Mechanical Seal Pompa di Pabrik Sawit

Mechanical Seal adalah alat atau mesin pengeblok mekanis yang bermanfaat untuk pengolahan kelapa sawit di pabrik PKS. Setelah memahami bagian-bagian yang menyusun Mechanical Seal harus ada pemelajaran lebih lanjut untuk komponen-komponen lainnya seputar mesin-mesin kelapa sawit . Untuk Mechanical Seal dalam pengertian yang luas adalah suatu sealing device merupakan kombinasi menyatu antara sealface dan melekat pada shaft. Shaft sendiri nantinya berputar dan sealface yang diam dan melekat pada dinding statis casing/tangki/housing pipa/vessel/kipas. Mechanical untuk pabrik sawit sangat dibutuhkan sebagai kelancaran untuk memproduksi kelapa sawit.

 

  1. Mechanical Seal Pompa di Pabrik Sawit

Definisi dari Mechanical Seal adalah Sebuah alat pengeblok cairan/gas pada suatu rotating equipment, yang terdiri atas dua buah sealface yang bisa aus. Dimana salah satu berputar dan satunya lagi diam, supaya membentuk titik pengeblokan primer (primary sealing). Pada kelompok-ring/bellows/PTFE wedge yang merupakan titik pengeblokan sekunder (secondary sealing). Alat untuk pembeban mekanis untuk membuat sealface saling menekan kemudian titik utama pengeblokan dikerjakan oleh dua sealfaces yang permukaannya sangat halus dan rata. Gesekan gerak berputar antara keduanya meminimalkan terjadinya kebocoran dengan sealface berputar mengikuti putaran shaft, satu lagi diam menancap pada suatu dinding yang disebut dengan Glandplate.

  1. Sparepart Seal Kit Pompa STERLING SIHI CEHA, KEW PUMP, SPECK PUMPEN, Southen Cross, WARMAN, TSURUMI,NIKKISO

Berbagai macam jenis-jenis sparepart mesin pabrik sawit ditinjau dari segi pengggunaannya tentu berbeda tiap tugas komponen tersebut. Dengan suku cadang yaitu salah satu komponen dari mesin yang dicandangkan untuk dapat melakukan perbaikan maupun penggantian bagian kendaraan yang telah mengalami kerusakan mesin. Suku cadang adalah bagian paling penting untuk manajemen logistic serta manajemen rantai suplai. Berdasarkan kebutuhan, sparepart dibagi menjadi tiga pada pembagian ini berguna sekali untuk dapat membagi kebijakan penyimpanan serta pengisian kembali, yaitu Suku cadang habis pakai / cosumable parts dan tentunyalebih keras seperti silicone-carbide.

  1. Ready stock sparepart pompa di pabrik kelapa sawit

Pembedaan antara material yang digunakan pada stationary sealface dan rotating sealface adalah sebagai mencegah terjadinya adhesi antara dua buah sealfaces tersebut. Pada sealface yang lebih lunak biasanya terdapat ujung yang lebih kecil sampai sering dikenal sebagai wear-nose (ujung yang bisa habis atau aus tergesek). Mateterial sparepart sekarang banyak ditemui di beberapa tempat yang bisa menjangkau di tiap daerah meskipun lokasinya jauh. Sparepart memang seharusnya selalu ready stock mengingat mesin pabrik tidak ada hentinya untuk memproses hasil kelapa sawit.

  1. Servis dan layanan purna jual pompa berkualitas

Mesin yang berkualitas sudah seharusnya ada bagian servis yang banyak berpengalaman tentang mesin-mesin berkualitas untuk pengolahan kelapa sawit. Selain servis pelayanan yang baik juga harus diperhatikan karena pelayanan yang baik akan mudah dimengerti terutama untuk menjelaskan tiap detail tentang mesin. Mesin yang berkualitas tentunya penggunaan nya lebih awet dan pemakaian bisa untuk jangka waktu yang panjang. Namun sebagus apapun mesin yang berkualitas jika tidak di rawat dengan baik maka mengakibatkan cepat terjadi kerusakan.

  1. Pompa yang di pakai pabrik kelapa sawit

Semua pabrik minyak kelapa sawit pasti membutuhkan air bersih untuk kepentingan pengolahan kelapa sawit. Manfaat pompa untuk pabrik kelapa sawit sebagai air pendingin, pencucian, umpan boiler hingga keperluan lainnya. Biasanya sumber air yang digunakan berasal dari sungai atau anak sungai sehingga diperlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk produksi sawit.

Pompa air di pabrik kelapa sawit bertujuan untuk membantu proses pengolahan air sungai menjadi lebih bersih dan layak digunakan. Dalam hal ini, pengolahan bertujuan untuk mengurangi serta menghilangkan zat yang tidak diperlukan. Dengan demikian air tersebut akan memenuhi syarat atau kriteria yang sudah ditetapkan. Berikut adalah pompa air yang digunakan di industri kelapa sawit yaitu Pompa water intake atau Water intake pum.

Di dalam pabrik minyak kelapa sawit pastinya membutuhkan alat yang dapat menunjang kebutuhan serta produktivitas dari pengolahan kelapa sawit. Tidak hanya didukung oleh mesin dan sparepart yang berkualitas saja namun haruslah didukung dengan perawatan atau service. Dengan spesifikasi mesin yang baik akan membuat semua pekerjaan menjadi mudah dan memperlancar produksi dari hasil olahan kelapa sawit. Demikianlah ulasan tentang berbagai komponen yang dibutuhkan oleh pabrik kelapa sawit. Dan semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat tentang pengetahuan kelapa sawit yang mungkin belum pernah tau.

Leave a Reply