Jual Vacuum Oil Dryer untuk Pabrik Kelapa Sawit

Industri kelapa sawit bukan menjadi hal baru di Indonesia. Pasalnya kelapa sawit sendiri memang telah menjadi salah satu komoditi unggulan dalam negeri. Pada praktiknya untuk memperoleh CPO (crude palm oil), proses mesin pabrik kelapa sawit yang memadai tentu sangat diperlukan. Seperti pada stasiun klarifikasi kelapa sawit yang mana salah satunya terdapat vacuum oil dryer.

Servis Vacuum Oil Dryer Pabrik Sawit

Vacuum oil dryer merupakan salah satu alat yang ada di pabrik pengolahan kelapa sawit. Dimana fungsi dari perangkat satu ini yaitu untuk mengurangi kadar air di dalam minyak sawit kasar. Prinsip kerjanya yaitu dengan memisahkan minyak serta uap air pada keadaan vakum. Jadi, mulanya uap air akan dihisap pompa vakum, sementara minyak terkumpul di bottom vacuum chamber.

Kemudian proses berlanjut dengan pemompaan menuju storage tank. Pada serangkaian proses tersebut, tekanan dari vacuum oil dryer harus berada di antara -0.85 hingga -0.90 bar dengan suhu minyak di antara 85 hingga 90 derajat celcius. Lalu kadar air pada minyak yang masuk ke dalam alat harus kurang dari 0.50 persen.

Sementara kadar air yang dimiliki minyak setelah keluar dari vacuum oil dryer harus kurang dari 0.20 persen. Untuk mendapatkan hasil tersebut, komponen dalam mesin seperti vacuum pump atau ejector steam harus dalam kondisi baik. Maka dari itu servis vacuum oil dryer perlu dilakukan apabila vacuum ditemukan tidak bisa menghisap.

Jasa Pemasangan Vacuum Dryer Pabrik Kelapa Sawit

Pemasangan vacuum dryer di pabrik kelapa sawit menjadi pertimbangan penting yang harus dipikirkan pengelola PKS. Pasalnya CPO yang mempunyai kadar air tinggi tentu tidak memenuhi standar yang berlaku, sehingga belum layak untuk dijual. Oleh karena itu, kehadiran dari vacuum oil dryer yang mengurangi atau menghisap kadar air pada minyak tentu sangat membantu.

Saat ini, jasa pemasangan vacuum oil dryer bisa ditemukan dengan mudah. Pembelian mesin tersebut sudah bukan lagi perkara sulit yang harus dipesan jauh jauh hari dari luar negeri. Sebab di Indonesia sendiri anda bisa menemukan jasa pemasangan mesin mesin PKS profesional, yang menyediakan banyak alat untuk pengolahan kelapa sawit termasuk vacuum oil dryer.

Sparepart Vacuum Oil Dryer Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Untuk memenuhi fungsinya dalam menghisap kadar air di dalam minyak kelapa sawit kasar, mesin vacuum oil dryer memiliki beberapa komponen penting sebagai penunjang. Beberapa komponen penyusun mesin satu ini yaitu vacuum pump, float control, ceha pump, oil transfer pump sihi, feat tank, dan spray nozzle.

Di samping beberapa komponen tersebut, vacuum oil dryer dilengkapi pula dengan kolam atau bak pendingin. Fungsi dari kolam atau bak pendingin ini yaitu untuk mendinginkan kinerja mesin, yang dilakukan secara terus menerus dalam proses pump. Jadi dengan adanya bak pendingin, maka mesin vacuum oil dryer tidak akan mengalami overheat dan bisa lebih awet.

Jual Pre Cleaner Cyclone Pabrik Kelapa Sawit

Minyak yang sudah dikurangi kadar airnya kemudian berkumpul di bottom vacuum chamber. Selanjutnya minyak sawit ini akan dipompa ke storage tank atau sludge tank. Sludge tank ini berfungsi sebagai tempat penampungan sementara, sebelum menuju ke proses selanjutnya. Dimana proses berikutnya akan dijalankan oleh pre cleaner cyclone atau sludge pre-cleaner.

Mesin tersebut biasa disebut pula dengan nama sand cyclone, yang berfungsi untuk memisahkan pasir, kotoran, maupun berbagai partikel solid lainnya yang masih ikut serta di dalam CPO. Dengan begitu, minyak sawit akan lebih jernih dan sesuai dengan standar yang berlaku. Jadi, anda perlu segera menghadirkan mesin pre cleaner cyclone PKS tersebut.

Proses pengolahan minyak kelapa sawit menjadi CPO memang cukup kompleks, karena harus melewati berbagai stasiun pengolahan yang mana di dalamnya terdapat berbagai mesin. Salah satunya yaitu mesin vacuum oil dryer yang dilanjutkan dengan pre cleaner cyclone di stasiun klarifikasi atau penjernihan.

Leave a Reply