Keunggulan Mesin Ripple Mill di Pabrik Kelapa Sawit

Proses pengolahan kelapa sawit tentunya akan melewati beberapa tahapan yang tidak sebentar mulai dari menyeleksi kelapa sawit hingga memisahkan buah dari tandannya. Sawit yang diolah pun haruslah memiliki standar yang memiliki kualitas yang tinggi serta berkualitas. Salah satu mesin pabrik kelapa sawit yang harus ada di pabrik pengilahan adalah mesin ripple mill. Yuk simak ulasan selengkapnya mengenai mesin ripple mill berikut.

Manfaat Mesin Ripple Mill Untuk Produksi Minyak

Mesin ripple mill merupakan salah satu mesin yang memiliki fungsi untuk memecah biji kelapa sawit. Banyak sekali penjual ripple mill pabrik sawit dengan beragam merk yang beraneka ragam. Anda bisa menghemat tenaga yang dikeluarkan ketika produksi serta mengehmat waktu namun tetap mendapatkan produksi kelapa sawit dengan kuantitas yang maksimal.

Di dalam mesin ripple sendiri tentunya juga memiliki beberapa komponen penting yang ikut mengoperasikan pengolahan kelapa sawit. Salah satu komponen yang penting ini bernama rator bar yang terdiri dari beberapa batang yang terbuat dari besi yang akan bergerak secara mandiri. Alat inilah yang kemudian memecahkan daging kelap dengan cangkangnya. Anda juga bisa menemukan mesin ini di banyak sekali produsen yang menjual ripple mill pks.

Mesin ripple ini juga mampu memecah biji basah secara langsung. Yang lebih canggih lagi, mesin ini bisa memecah buah kelapa yang masih basah tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu. Dengan demikian waktu yang digunakan pun lebih efesien, serta besarnya listrik yang digunakan juga akan lebih hemat. Begitupun dengan penggunaan uap serta biaya perawatan yang dikeluarkan pun tergolong hemat dan ramah di kantong.

Presentasi biji sawit yang hancur pun akan semakin sedikit dan akan memperbesar keuntungan anda yang baru saja membuka usaha bisnis ini. Anda tidak perlu takut rugi banyak karena banyak biji sawit yang hancur sebelum proses selanjutnya. Biasanya produsen minyak kelapa sawit akan banyak kehilangan minyak di stasiun press pabrik kelapa sawit. Anda bisa menggunakan alat digester dan alat screw press kelapas sawit.

Cara Perawatan dan Keunggulan Lain Ripple Mill

Agar mesin ripple mill ini awet, anda bisa melakuan perawatan seperti mesin pada umumnya. Caranya adalah dengan rajin melakukan pengecekan mesin yang digunakan. Anda harus melakukan pengecekan setelah mesin ripple mill ini bekerja selama 6000 jam. Apabila mesin rusak atau tidak bisa beroperasi dengan normal, maka anda bisa membawanya ke tempat yang menyediakan jasa untuk memperbaiki ripple mill milik anda.

Mesin ripple mill dengan kualitas yang bagus akan membuat proses memecahkan biji kelapa sawit lebih optimal. Dengan teknologi yang semakin canggih terdapat pada mesin ini membantu anda untuk mempercepat permisahan buah kelapa. Dua buah ripple plate yang terdapat pada bagian kanan dan kiri pada mesin akan meminimalisir adanya suatu kerusakan maupun resiko penurunan dalam dunia penghasilan kelapa sawit.

Dengan memecahkan mesin ripple mill yang canggih ini maka proses pemecahan biji sawit akan sangat maksimal bahkan bisa mencapai 98% hancur. Hal ini bisa terjadi karena adanya jarak strator dan rotornya yang lebih dekat. Berbeda dengan mesin penggiling atau penghancur lainnya yang belum tentu bisa bekerja secara maksimal.

Itulah ulasan menarik mengenai ripple mill yang mampu memecahkan kelapa sawit dengan maksimal. Anda bisa menggunakan mesin ini untuk memperlancar produksi minyak kelapa sawit perusahaan anda. Waktu yang digunakan pun akan lebih efesien dan tidak membutuhkan waktu lama. Apalagi hasil dari ripple mill sangat memuaskan dalam pemisahan buah kelapa sawit.

Leave a Reply