Governor Steam Turbin Pabrik Sawit

Dalam proses pengolahan kelapa sawit, dibutuhkan tahapan dan proses sesuai standar yang ditentukan. Hal lainnya yang tak kalah penting yaitu penggunaan mesin canggih dan metode produksi yang modern. Salah satu mesin yang dibutuhkan demi keberlangsungan pabrik sawit adalah steam turbin di pabrik sawit. Berikut ulasan lengkapnya.

Turbin Pabrik Sawit

1 . Governor Steam Turbin Shinko

Governor Steam Turbin Shinko merupakan alat yang telah digunakan sejak lama oleh industri pabrik sawit. Nantinya, mesin ini membantu proses pengolahan sawit agar menghasilkan produk yang berkualitas. Kebutuhan yang semakin meningkat pada bidang kelapa sawit, membuat permintaan governor steam turbin Shinko semakin meningkat.

Di dalam negeri sendiri, sudah ada banyak supplier dan distributor yang menyediakan mesin ini. Di dalam pembeliannya, pastikan jika memilih mesin yang asli karena banyak yang menjual baik secara online maupun offline. Namun perlu diketahui jika mesin turbin uap shinko yang asli akan dilengkapi dengan dokumen yang menunjukkan keaslian barang tersebut.

2. Woodward Governor Ug25

Woodward Governor Ug25 adalah pengatur yang dikendalikan oleh mikroprosesor untuk mengatur mesin diesel, gas, bahan bakar ganda, serta turbin uap. Kemampuan kontrolnya cukup canggih, seperti start fuel dan skema pembatasan boost. Woodward Governor Ug25 juga meningkatkan penerimaan beban engine dan mengurangi emisi secara signifikan.

3. Fungsi Governor Di Turbin Pabrik Sawit

Governor merupakan salah satu peralatan mekanis yang berfungsi untuk mengatur putaran dari sebuah mesin steam turbin. Kinerja alat ini dengan cara mengatur jumlah masuknya aliran fluida, baik dalam bentuk uap maupun gas ke ruang bakar. Pada dasarnya cara kerja mesin ini cukup sederhana, yaitu mengandalkan kecepatan putaran mesin itu sendiri.

Pengaturan turbin uap dirancang dengan baik dan menyediakan pengaktifan kontrol on-line untuk generator yang digerakkan. Hal ini karena kapasitas pengolahan kelapa sawit setiap harinya tidak sedikit. Tak heran, pabrik sawit membutuhkan mesin governor steam turbin Shinko agar produksi yang dihasilkan berkualitas.

4. Pengoperasian Turbin Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Sebelum mengoperasikan turbin pabrik minyak kelapa sawit, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari memeriksa minyak pelumas hingga ketinggian permukaan turbin. Setelah itu, perlu menghidupkan auxiliary oil pump. Jangan lupa menempatkan low oil pressure switch pada posisi ON dan emergency switch di posisi OFF.

Pastikan juga posisi segitiga hitam berada di posisi 0 sampai 2 saja. Kemudian mulailah menghidupkan turbin dengan mengatur knob speed setting hingga mencapai 1500 rp secara pelan. Kemudian, keadaan minyak pelumas mesin harus dipastikan pada suhu 40 sampai 70 derajat celcius di antara 3  hingga 6 bar.

Setelah itu, hentikanlah turbo oil pump pada turbin uap. Tutup kembali semua kran pembersih yang sudah dibuka sebelumnya, termasuk direct steam injection. Namun, kran steam trap harus tetap terbuka. Jangan lupa mengatur turbin alternator shinko di set 50 sampai 60 Hz dan volt nya pada 380 – 400 volt. Jika sudah, maka turbin siap untuk dioperasikan.

5. Servis Governor Turbin Pabrik Sawit

Kapasitas pengolahan kelapa sawit yang tidak sedikit membuat governor turbin membutuhkan perawatan dan servis secara berkala. Hal ini penting dilakukan agar dapat meminimalisir kerusakan. Bila terjadi kendala pun masih bisa teratasi dengan penanganan yang tepat. Oleh karena itu, servis harus dilakukan oleh teknisi yang ahli.

Demikianlah informasi mengenai mesin governor turbin pabrik sawit. Alat ini sangat penting diperhatikan, mengingat kapasitas produksi sawit yang cukup banyak. Perlu penanganan yang tepat untuk merawat governor steam turbin. Sebab, perlakuan yang salah akan merusak komponen penting dan mengganggu kinerja mesin.

 

Leave a Reply