Lebih Banyak Tahu Tentang Sawit, Yuk Simak Harga Minyak Inti Kelapa Sawit

Indonesia memang menjadi salah satu penghasil kelapa sawit yang bahkan menjadi bisnis yang menggiurkan. Berawal dari tumbuhan sawit yang kemudian diambil biji sawitnya hingga menghasilkan minyak inti sawit. Minyak inti sendiri merupakan minyak nabati yang asalnya dari lapisan inti buah sawit. Berwarna kuning serta memiliki asam lemak yang mirip dengan minyak kelapa. Untuk mengenal lebih jauh minyak inti dan juga harga minyak inti kelapa sawit simak ulasan berikut.

Pabrik Minyak Inti Sawit Yang Wajib Diketahui

  1. Pabrik Yang Memproduksi Palm Kernel Oil

Palm kernel oil adalah minyak nabati yang juga berasal dari tumbuhan kelapa sawit. Dimana kenel merupakan bagian dari biji sawit yang kemudian di olah hingga menghasilkan minyak. Pada pabrik kelapa sawit bisa menghasilkan sekitar 10  sampai 13 persen palm kernel oil. Dalam memproses dan bisa menghasilkan palm kernel oil maka harus menggunakan mesin inti sawit. Dan di dalam pabrik tersebut bisa mengetahui langkah langkah untuk memproses minyak inti sawit.

  1. Palm Kernel Expeller Adalah

Selain Palm Kernel Oil, ada juga Palm Kernel Expeller yang merupakan biomasa palm yang berasal dari produk samping dari biji sawit dan sudah melalui tahap ekstraksi minyak. Biomasa adalah bahan biologis yang bisa digunakan untuk produksi industrial dan juga sumber bahan bakar. Bisa dikatakan jika Palm Kernel Expeller ini adalah produk sampingan yang didapatkan dari pemisahan biji sawit seperti halnya minyak inti kelapa sawit.

  1. Pengolahan Inti Kelapa Sawit

Inti sawit tentunya harus dilakukan proses pengolahan agar bisa menghasilkan minyak inti sawit. Pengolahannya menggunakan mesin kusus dan bisa dilakukan di kernel crushing plant atau pabrik inti sawit. Hal pertama yang harus disiapkan sebelum memasuki proses pengolahan adalah mempersiapkan bagian bijinya terlebih dahulu. Setelah itu dibersihkan serta diolah untuk mengurangi kadar air yang ada pada inti sawit. Untuk memudahkan pemecahan biji sawit.

  1. Proses Mengolah Minyak Inti

Ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk memperoleh minyak dari inti sawitnya. Yang pertama yakni mengupas dan mengambil biji dari kelapa sawitnya. Jika sudah dikupas dan diambil maka juga akan dilakukan pembersihan. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan material yang bisa mengontaminasi biji kelapa sawit. Selanjutnya dimasukkan ke dalam screw press terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan minyak inti kelapa sawitnya.

Tujuan memasukkan biji sawit ke dalam screw press tentunya untuk mengurangi kadar air yang terbilang tinggi pada inti sawit. Selain itu juga untuk mengeluarkan serat yang ada pada inti sawit. Langkah selanjutnya adalah memasukkan inti sawit kedalam ripple mill agar bisa dipecah. Jika sudah dipecahkan maka akan dilanjutkan dengan di press. Proses press ini akan menghasilkan fiber dan juga biji sawitnya. Keduanya ini juga perlu dipisahkan.

  1. Kernel Crushing Plant Adalah

Kernel Crushing Plant sendiri merupakan pabrik yang berguna untuk mengolah inti sawit. Sekarang ini juga sudah banyak pabrik yang bergerak di pengolahan inti kelapa sawit. Dari pabrik ini nantinya bisa mendapatkan harga produk sampingan dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, di pabrik ini juga bisa mengetahui proses pembuatan produk sampingan minyak inti kelapa sawit ini secara rinci.

Untuk harga dari produk sampingan ini tentunya dijual dengan harga yang berbeda beda setiap pabriknya. Tak hanya di pabrik, minyak inti ini juga bisa didapatkan secara online atau di sebuah pusat perbelanjaan. Minyak satu ini memiliki kandungan asam lemak yang lebih rendah selain itu juga memiliki warna kuning yang lebih pucat. Jika penasaran juga bisa langsung datang ke pabrik untuk melihat prosesnya secara langsung.

Leave a Reply