Jenis Jenis Kerusakan Pada Turbin Uap Pabrik Kelapa Sawit

Hampir setiap hari pabrik akan melakukan proses produksi yang di mana dalam menjalankan proses ini. Selalu terdapat beberapa kerusakan baik hal tersebut dari faktor manusia ataupun kerusakan akibat terlalu di paksakan nya mesin. Beberapa kerusakan sering juga terjadi pada tubin uap yang sering kali di gunakan. Berikut ini akan di bahas mengenai beberapa jenis kerusakan, perawatan, hinga beberapa penyebab kerusakan tersebut terjadi.

Jenis kerusakan, penyebab, dan proses perbaikan

  1. Jenis-jenis kerusakan pada turbin uap pabrik kelapa sawit

Pada turbin uap yang di gunakan untuk pengolahan kelapa sawit ini terdapat beberapa jenis kerusakan yang sering kali di temui. Beberapa kerusakan tersebut seperti terjadi getaran tinggi pada turbin, kerusakan pada sudut turbin, kerusakan thrust bearing, bending shaft. Beberapa bagian ini menjadi komponen yang sering rusak dikarenakan bagian ini menjadi bagian yang paling bertanggung jawab. Atas pergerakan rotor yang berputar terus menerus dengan kecepatan yang tinggi.

  1. Kerusakan yang sering terjadi pada turbin uap pabrik sawit

Terdapat beberapa jenis turbin dan rotor yang di fungsikan untuk menghasilkan udara untuk tujuan produksi. Sebagai salah satu alat untuk menunjang berlangsung sebuah produksi dari sebuah perusahaan turbin uang kerap kali mengalami kendala atau kerusakan. Mengingat kerjanya yang di rasa cukup berat serta kondisi tekanan udara turut menjadi penyebab kerusakan nya bagian ini. Untuk kerusakan yang sering kali di alami dari bagian adalah kerusakan thrust bearing dan bending shaft dari komponen ini.

  1. Gambaran turbin pabrik kelapa sawit

Gambaran dari turbin kelapa sawit ini hampir bisa di katakan sama pada gambaran turbin untuk produksi pada umumnya. Akan tetapi perbedaan dari turbin ini hanya berbeda pada kapasitas produksi yang di produksi setiap perusahaan. Karena dalam hal ini kemampuan setiap perusahaan dalam memproduksi berbeda antara satu dengan yang lainnya.

  1. Perawatan dan perbaikan turbin uap pabrik kelapa sawit

Perawatan dan perbaikan turbin uap menjadi bagian yang cukup rentan mengalami kerusakan terutama pada pabrik kelapa sawit. Meskipun beberapa bagian pada turbin uap tersebut terbuat dari beberapa bahan yang tahan terhadap api ataupun panas. Perbaikan dan perawatan tetap wajib di lakukan agar nantinya bagian turbin tersebut bekerja sesuai dengan kebutuhan untuk melakukan produksi.

  1. Penyebab turbin uap overspeed di pabrik sawit

Pada beberapa kondisi turbin pada uap yang di gunakan pada pabrik pengolahan kelapa sawit sering kali terjadi masalah atau kerusakan. Baik kerusakan tersebut terjadi karena kesalahan manusia, produksi yang berlebihan, serta beberapa alasan lainnya yang menyebabkan kerusakan tersebut. Berikut ini beberapa faktor terjadi nya kerusakan pada turbin pabrik kelapa sawit yang sering kali terjadi. Penyebab yang sering terjadi terhadap hal ini adalah load dari mesin tersebut berkurang dari kekuatan awal yang telah di tentukan.

Sedangkan pada kondisi ini tubin uap tersebut tidak di lengkapi dengan load bank untuk mengimbangi terlalu banyaknya daya yang mengalir pada turbin. Akan tetapi untuk muatan yang akan di proses dari alat tersebut berkurang atau tidak sesuai dengan jumlah normalnya.

Itulah beberapa jenis kerusakan dan kendala yang sering kali di temui pada turbin yang kelapa sawit. Bagian ini bisa di katakan menjadi bagian yang mudah untuk terjadi kerusakan karena gesekan serta kecepatan tinggi pada turbin tersebut. Sehingga dalam hal ini perawatan berkala dan konsisten agar kita sebagai operator mengetahui apa tengah terjadi pada mesin yang kita operasikan. Sangat penting kaitannya untuk kita lakukan agar nantinya setiap kerusakan tersebut tidak membawa dampak buruk pada hasil produksi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply