Jenis Jenis Sparepart Mesin Digester Di Pabrik Sawit

Untuk terus memenuhi kebutuhan akan minyak sawit yang terus meningkat, maka dibutuhkan juga terobosan agar hasil produksi juga meningkat. Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin pada pabrik kelapa sawit yang berkualitas tinggi. Mesin yang digunakan cukup banyak dan memiliki peranan yang penting. Seperti halnya dengan mesin digester yang bertujuan untuk melumat buah. Sparepart dalam mesin ini ternyata memiliki beberapa jenis, yuk simak ulasannya.

Sparepart Yang Ada Di Mesin Digester Pada Pabrik Sawit

  1. Sparepart Mesin Digester Di Pabrik Sawit

Seperti yang diketahui bahwa mesin di dalam mesin kelapa sawit terdiri dari beberapa sparepart di dalamnya. Apabila salah satu sparepart mengalami gangguan maka mesin tidak akan berjalan dengan lancar. Hal ini tentu saja akan menganggu jalannya produksi yang dilakukan. Digeter adalah mesin yang menghancurkan kelapa sawi dengan cara diaduk dengan strring arm dengan kekuatan sekitar 25 hingga 26 rpm.

Hasil dari proses tersebut akan membuat daging buah menjadi linak dan mudah dipisahkan. Mesin ini juga berfungsi untuk memisahkan biji maupun inti dengan lebih efisien. Untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima maka harus mengetahui cara kerja pada mesin. Mengingat sparepart pada mesin cukup beragam, seperti short arm, long arm, expeller arm hingga yang lainnya. Komponen didalamnya juga sangat beragam dan harus sering dilakukan pengecakan.

  1. Long Arm Dan Short Arm Digester Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Salah satu sparepart yang berada di mesin digester ini adalah long arm dan juga short arm. Untuk fungsi dari kedua sparepart ini adalah untuk melunakkan atau  melumatkan buah sawit. Sehingga kelapa sawit yang dimasukkan ke dalam mesin akan di cincang atau dilumat dengan menggunakan long arm dan short arm. Adanya mesin ini tentunya akan membuat proses pemisahan pada buah bisa berjalan lebih cepat dan mudah.

  1. Expeller Arm Digester Di Pabrik Kelapa Sawit

Selain kedua komponen yang telah disebut, ada juga komponen lain di dalam mesin digester yaitu expeller arm. Expeller ini terdapat di dalam mesin digester. Expeller arm merupakan pisau yang berguna untuk mendorong buah kelapa yang letaknnya di dalam mesin digester. Dimana prosesnya begitu buah sawit masuk akan langsung dicincang oleh long arm dan juga short arm terlebih dahulu. Setelah itu barulah expeller arm yang bertugas.

  1. Ready Stok Sparepart Digester Untuk Pabrik Kelapa Sawit

Memang beberapa sparepart yang ada pada mesin mesin di pabrik kelapa sawit ada yang jarang ditemukan di Indonesia. Hal ini dikarenakan penjual spare part mesin masihlah sedikit di Indonesia. Namun masih ada beberapa penual spare part yang digunakan untuk mesin sawit. Merk tersebut seperti timbmet, PMT, Khun Heng dan lain sebagaignya. Sehingga jika membutuhkan bisa membeli yang reasy stock agar prosesnya cepat.

  1. Training Dan Commisioning Mesin Pabrik Sawit

Training adalah pelatihan yang digunakan untuk mengoperasikan maupun menjalankan sebuah mesin. Di pabrik kelapa sawit juga ada pelatihan khusus ini mengingat pabrik sawit memiliki beberapa mesin yang sangat dibutuhkan. Sementara commisiang merupakan proses untuk menguju peralatan. Kedua kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan karena mempengaruhi proses pengolahan minyak sawit.

Ada banyak sekali mesin yang digunakan dalam mengolah kelapa sawit hingga akhirnya menjadi minyak sawit yang sangat dibutuhkan. Mesin tersebut salah satunya mesin digester yang keberadaannya juga sangat penting. Tak hanya mesinnya, sparepart di dalamnya juga memiliki fungsi sendiri yang harus dijaga kondisinya. Para sumber daya yang menjalankan mesin juga harus dilakukan pelatihan serta commisioning untuk mesinnya sendiri.

Leave a Reply