Macam Macam Sparepart Penunjang Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Macam Macam Sparepart Penunjang Rotary Brush Strainer di Pabrik Sawit

Rotary brush strainer yang berfungsi untuk menyaring kotoran fibre serta lumpur yang masih terikut pada sludge, merupakan salah satu mesin yang penting pada keseluruhan proses pengolahan kelapa sawit. Brush strainer ini dapat mengurangi terjadinya penyumbatan pada nozzle sludge centrifuges, dengan bantuan berbagai komponen di dalamnya.

Komponen Penyusun Mesin Rotary Brush Strainer

  1. Sparepart Rotary Brush Strainer Di Pabrik Kelapa Sawit: Oil Seal, Inlet Ring, Collar, Extension Shaft, Strainer Brush, Strainer Screen, O Ring, Tie Rod, Sludge Outlet Flange, Socket, Rotary Brush Shaft

Berbagai komponen pada alat yang digunakan di pabrik kelapa sawit memiliki fungsi yang beragam, meski bagian bagian ini berada di satu alat sekalipun. Namun setiap bagiannya tentu mempunyai kegunaannya masing masing, yang berbeda antara satu dengan lainnya. Seperti misalnya bagian dari rotary brush strainer yaitu saringan yang berguna dalam memisahkan material.

Sedangkan bagian sikat gigi berputar berfungsi untuk mempercepat proses pemisahan dari rotary brush strainer itu sendiri. Hal serupa juga berlaku pada bagian lainnya seperti oil seal, inlet ring, collar, extension shaft, strainer brush, strainer screen, o ring, tie rod, sludge outlet flange, socket, dan rotary brush shaft yang memiliki kegunaan masing masing.

  1. Material Sparepart Rotary Brush Strainer Di Pabrik Kelapa Sawit

Berbagai komponen penyusun pada mesin rotary brush strainer kebanyakan terbuat dari material stainless steel, mulai dari material body, shaft, screen, dan bagian brush nya. Pemilihan material yang baik dan tahan karat, memang menjadi salah satu upaya agar mesin rotary brush strainer tersebut mampu bekerja dengan baik dan bertahan lama.

  1. Pergantian Sparepart Rotary Brush Strainer Di Pabrik Kelapa Sawit

Kapasitas rotary brush strainer umumnya yaitu 15 ton sludge per jam nya, namun kinerja dari kapasitas tersebut bisa menurun bila penggunaan mesin dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu pergantian sparepart dari mesin ini perlu dilakukan sesekali pada periode tertentu, agar rotary brush strainer bisa terus digunakan sebagaimana mestinya.

  1. Service Dan Perawatan Rotary Brush Strainer Di Pabrik Kelapa Sawit

Seperti halnya pergantian pada komponen nya yang harus dilakukan sesekali, perawatan dan service untuk alat rotary brush strainer juga wajib diterapkan secara berkala. Hal ini merupakan bentuk upaya agar mesin tersebut bisa terus bekerja sesuai fungsinya, berdasarkan kapasitas yang dimiliki dan tujuan adanya mesin tersebut di PKS.

Penggunaan alat yang secara terus menerus tanpa disertai dengan perawatan juga bisa berakibat pada kerusakan fatal. Terlebih bila mesin tersebut tidak segera diservice ketika kendala ditemui, hal ini bisa membuat kerusakan yang lebih parah dan berimbas langsung pada umur mesin yang berkurang. Sehingga mesin pun tidak bisa digunakan kembali, dan harus diganti.

  1. Cara Perawatan Spare Part Rotary Brush Strainer Di Pabrik Kelapa Sawit

Cara perawatan berbagai komponen yang menyusun mesin rotary brush strainer di pabrik kelapa sawit, sebenarnya cukup sederhana. Yaitu dengan menggunakan alat tersebut sesuai dengan kapasitasnya dan sesuai prosedur. Selain itu pengecekan kepada semua bagian juga harus dilakukan dengan rutin, maka mesin rotary brush akan selalu dalam keadaan prima.

Mesin rotary brush strainer memiliki cukup banyak komponen yang menunjang kinerja dari mesin tersebut. Sparepart ini bermacam macam, mulai dari merek CB Modipalm, Khun Heng YkI, PMT, Wang Yuen, dan Timbmet. Dimana sparepart tersebut sudah mulai tersedia di Indonesia, beberapa perusahaan dalam negeri telah menyiapkan ready stok dari komponen mesin rotary brush ini.

Leave a Reply