mengisi air panas kedalam sludge separator untuk mempertahanan tekanan sehingga kecepatan air dan pemisahan lumpur dengan air akan terjadi secara konstan. Tak hanya itu keadaan seperti bearing, nozzle, star bowl, top cover, rotor shaft dan lain sebagainya juga bisa membuat kemampuan alat VM dan NOS semakin meningkat.

Jenis sludge separator juga menjadi salah satu faktor kemampuan alat untuk memisahkan volatile material dan non oil solid. Jadi pilihlah separator yang memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga harus melakukan putaran dari blow standart yaitu 1450 hingga 1500. Biasanya standart keberhasilan pengolahan minyak pada sludge centrifuge jika hasil setelah melakukan analisis oil losses in sludge adalah 1%.

Cara merawat mesin ini pun cukup mudah yaitu selalu memperhatikan kondisi mesin agar tetap stabil. Jangan sampai anda membiarkan mesin tetap beroperasi tanpa mengetahui berapa banyak kapasitas yang dimiliki oleh mesin tersebut. Dengan memperhatikan kondisi mesin maka mesin akan bisa melakukan produksi ekstra untuk pabrik kelapa sawit.

Itulah ulasan mengenai sludge yang memiliki peran penting dalam produksi pabrik kelapa sawit. Tanpa bantuan alat ini maka produksi kelapa sawit tidak akan berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang telah disiapkan. Anda juga harus selalu rajin untuk melakukan pengecekan mesin sehingga menghindari kerusakan. Jangan lupa untuk selalu mngisitirahatkan mesin selama 40 menit setelah bekerja untuk seharian.

Leave a Reply